Article

Homepage Article Fashion Design 15 Bagian Penting Dari Sepatu…

15 Bagian Penting Dari Sepatu Oxford / Oxford Shoes

Tahu bedanya sepatu oxford / oxford shoes dengan model sepatu lain yang didesain untuk pelengkap gaya penampilan pria?. Untuk memudahkan anda dalam mengenali sepatu oxford / oxford shoes berikut kami bagikan detail anatomi dari sepatu oxford yang perlu anda ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Oxford Shoes

Oxford shoes merupakan model sepatu pria yang banyak digunakan untuk kepentingan formal. Ditinjau dari segi desainnya pun sepatu ini awalnya cenderung polos dan terbuat dari kulit sapi, namun sekarang materialnya pun berubah jadi lebih bervariasi.

  • Oxford shoes dapat dibuat dari bahan kulit, baik itu kulit asli atau Bahan Kulit Sintetis, bahan suede dan kanvas.
  • Oxford shoes biasanya berwarna hitam atau coklat polos maupun berpola (brogue).
  • Oxford shoes mempunyai closed lacing system dengan hak pendek dan tingginya di bawah mata kaki.

Oxford Shoes / Sepatu Oxford

Sumber : https://zaysbd.com/

Sebagai salah satu model sepatu formal yang dinilai paling elegan dalam dunia fashion pria, oxford shoes / sepatu oxford inipun bisa dengan mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit.

  • Oxford shoes akan terlihat sempurna bila dipadukan dengan setelah two piece, setelan three piece maupun setelan bisnis apapun.
  • Oxford shoes sangat cocok dipadupadankan dengan blazers, jaket untuk acara makan malam formal.
  • Oxford bisa juga biasa dipadukan dengan white tie atau setelan kerja kantoran.

Oxford Shoes / Sepatu Oxford

Sumber : https://zaysbd.com/

Komponen Pada Oxford Shoes

Mau tahu lebih detail lagi mengenai anatomi dari oxford shoes itu sendiri?. Berikut kami bagikan beberapa istilah penting yang biasa digunakan untuk menyebutkan komponen atau bagian-bagian oxford shoes.

Oxford Shoes / Sepatu Oxford

Sumber : https://threadcurve.com/

1. Toe Cap

Toe cap merupakan bagian dari oxford shoes / sepatu oxford yang berada di tempat jari-jari kaki atau dibagian ujung paling depan sepatu. Bahan yang dipakai untuk toe cap biasanya berupa bahan kulit namun bisa juga dibuat dari material lain.

2. Vamp

Vamp merupakan bagian dari upper yang menutupi jari dan punggung kaki. Bagian ini umumnya tersambung ke bagian lidah sepatu (tongue).

3. Throat

Throat merupakan bagian depan vamp sebelum ujung sepatu (toe cap). Beberapa sepatu mungkin memiliki vamp dan quarter yang bersatu sehingga tidak ada bagian throat secara terpisah.

4. Eyelets  / Besi Lubang Tali Sepatu

Eyelets merupakan cincin metal kecil yang terletak pada lubang tali sepatu. Kebanyakan sepatu bergaya Inggris sekarang memiliki 5 pasang eyelet, sementara untuk sepatu versi Amerika umumnya memiliki 6 pasang eyelet.

Khusus untuk sepatu yang memiliki closed lace system, eyelet tali sepatu biasa dijahit di bawah vamp sedangkan vamp sendiri dijahit di atas quarter.

5. Shoelace

Shoelace alias tali sepatu merupakan bagian dari oxford shoes yang bergunakan untuk menyatukan dua quarter dan mengencangkan sepatu ke kaki pemakainya.

6. Tongue / Lidah Sepatu

Tongue yang biasa disebut juga lidah sepatu merupakan bagian sepatu yang bentuknya mirip lidah dan terlelak persis di bagian bawah tali sepatu dan quarter. Bagian ini berguna untuk menyebarkan tekanan ke seluruh permukaan kaki ketika sepatu sudah diikat.

