Article

Homepage Article Fesyen Muslim 7 Macam Busana Muslim Yang…

7 Macam Busana Muslim Yang Bisa Anda Pakai Saat Lebaran di Tengah Wabah Corona

Berkumpul bersama sanak keluarga saat Hari Raya Idul Fitri tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di dunia. Meski harus merayakan Lebaran ditengah pandemi corona yang kini sedang mewabah di Indonesia, bukan berarti hal tersebut bisa menjadi penghalang bagi anda untuk tampil gaya.

Satu hal yang harus anda ingat, karena penggunaan masker tetap harus dilakukan saat keluar rumah maka saat Lebaran nanti sebaiknya pilih saja busana yang simple namun tetap terasa nyaman saat digunakan beraktivitas. Terkait dengan hal tersebut berikut kami bagikan beberapa jenis busana paling simple yang bisa anda coba.

Gamis Wanita

Sebagai salah satu pakaian muslim yang kian mendunia, secara umum gamis banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Selain itu ada juga gamis yang dilengkapi dengan detail tertentu untuk mempercantik tampilannya.

Busana Lebaran

Sumber : https://shopee.co.id/

Sedikit berbeda dengan gamis di Timur tengah yang didominasi warna hitam dan putih, gamis di Indonesia rata-rata warnanya relatif lebih beragam. Buat anda yang mencari gamis wanita untuk lebaran nanti berikut kami rekomendasikan beberapa model gamis wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap penampilan.

1. Gamis Ruffle

Model gamis pertama yang bisa anda coba yaitu berupa gamis yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.

2. Gamis Lengan Lonceng

Gamis lengan lonceng merupakan salah satu model gamis wanita yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.

3. Gamis Busui

Gamis busui merupakan model gamis yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya untuk memudahkan pemakainya saat menyusui buah hati. 

4. Gamis Full Kancing

Gamis full kancing merupakan jenis gamis yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya. Sepintas gamis ini tidak jauh berbeda dengan blouse wanita hanya saja ukurannya dibuat sangat panjang.

5. Gamis Peplum

Gamis peplum termasuk ke dalam model gamis wanita yang simple. Detail peplum yang ada pada gamis ini dapat memberikan ilusi lebih ramping dan jenjang pada penampilan.

6. Gamis Cape

Gamis cape termasuk ke dalam model gamis wanita yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.

7. Gamis Ikat

Gamis wanita model ikat sebenarnya diperoleh dari pengembangan gamis biasa yakni pada sisi kiri dan kanannya di beri tambahan draperi.

8. Gamis Layering

Gamis layering merupakan salah satu model gamis yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya. Sepintas gamis ini tampak seperti layaknya tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.

Lebih tertarik untuk membuat gamis wanita model terbaru dengan pola baju yang sudah jadi?. Sahabat fitinline bisa mendapatkan pola gamis dari kami.

Kaftan Wanita

Kaftan dapat digambarkan sebagai pakaian terusan longgar dan cukup panjang yang begitu dekat dengan kebudayaan Timur Tengah. Kaftan sendiri sebenarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis variasi tunik hanya saja ukurannya jauh lebih panjang.

  1. Busana bergaya timur tengah ini sebagian besar diciptakan dalam warna yang lebih bervariasi dan cenderung glamour karena terdapat tambahan payet atau bordir di bagian dada, pinggang maupun garis tangannya.
  2. Berdasarkan desain dasarnya kaftan sendiri umumnya memiliki bentuk kotak tetapi ada pula yang dimodifikasi dan diberi tambahan efek kerut (draperi) pada bagian pinggang.

Busana Lebaran

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita sekarang ini muncul cukup banyak model kaftan terbaru yang dirancang oleh para desainer Indonesia.

  1. Jika model kaftan jaman dulu kebanyakan dibuat lurus sekarang ada juga model kaftan modern yang dilengkapi dengan ikat pinggang.
  2. Untuk menciptakan variasi yang berbeda, beberapa model kaftan modern ada yang bagian lengannya dibuat lebih lebar alias besar.
  3. Kaftan dengan variasi hiasan manik-manik menjadi model kaftan berikutnya yang disukai banyak wanita.
  4. Manik-manik pada kaftan biasanya dapat diaplikasikan secara penuh dari leher hingga area dada.
  5. Selain itu ada juga model kaftan yang dilengkapi hiasan manik-manik di bagian perut atau pinggang.
  6. Bentuk lain dari variasi kaftan bisa dilihat dengan adanya tambahan kain yang memiliki tekstur atau motif berbeda pada bagian tiap ujung kaftan.
  7. Sebagai referensi hiasan lainnya beberapa jenis kaftan ada juga yang dihias dengan bordir. Warna bordir ini tentu harus dibuat berbeda dengan bahan dasar kaftan.

