Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Poplin…

10 Keunggulan Kain Poplin TC Yang Dibuat Dari Gabungan Katun dan Polyester

Butuh rekomendasi bahan kain poplin yang lebih murah dari kain poplin plat tapi dari segi kualitas bahannya tetap menyerupai kain poplin katun?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih kain poplin TC yang dibuat dari kombinasi serat polyester dan juga serat katun.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Poplin TC

Kain poplin TC merupakan varian poplin yang dibuat dari gabungan dua jenis serat. TC dalam kain poplin TC sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari “cotton polyester” yang berarti kain ini terbuat dari campuran benang katun dan polyester dengan komposisi yang beragam (biasanya komposisi polyester lebih tinggi).

Dari perpaduan keduanya didapatkanlah bahan kain yang unik dan mewarisi sifat-sifat polyester maupun katun.

  • Kain poplin TC memiliki sifat katun yang halus dan lembut serta sifat polyester yang kuat dan tahan lama.
  • Kain poplin TC juga memiliki kualitas yang baik dalam hal pemeliharaan, tahan lama dan mudah di cuci.

Kain Poplin TC Kain Poplin TC

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Poplin TC

Layaknya bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian kain poplin TC ini sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain poplin TC sebagai bahan pakaian diantaranya:

1. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain poplin TC dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang kuat karena dibuat dengan teknik anyaman plat/polos dimana setiap benang lusi dan juga benang pakan yang menjadi benang penyusun kain diposisikan secara saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.

Anyaman plat sendiri merupakan bentuk anyaman kain yang terkuat dibanding jenis anyaman lainnya. Hasilnya kain poplin TC yang dibuat dengan anyaman ini akan jadi lebih awet, tidak mudah rusak meskipun telah melewati proses pencucian.

2. Bahannya Fleksibel dan Lembut

Kombinasi antara serat kapas dan polyester yang menyusun kain poplin TC membuat kain ini memiliki karakteristik fleksibel dan lembut. Fleksibilitas kain poplin TC membuatnya lebih gampang untuk dijahit dan dikreasikan menjadi bermacam-macam pakaian.

3. Bahannya Cukup Adem di Kulit

Kain poplin TC bahannya cukup adem di kulit jika dibandingkan dengan kain Kain Poplin PE yang dibuat dari 100% serat polyester. Tapi kalau dibandingkan dengan kain poplin plat yang dibuat dari 100 % katun, tentunya kain poplin plat jauh lebih adem.

Dengan karakteristik bahannya yang adem bahan kain poplin TC ini sangatlah cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan cenderung panas seperti Indonesia.

4. Memiliki Daya Serap Yang Baik

Kain poplin TC termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki daya serap cukup baik dibanding kain poplin PE.

  • Kandungan serat katun yang ada di dalam bahan kain poplin TC membuatnya memiliki permeabilitas atau kemampuan untuk dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Semakin tinggi kandungan serat kapas maka daya serap yang dimilikinya pun semakin kuat.

5. Warnanya Cerah dan Tahan Lama

Kain poplin TC dibuat dengan finishing dyeing, pencelupan kain atau proses pewarnaan kain setelah kain tersebut melewati proses pengeringan jadi warnanya akan tetap cerah dan tahan lama meski sudah dicuci berulang kali.

6. Tidak Mudah Kusut dan Berkerut

Kain poplin TC yang dibuat dari kombinasi katun dan polyester cenderung lebih konsisten karena bahannya dikenal tidak mudah kusut ataupun berkerut.

7. Bahannya Tidak Menerawang

Kain poplin TC cenderung tidak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal (kecuali warna putih). Khusus untuk kain yang berwarna putih sebaiknya kain poplin TC ini tetap diberi tambahan furing. 

8. Ringan dan Terkesan Jatuh

Seperti halnya kain poplin plat dan kain poplin PE, kain poplin TC dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang ringan dan terkesan jatuh. Meski demikian, saat digunakan kain poplin TC ini tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

9. Harganya Cukup Terjangkau

Dari segi harga kain poplin TC umumnya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Kain Poplin Plat yang terbuat dari full cotton (100% kapas). Meski demikian kualitas kain poplin TC ini sangat menyerupai kain poplin katun.

10. Perawatannya Cukup Mudah

Produk pakaian yang dibuat dari kain kain poplin PE cenderung mudah untuk dirawat dengan cara yang sangat sederhana yakni cukup dicuci secara manual dengan menggunakan tangan.

Hal terpenting yang harus anda perhatikan ketika merawat pakaian berbahan poplin TC yaitu:

  • Rendam dan cuci pakaian berbahan poplin TC secara terpisah dari pakaian lain, untuk menghindari kemungkinan terjadinya luntur atau noda lain yang bisa menempel pada pakaian tersebut.
  • Hindari penggunaan bahan pemutih untuk mencuci produk fashion yang dibuat dari kain poplin TC yang berwarna karena hal ini bisa melunturkan warna kain.
  • Jangan menggosok permukaan kain poplin TC terlalu kasar kain karena hal ini akan membuat permukaannya menjadi kasar.

Kegunaan Kain Poplin TC

Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah kusut, adem, ringan dan tidak menerawang kain ini sangatlah cocok digunakan untuk berbagai busana pria dan busana wanita.

  • Busana Pria

Untuk pelengkap gaya penampilan pria kain poplin TC ini dapat dikreasikan menjadi kemeja dan baju koko. Kemeja pria yang dibuat dari kain poplin TC inipun tidak hanya terbatas pada kemeja yang berpotongan regular tapi juga yang slim fit atau cenderung pas badan.

Kain Poplin TC

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Busana Wanita

Sementara untuk pelengkap gaya penampilan wanita kain poplin TC ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan gamis wanita, shirtdress, tunik dan juga blus yang kekinian. 

Kain Poplin TC

Sumber : https://www.everlane.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain poplin TC lengkap dengan contoh produk fashion yang dapat dibuat dari bahan tersebut. Yang pasti dengan adanya campuran katun dan polyester, kain poplin TC akan sangat nyaman digunakan karena mewarisi sifat-sifat kedua serat penyusunnya.

Butuh bahan kain poplin TC berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria dan busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Poplin TC (GKN) yang kami miliki.

Download juga Pola Baju Pria dan Pola Baju Wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.