Article

Homepage Article Kain 10 Keistimewaan Tas Yang…

10 Keistimewaan Tas Yang Dibuat Dari Kain Blacu

Mencari produk tas yang bagus dipakai untuk tas belanja sekaligus pelengkap gaya sehari-hari?. Jika anda ingin mendapatkan tas yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga bersifat lebih ramah lingkungan, memiliki warna yang khas dan harganya terjangkau maka anda bisa memilih tas berbahan blacu sebagai alternatifnya.

Pengertian Kain Blacu

Kain blacu adalah kain mentah yang dalam istilah tekstil biasa disebut juga dengan nama kain greige. Mentah dalam istilah kain ini merujuk pada proses pembuatan kain  yang belum diproses finising seperti proses celup warna, jadi warnanya masih berupa putih tulang atau justru cenderung kecoklatan.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai salah satu bahan kain yang masih mentah, dulunya kain blacu hanya digunakan sebagai bungkus tepung, gula ataupun beras. Namun dengan semakin berkembangnya gaya hidup go green, kain blacu mulai dilirik oleh industri-industri tekstil dan pelaku bisnis souvenir sebagai bahan pembuatan tas yang keren dan menarik.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa karakteristik paling khas dari kain blacu yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Kain blacu mempunyai warna yang khas yakni berupa putih tulang atau cenderung kecoklatan.
  • Kain blacu bisa dibuat dari serat apa saja seperti katun, rayon, termasuk serat sintetis semacam poliester.
  • Kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan karena rantai prosesnya yang lebih pendek sehingga tidak banyak menggunakan bahan kimia.
  • Kain blacu aman di gunakan karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau ganguaan lain bagi pemakainya.
  • Kain blacu bersifat sangat fleksibel jadi mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai macam produk salah satunya yakni berupa tas blacu polos.

Bahan Tas Blacu

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain blacu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar tas sendiri sebenarnya dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan blacu yang dimaksud antara lain berupa:

Kain Blacu PE

Kain blacu PE merupakan sejenis bahan kain non finished yang terbuat dari serat poliester. Sebagai bahan dasar pembuatan tas, kain blacu PE sendiri dapat dijumpai dalam warna natural dan warna putih. Bisa juga digunakan untuk media printing digital system sublimasi.

1. Kain Blacu PE Warna Natural

Kain blacu PE warna natural banyak dipilih untuk pembuatan tas karena harganya yang ekonomis. Kain blacu PE warna natural dapat dijumpai dalam berbagai ukuran lebar.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

2. Kain Blacu PE Warna Putih

Kain blacu PE warna putih lebih banyak dipakai untuk membuat tas sederhana dengan print motif (sublim).

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

3. Kain Blacu Twill

Kain blacu twill adalah bahan dasar/setengah matang/grey dari kain twill. Ketebalan kainnya yang cukup dengan serat kainnya yang miring menjadikan produk ini sangat cocok untuk berbagai jenis kerajinan tangan, tas maupun sepatu.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

4. Kain Blacu Kanvas

Kain blacu kanvas merupakan produk setengah matang dari kain kanvas. Semakin kecil nilai oz suatu kain maka semakin lemas karakteristik kainnya, sebaliknya semakin besar nilai oz maka semakin kaku tekstur kainnya.

Kain blacu kanvas 14 oz cukup tebal dan sangat cocok digunakan untuk membuat tas maupun produk kerajinan tangan dengan kualitas premium.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

Kain blacu kanvas 10 oz merupakan jenis kain blacu bahan kanvas yang memiliki ketebahan 10 oz. Kain ini bisa digunakan untuk membuat tas dan juga sebagai bahan dasar kain kanvas.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

5. Kain Kanvas Blacu Katun Paris

Kain kanvas blacu katun paris merupakan jenis kain yang menjadi bahan dasar katun paris (belum diolah). Kain kanvas blacu katun paris cenderung kasar dan cukup tipis tapi bagus juga ketika digunakan untuk membuat tas dan aksesoris yang membutuhkan kesan vintage.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

6. Kain Blacu Katun Tebal

Kain blacu katun tebal atau kain blacu baby canvas merupakan jenis kain blacu yang terbuat dari material katun. Dari segi ketebalan kainnya kain ini lebih tebal dari blacu katun paris, jadi sangat cocok dipakai untuk membuat goodie bag atau tas blacu lainnya.