7. Topline

Topline merupakan pinggiran lubang sepatu yang menjadi tempat masuknya kaki ke dalam sepatu. Bagian topline ini dapat disebut juga sebagai heel collar.

8. Quarter

Quarter merupakan bagian upper dari oxford shoes / sepatu oxford yang menutupi tumit dan bertemu dengan vamp di bagian tengah kaki.

  • Ketika masih baru quarter oxford shoes harus berbentuk seperti huruf V kurus.
  • Setelah mulai biasa dipakai bentuk tersebut akan memudar dan quarternya akan saling bersentuhan.

Bagian belakang quarter seringkali diperkuat dengan lapisan material yang kokoh, karena bagian belakang sepatu menjadi bagian yang paling banyak mendapatkan tekanan dan mengalami kerusakan.

9. Footbed / Bantalan Kaki

Footbed merupakan sebuah material empuk yang terletak di dalam oxford shoes /sepat oxford. Fungsi dari footbrd ini yaitu untuk meningkatkan kenyamanan seseorang saat mengenakan sepatu.

  • Footbed bisa dibuka dan ganti-ganti, sehingga memungginkan anda untuk menggantinya ketika sudah rusak.
  • Selain meningkatkan kenyamanan, footbed juga berfungsi untuk memberikan fit yang lebih baik pada kaki.

10. Insole

Insole merupakan bagian sepatu yang menjadi jembatan atau tempat bertemunya bagian upper dengan bagian lower sepatu. Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, insole ini umumnya banyak dibuat dari sebuah material seperti papan.

  • Insole memberikan tempat untuk menjahit upper, lining dan welt.
  • Insole memberikan tempat untuk midsole, outsole dan heel untuk disambung ke bagian upper.

11. Midsole

Midsole merupakan sebuah material yang berada di antara outsole dan insole. Fungsi utama dari midsole sendiri yaitu untuk menambah kenyamanan seseorang ketika berjalan menggunakan sepatu.

  • Midsole biasa dibuat dari material yang lebih empuk dibandingkan outsole.
  • Midsole lazim digunakan ketika outsole dari sepatu memiliki bahan yang keras.

12. Outsole

Outsole yang biasa disebut dengan sol sepatu merupakan bagian sol paling luar dari sepatu oxford yang juga pasti ada pada setiap sepatu.

  • Outsole menjadi bagian penting dari sepatu oxford yang berfungsi melindungi telapak kaki.
  • Outsole biasa dibuat dari berbagai jenis bahan yang beragam, mulai dari bahan kulit yang elegan maupun polimer sintetik yang tahan lama dan tidak mudah slip.
  • Karakteristik outsole yang baik yaitu daya cengkeraman (grip) kuat dan tahan air.

13. Welt

Welt merupakan sebuah material yang digunakan untuk menyatukan upper sepatu ke insole sepatu. Tak hanya memperindah tampilan oxford shoes / sepatu oxford, aksen welt ini juga berfungsi untuk memperkuat konstruksi sepatu.

  • Penambahan material welt pada sebuah sepatu biasa disebut dengan istilah welting.
  • Dengan sambungan upper, insole dan outsole yang kuat, sepatu kesayangan yang anda miliki usianya pasti jadi lebih tahan lama.

14. Heel

Heel merupakan bagian yang meninggi di belakang sepatu. Heel ini ada 2 bagian yakni “heal seat” yang merupakan bagian atas dari tumit dan “top piece” yakni bagian dari tumit yang bersentuhan dengan tanah.

15. Top Piece

Top piece merupakan bagian paling bawah dari heel / tumit yang bersentuhan dengan tanah. Biasanya terbuat dari bahan yang kuat untuk bergesekan dengan segala jenis permukaan tanah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai anatomi bagian sepatu oxford / oxford shoes yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membedakan oxford shoes dengan jenis-jenis sepatu formal pria lainnya ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.