Buat anda yang ingin mencoba menjahit kaftan sendiri anda bisa mendownload Pola Baju Kaftan Ala Sandra Dewi atau Pola Baju Kaftan Ala Dian Sastro dari kami.

Abaya Wanita

Abaya merupakan salah satu model busana muslim wanita yang identik dengan acara-acara religi seperti puasa dan lebaran.  Model abaya tradisional biasanya memiliki siluet lurus dan hanya didesain dalam warna hitam, tanpa payet, tanpa bordir dan tanpa motif. Sementara untuk abaya modern variasinya bisa dibilang lebih beragam.

Busana Lebaran

Sumber : https://www.blibli.com/

Tertarik untuk mengenakan abaya namun khawatir kalau tampilan anda akan menjadi tampak tua?. Untuk menunjang gaya penampilan anda supaya makin sempurna berikut kami bagikan tips mudah memakai abaya yang bisa anda coba.

  1. Hindari memakai abaya yang dibuat dari kain berwarna cerah dan mencolok. Sebagai gantinya pilihlah warna yang lebih netral dan natural seperti warna-warna pastel.
  2. Bila anda ingin mengenakan abaya bermotif maka pilihlah abaya dengan padu padan motif yang lebih simpel. Sebisa mungkin jauhi abaya dengan detail payet yang berlebihan karena akan memberi kesan lebih tua.
  3. Padukan abaya dengan hijab yang berpotongan simple namun terkesan tampak modern. Hijab yang dibuat dari bahan chifon atau georgette termasuk ke dalam jenis hijab yang dapat diandalkan untuk abaya.
  4. Khusus untuk anda yang lebih suka memakai abaya dari kain berwarna gelap, sebaiknya padukan abaya tersebut dengan item fashion lainnya yang berwarna lebih cerah. Misal hijab pastel atau hijab bermotif blooming yang sedang hits saat ini.

Tunik Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang kekinian, dewasa ini tunik dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang bervariasi ada yang dibuat dengan lengan atau tanpa lengan sekalipun, sementara panjangnya bisa mencapai lutut maupun betis. Beberapa macam model tunik yang cukup populer antara lain berupa: 

1. Simple Tunik

Model tunik yang pertama yaitu berupa simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.

2. Tunik Peplum

Tunik ala peplum merupakan jenis tunik yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya.

3. Tunik Asimetris

Tunik dengan potongan asimetris menjadi model tunik berikutnya yang bisa anda pakai sebagai pakaian lebaran. Selain berfungsi untuk menyamarkan bentuk tubuh, tunik ini juga akan membuat penampilan kian fashionable.

4. Tunik Dress

Tunik dress merupakan model tunik yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik.

5. Tunik Abaya

Dengan memadukan antara tunik dan abaya lahirlah model pakaian yang namanya tunik abaya. Bedanya dengan abaya, tunik modern ini sifatnya memang cenderung lebih fleksible.

6. Tunik Vest (Tunik Rompi)

Tunik vest atau tunik rompi merupakan jenis baju tunik wanita yang sangat trend di Korea dan Jepang. Rompi ini sangat cocok digunakan sebagai outer ketika memakai kaos.

7. Tunik Kaos

Tunik kaos merupakan salah satu jenis baju tunik modern yang memiliki karakteristik stretch alias melar dan bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya penampilan saat lebaran.

8. Tunik Ruffle

Tunik ruffle merupakan sejenis tunik wanita yang dilengkapi dengan detail ruffle di beberapa bagian seperti misalnya bagian leher, ujung lengan dan bagian bawah baju.

Busana Lebaran

Sumber : https://shopee.co.id/

Hanbok Muslim

Secara harfiah hanbok dapat diartikan sebagai pakaian orang Korea Selatan. Kata “han” berarti sebutan bagi warga Korea dan “bok” berarti pakaian. Meski awalnya lebih sering dipakai hanya untuk acara khusus, kini hanbok juga mulai dikembangkan menjadi busana muslim wanita yang modis dan trendy.

Busana Lebaran

Sumber : https://id.carousell.com/

Salah satu ciri paling khas yang membedakan hanbok muslim dengan gamis, kaftan maupun busana muslim lainnya yakni hanbok selalu dilengkapi dengan jeogori. Jeogori sendiri merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian atas yang biasa dipakai  untuk menutup bagian lengan dan badan tapi batasnya hanya sampai di bawah dada.

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan wanita saat lebaran jeogori ini umumnya dibuat dalam bentuk longgar dan serba tertutup sehingga dapat digunakan untuk menyembunyikan lekuk tubuh pemakainya.