Kain Blacu

Sumber : https://fitinline.com/

Jadi kain blacu sendiri tidak hanya terbuat dari material katun saja, namun ada juga yang terbuat dari material lain seperti halnya rayon dan polyester atau bisa juga dihasilkan dari kombinasi dua material/serat yang berbeda.

Kelebihan Tas Blacu

Dengan memanfaatkan kain blacu sebagai bahan utamanya, tas yang dibuat dari bahan blacu tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari tas  yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Bahannya Awet dan Tidak Mudah Sobek

Tas blacu terkenal awet dan tidak mudah sobek, bahkan jenis tas yang satu ini sama awetnya dengan tas kain katun untuk penggunaan normal.

  • Dengan karakteristik bahannya yang awet tas kain blacu bisa dipakai untuk membawa banyak barang sekaligus.
  • Tas kain blacu menjadi alternatif terbaik untuk pengganti tas karena tas blacu sendiri tidak mudah sobek.

2. Pilihan Modelnya Bervariasi

Tas kain blacu dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model yang cukup beragam, mulai dari model tote bag, goodie bag hingga drawstring bag yang memiliki ciri khas berbeda satu sama lain.

  • Tas Tote Bag

Tas tote bag merupakan sejenis tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

  • Tas tote bag blacu bisa dipakai sebagai aksesoris fashion.
  • Tas tote bag blacu cukup aman digunakan untuk membawa sejumlah benda dalam jumlah yang cukup banyak.
  • Tas tote bag blacu bisa diandalkan sebagai pengganti kantong belanja yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan dibandingkan kantung plastik.
  • Tas tote bag blacu terkenal sangat kuat dan tahan lama asal digunakan dengan cara yang baik dan benar.

Kain Blacu

Sumber : https://www.alibaba.com/

  • Goodie Bag

Goodie bag termasuk ke dalam jenis tas ekonomis yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kemasan. Goodie bag inipun sebenarnya juga tersedia dalam beragam tipe, mulai dari goodie bag model dorong, jinjing dan juga model oval.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Drawstring Bag

Drawstring bag memiliki desain cukup minimalis dan berbeda dari tas lainnya. Untuk menutup lubang tas, model tas yang satu ini biasa dilengkapi dengan tali serut atau tali penarik pada bagian atasnya.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Mudah Dilipat dan Dibawa-Bawa 

Selain awet dan mampu menampung banyak barang tas kain blacu juga terkenal ringan, mudah dilipat dan bisa dibawa kemana saja. Dengan begitu anda tidak perlu menenteng tas blacu yang kosong kemanapun anda pergi.

  • Tas kain blacu bisa dilipat dengan mudah hingga menjadi berbentuk kecil jadi tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya.
  • Tas kain blacu bisa dimasukkan dalam kantong saku jaket atau celana ketika anda akan bepergian ke suatu tempat.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Tas kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan karena bahan yang dipakai untuk membuatnya memiliki rantai proses yang lebih pendek dibanding bahan lain sehingga tidak banyak menggunakan bahan kimia seperti dalam proses pewarnaan dan finishing.

5. Masa Pakainya Lama

Tas kain blacu pada dasarnya memiliki masa pakai yang lama asalkan digunakan dan dirawat dengan cara yang tepat. Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk memperpanjang masa pakai tas blacu yaitu tidak memberikan beban yang melebihi kapasitas tas agar bentuknya tidak berubah.

6. Warnanya Khas dan Tidak Luntur

Tas kain blacu umumnya memiliki warna yang sangat khas dan tidak akan luntur karena belum melewati proses pewarnaan setelah penenunan. Tas yang dibuat dari bahan lain, terkadang warnanya akan luntur dan hal itu bisa membuat penampilan kurang enak dilihat setelah dipakai dalam waktu lama.

7. Bisa Diwarnai Sendiri

Tas kain blacu bisa  dimodifikasi dan diwarnai sendiri sesuai selera anda. Jadi ketika anda sudah bosan memakai tas blacu polos yang sudah terlalu lama dipakai anda tidak perlu lagi mengorbankan uang yang anda miliki demi membeli sebuah tas yang baru.

  • Tas kain blacu sangat mudah untuk diwarnai baik itu dengan bahan pewarna alam maupun bahan pewarna sintetis.   
  • Selain hemat biaya, kreasi tas blacu ini juga bisa mengasah kreatifitas anda untuk memodifikasi tas blacu.

