Article

Homepage Article Jahit Menjahit Rahasia Membuat Pola Busana…

Rahasia Membuat Pola Busana Dengan Teknik Draping

Sahabat Fitinline pasti sudah sangat familiar dengan istilah draping dalam dunia fashion bukan?. Pembuatan pola dengan teknik draping dapat didefinisikan sebagai teknik pembuatan pola dasar pakaian yang dikerjakan langsung pada dressform atau manekin.

Draping

Sumber : https://fit.cit.cornell.edu/

Prinsip kerja yang dilakukan dalam proses pembuatan pola busana dengan teknik draping yaitu pola dibuat dengan menggunakan kain blacu, tempatnya pada manekin, bentuknya tiga dimensi dan hasil pola yang didapatkan yaitu berupa pola siap pakai sesuai desain busana.

Draping

Sumber : https://www.creativebug.com/

Teknik draping memungkinkan seorang perancang untuk melihat secara langsung hasil jadi dari bentuk busana yang diinginkan atau yang diuji cobakan. Selain itu ia juga bisa bereksperimen untuk memperoleh bentuk-bentuk busana baru yang terkadang sulit untuk didapatkan dari pola secara konstruksi. 

Draping

Sumber : http://aaft.com/

Kelihatannya memang mudah tetapi apabila tidak tau dan tidak mengerti kunci dasar yang harus diperhatikan dalam pembuatan pola dengan teknik draping, maka anda tidak akan bisa mendapatkan pola yang sesuai dengan keinginan. Sebaliknya anda pasti akan menemukan banyak kesulitan pada saat mempraktikkannya. 

Draping

Sumber : https://zwpcworkshop.wordpress.com/

Lantas apa saja hal yang harus diperhatikan dalam membuat pola busana dengan teknik draping itu sendiri?. Kunci rahasianya sebenarnya ada tiga yakni: 

  • Bahan pada garis tengah muka harus lurus benang atau arah lusi.
  • Garis vertikal harus persis pada titik puncak payudara.
  • Garis vertikal harus disemat persis pada titik puncak dan tidak boleh bergeser walau hanya satu mili meter, selanjutnya yang lain dapat di atur sesuai keinginan. 

Draping

Sumber : http://www.nafa.edu.sg/

Untuk latihan membuat pola draping anda bisa mencoba melakukannya dengan ukuran boneka yang berbeda supaya pengalaman anda menjadi lengkap. Anda juga harus mencoba membuat pola draping beberapa kali agar tangan anda lebih terbiasa dan mudah dalam membentuk kupnat. 

Draping

Sumber : http://www.arts.ac.uk/

Ingin belajar membuat baju dengan teknik draping namun anda tidak memiliki dressform sebagai alat peraganya?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.