Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Macam Penggaris Pola dan…

7 Macam Penggaris Pola dan Penggunaanya

Pola pakaian merupakan prototipe bagian-bagian pakaian atau produk jahit-menjahit yang dibuat dari bahan kertas. Dalam proses pembuatan pola baju sendiri dibutuhkan banyak sekali perlengkapan pendukung yang dibutuhkan. Salah satunya berupa penggaris pembentuk yang didesain khusus untuk membuat garis pola yang cenderung sulit seperti garis-garis lengkung.

Penggaris Pola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai alat pendukung dalam kegiatan pembuatan busana, penggaris yang biasa digunakan sebagai alat bantu dalam membuat pola pakaian sendiri tersedia dalam berbagai macam variasi jenis dan model sesuai fungsi masing-masing. Sebagian dibuat dari bahan plastik dan mika, namun ada juga yang dibuat dari bahan kayu. 

Penggaris Pola

Sumber : http://www.duniakonveksi.com

Penggaris Segitiga Siku-Siku

Penggaris segi tiga siku-siku bisa digunakan untuk membentuk garis sudut, seperti garis badan dan tengah muka, garis badan dan tengah belakang serta garis lebar muka dan garis lebar punggung.

Penggaris Pola

Sumber : http://fanirafti.blogspot.co.id/

Penggaris Lengkung Pinggul

Sesuai dengan namanya penggaris lengkung pinggul ini memiliki peran yang sangat penting untuk memudahkan seorang penjahit dalam menggambar garis lengkung pinggul pada saat membuat pola pakaian.

Penggaris Pola

Sumber : http://idkf.bogor.net/

Penggaris Kertas Skala

Fungsi utama dari penggaris kertas skala adalah untuk membuat pola skala kecil. Penggaris kertas skala ini juga bisa dipakai untuk mengetahui banyaknya bahan yg dibutuhkan dalam membuat suatu model. Caranya dengan meletakkan komponen baju dalam skala kecil pada bidang bahan yang juga dibuat perbandingan sesuai pola yang dibuat.

Penggaris Pola

Sumber : http://grosirkainmurah.tk/

Penggaris kertas skala yang tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari 1:1/2, 1:1/4, 1:16, 1:1/8 ini biasanya juga dipakai oleh para penjahit  pemula saat belajar membuat pola menggunakan kertas. 

Penggaris Pola

Sumber : http://idkf.bogor.net/

Penggaris Lengkung 9

Penggaris lengkung 9 dapat digunakan untuk menggaris bagian lengkung lengan atau lengkung lainnya agar bentuk yang didapatkan terkesan lebih presisi dan lebih rapi.

Penggaris Pola

Sumber : http://rumahkreasiazzahra.blogspot.co.id/

Penggaris Kerung Lengan

Seperti halnya penggaris lengkung 9, penggaris kerung lengan ini juga dapat digunakan membantu menggaris bagian lengkung lengan agar lengkungan yang terbentuk terkesan lebih presisi dan rapi. Penggaris kerung lengan ini banyak digunakan untuk membuat produk jahitan yang berkualitas.

Penggaris Pola

Sumber : http://griyahobifitriaa.blogspot.co.id

Penggaris Lengkung Golok

Penggaris lengkung golok dapat digunakan untuk menggaris bagian lengkung seperti kerung lengan atau lingkar leher. Sama halnya dengan penggaris kerung lengan, penggaris lengkung golok ini juga banyak digunakan untuk membuat produk jahitan yang berkualitas.

Penggaris Pola

Sumber : http://en.renataperito.com/

Penggaris Lengkung Blazer

Dalam proses pembuatan blazer, keberadaan penggaris lengkung blazer ini memiliki peran sangat penting yaitu untuk membantu seorang penjahit dalam membuat garis bagian lengkung lengan agar lengkungan dapat terbentuk presisi dan rapi. 

Penggaris Pola

Sumber : http://tokojahitwarna.com/

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat busana dengan pola baju yang sudah jadi, sahabat fitinline bisa mendapatkan polanya di https://fitinline.com/product/pattern

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.