Buat anda yang ingin membuat kreasi tas blacu warna-warni anda bisa mencoba teknik pencampuran warna yang lebih dikenal dengan nama ombre. Teknik pewarnaan ini pada prinsipnya akan menampilkan gradasi dari warna gelap ke warna yang lebih terang atau sebaliknya.

Untuk mewarnai tas blacu mula-mula siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan anda. Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa tas blacu polos, pewarna kain, gantungan baju, jepitan baju, serta wadah untuk mencampur pewarna kain.

Setelah semua pesiapan selesai dilakukan sekarang anda bisa mulai mewarnai tas blacu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Rendam tas blacu polos ke dalam wadah yang berisi air hangat lalu peras hingga benar-benar kering.
  • Tuangkan sedikit bahan pewarna kain kedalam wadah yang telah diisi air hangat sambil diaduk-aduk perlahan sampai merata.
  • Celupkan bagian ujung bawah tas blacu polos kedalam campuran air dan zat pewarna selama beberapa saat kemudian angkat.  
  • Tambahkan zat pewarna kedalam air yang digunakan untuk mencelup tas sebelumnya kemudian aduk hingga merata.
  • Lakukan proses tersebut selama berulang kali. Secara bertahap tambahkan zat warna kedalam air supaya warna yang dihasilkan menjadi lebih pekat. Selanjutnya celupkan kembali pakaian anda kedalam wadah yang berisi larutan pewarna.  
  • Setelah proses pewarnaan selesai, diamkan tas blacu tersebut selama 24 jam hingga mengering dengan sendirinya kemudian bilas dengan air hangat dan sedikit deterjen.
  • Tas blacu kreasi anda siap untuk digunakan.

Kain Blacu

Sumber : https://id.pinterest.com/

Butuh bahan Pewarna Kain berkualitas dengan harga mudah? Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi pewarna kami Di Sini.

8. Tidak Menyebabkan Alergi

Tas kain blacu aman di gunakaan untuk semua orang dari berbagai kategori usia karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau ganguaan lain bagi pemakainya.

  • Tas kain blacu bisa digunakan untuk semua kalangan baik lansia, orang dewasa maupun anak-anak.
  • Reaksi alergi pun kemungkinan kecil akan terjadi ketika seseorang menggunakan tas kain blacu.

9. Hargaya Cukup Terjangkau

Tas kain blacu kebanyakan dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Dengan membeli tas blacu maka anda bisa lebih berhemat dan menyisihkan uang yang anda miliki untuk keperluan lain.

  • Dari sekian banyak keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat orang-orang tertarik membeli tas kain blacu.
  • Tas kain blacu umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai tas tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun tas berbagan kain blacu dijual dengan harga terjangkau, bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding tas lainnya.

10. Perawatannya Sangat Mudah

Dari segi perawatannya tas yang diciptakan dari bahan blacu bisa dibilang sangat mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Jika tas kain blacu yang anda miliki sudah kelihatan kotor karena terkena debu atau noda lainnya, anda bahkan bisa mencucinya sendiri tanpa perlu bantuan laundry.

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam merawat tas blacu diantaranya:

  • Jauhkan tas kain blacu dari benda-benda yang runcing dan juga tajam.
  • Meski kuat jangan mengisi tas blacu dengan beban yang terlalu berat karena dapat merusak bentuknya.
  • Hindari mencuci tas kain blacu dengan cara merendam karena bisa membuat serat blacu jadi mudah lapuk.
  • Jangan menjemur tas blacu di bawah terik matahari, sebagai gantinya cukup angin-anginkan saja di tempat yang teduh.
  • Jangan menyimpan tas blacu di tempat yang lembab karena bisa menimbulkan tumbuhnya jamur yang merusak keindahan tas.

Kekurangan Kain Blacu

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya tas yang dibuat dari kain blacu sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan tas kain blacu yang perlu anda ketahui di antaranya:

1. Pilihan Warnanya Terbatas

Tas kain blacu memiliki warna yang sangat terbatas yakni karena bahan dasarnya dipintal dari kapas murni tanpa penambahan bahan pewarna apapun. 

2. Bahannya Sedikit Kasar

Tas kain blacu yang ditawarkan dengan harga murah biasanya memiliki kualitas kain yang sedikit lebih kasar dibandingkan dengan bahan tas yang lain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan tas kain blacu yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, semoga anda jadi makin terinspirasi untuk selalu menggunakan tas blacu untuk keperluan belanja, hangout atau keperluan lainnya. 

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tas maupun produk pelengkap fashion lainnya?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.