  1. Garis kerah jeogori membentuk V yang dinamakan dongjeong dan diikatkan dengan pita pengikat yang dinamakan goreum.
  2. Pita pengikat memiliki dua ujung yang salah satunya lebih panjang. Pada pita yang panjang inilah biasa ditambahkan norigae, semacam aksesori tradisional khas Korea.
  3. Lengan baju jeogori dibuat bergaris lurus di atas dan melengkung di lengan baju agar leluasa dikenakan.
  4. Warna jeogori umumnya dibuat seragam, tetapi khusus untuk bagian pita pengikat dan ujung lengan bajunya bisa berwarna lain.
  5. Selain dikenakan dengan chima sejenis rok luar wanita yang memang dibuat sebagai padanan jeogori, busana muslim dengan model hanbok ini bagian dalamnya bisa juga dikreasikan ke dalam bentuk maxi dress yang didesain tanpa lengan.

Baju Koko Pria

Baju koko pria merupakan sejenis  busana muslim yang paling sering digunakan para pria saat beribadah. Meski sangat populer di tanah air tapi pakaian ini ternyata bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tiongkok. Nama “koko” sendiri muncul dari panggilan lelaki Tionghoa yakni engko/engko lalu berkembang menjadi koko.

Busana Lebaran

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan baju koko dengan jenis pakaian lainnya yaitu:

  1. Baju koko umumnya memiliki bentuk kerah yang pendek dan tidak mempunyai lipatan kerah.
  2. Baju koko biasanya dibuat dalam warna polos dan tidak bergambar. Kalaupun ada gambarnya paling hanya berupa segaris motif sulaman atau bordir yang tidak terlalu mencolok.
  3. Baju koko ada yang dibuat berlengan panjang ataupun pendek. Pada sisi sebelah kiri kanan pinggang baju koko biasanya terdapat belahan sepanjang 15 cm.
  4. Baju koko biasa dipakai dengan sarung tapi bisa juga dipadu-padankan dengan celana bahan maupun jeans.
  5. Pemakaian baju koko untuk keperluan ibadan seperti sholat biasanya disertai dengan kopiah, penutup kepala ala Melayu.
  6. Di pasaran baju koko ini sangat mudah ditemukan di toko pakaian muslim. Ketersediannya juga sangat banyak dan dapat dikenakan oleh pria dewasa maupun anak-anak. 

Berencana untuk membeli baju koko untuk keperluan ibadah atau keperluan lainnya?. Hal utama yang harus anda ingat adalah dalam memilih baju koko yang terpenting bukanlah mahalnya harga baju yang anda beli melainkan bagus tidaknya baju koko tersebut saat anda kenakan.

Untuk mendapatkan baju koko yang tepat setidaknya terdapat enam hal paling penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih baju koko. Enam hal yang dimaksud diantaranya:

  1. Pilih bahan kain yang dingin dan dapat menyerap keringat supaya pakaian yang anda kenakan tetap nyaman jika ingin sering digunakan untuk seharian.
  2. Sesuaikan warna baju koko dengan karakter anda untuk menghindari kesan salah kostum.
  3. Pilih baju koko yang kualitas jahitannya bagus.
    • Baju koko yang berkualitas bagus minimal bentuk jahitannya tidak berkerut.
    • Bagian kerahnya jika dikancingkan lumayan longgar dan tidak tertarik ke bawah.
    • Lingkar lubang lengan tidak jatuh kebawah.
    • Panjang tangan atau lengan pas.
  4. Jika anda ingin memilih baju koko yang berlengan panjang usahakan untuk memilih yang panjang mansetnya lebih dari pergelangan tangan.
  5. Pastikan ukuran baju koko yang anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan. Dalam artian tidak terlau longgar ataupun terlalu ketat.
  6. Bila anda ingin memakai baju koko yang dihias dengan aksen bordir pastikan pemilihannya juga sudah tepat.

Ingin membuat baju koko sendiri untuk dikenakan saat Hari Raya Idul Fitri nanti?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mendownload Pola Baju Koko dari kami.

Gamis Pria

Berikutnya ada jubah atau baju gamis pria yang berbentuk terusan panjang. Pakaian ini sebenarnya dominan digunakan di Timur Tengah dan sejumlah negara Islam lainnya sebagai pakaian sehari-hari. Selain karena lebih simpel para pria juga senang memakai gamis lantaran padupadannya sangat mudah.

  1. Sebagai pelengkap gaya penampilan pria gamis seringkali dipadukan dengan izaar (sarung) atau bantholun (celana pantalon) di bagian dalamnya.
  2. Selain dikenakan dengan izaar maupun bantholun pakaian muslim pria ini juga sering dipadukan dengan sirwal, semacam celana pria yang berpotongan cingkrang.
  3. Sementara untuk aksesori atau padupadannya ada beberapa aksesori khas yang ditambahkan sebut saja kain sorban untuk penutup kepala.

Busana Lebaran

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ingin menjahit gamis pria dan celana sirwal sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa mendownload Pola Gamis Pria dan Pola Celana Sirwal siap pakai dari kami.

Demikian pembahasan singkat mengenai referensi busana lebaran yang bisa anda pakai di tengah wabah corona. Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar style fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.