Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Tampil Cantik dan…

10 Tips Tampil Cantik dan Stylish Dengan Rok Hitam Untuk Pelengkap Gaya Casual

Punya banyak koleksi rok hitam dalam almari pakaian anda?. Selain digunakan sebagai outfit kerja, rok warna hitam sebenarnya juga dapat membuat penampilan casual jadi lebih modis dan menawan lho. Dengan desain dan potongannya yang beragam item fashion inipun sangat cocok dipadupadankan dengan busana apapun.

Rok Hitam

Rok hitam menjadi salah satu jenis busana penutup tubuh bagian bawah yang populer di kalangan wanita karena selain dikenakan untuk pelengkap busana kerja, rok hitam sebenarnya juga dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan lain yang sifatnya lebih casual seperti bersantai dirumah maupun hangout bersama teman.

Rok Hitam

Sumber : http://stylefavourite.com/

Seperti yang selama ini sudah kita ketahui warna hitam sendiri pada prinsipnya termasuk ke dalam salah satu warna yang sangat mudah untuk diserasikan dengan warna apa pun. Berbagai kesan bisa ditimbulkan dari warna hitam, apalagi ketika diaplikasikan pada busana dan bahan yang berbeda-beda, tidak terkecuali rok.

Rok Hitam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sama halnya dengan rok wanita yang lainnya, rok hitam sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang berbeda-beda. Berdasarkan siluetnya, rok wanita dapat dibedakan menjadi rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit dan rok bertingkat.

  1. Rok dari pola dasar merupakan model rok yang diciptakan tanpa lipit atau kerut seperti halnya pola dasar pada rok. Rok tersebut biasanya dilengkapi dengan ritsleting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.
  2. Rok span merupakan model rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah. Sedangkan pada rok semi span bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  3. Rok pias merupakan model rok yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian bawah melebar. Rok pias ini dapat dikategorikan kedalam beberapa jenis mulai dari rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
  4. Rok kerut merupakan rok yang dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul, dengan begitu bagian bawahnya akan melebar secara otomatis.
  5. Rok kembang atau rok klok dapat dikategorikan ke dalam jenis rok yang memiliki bentuk melebar dibagian bawahnya. Rok kembang ini pada dasarnya dapat dibedakan lagi menjadi dua kategori yakni berupa rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.
  6. Rok bertingkat merupakan model rok wanita yang dibuat dalam beberapa tingkat. Umumnya bentuk rok ini sering dijumpai pada busana anak-anak maupun busana muslim.
  7. Rok lipit merupakan jenis rok yang banyak dihias dengan detail lipit. Berdasarkan desain dan variasinya rok lipit sendiri dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu berupa rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup.
    • Rok lipit pipih merupakan jenis rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD.
    • Rok lipit hadap merupakan rok yang lipitannya dibuat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok.
    • Rok lipit sungkup merupakan rok yang lipitannya dibuat berlawanan arah. Lipit ini memiliki kesamaan dengan lipit pada bagian buruk bahan rok lipit hadap.

Selain dibedakan berdasarkan siluetnya, model rok yang biasa dikenakan oleh wanita secara keseluruhan juga dapat dibedakan berdasarkan ukuran panjangnya lho. Model rok yang dimaksud diantaranya berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.

  1. Rok micro merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
  2. Rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  3. Rok kini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas lutut.
  4. Rok midi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  5. Rok maxi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki.
  6. Rok floor merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai menyentuh lantai.

Ingin menjahit rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video tutorial menjahit rok dan cara membuat pola rok dari kami Di Sini.

Tips Padupadan Rok Hitam

Tertarik untuk mengenakan rok hitam sebagai pelengkap gaya penampilan casual?. Buat anda yang kebetulan sedang membutuhkan inspirasi cara berpakaian dengan rok hitam, berikut kami bagikan tips padupadan rok hitam yang simple dan tentunya sangat mudah diaplikasikan ke dalam gaya sehari-hari.

1. Rok Hitam dan Baju Hitam

Padupadankan rok hitam dengan busana penutup tubuh bagian atas seperti blus dan kaos yang berwarna sama agar penampilan anda jadi terlihat lebih modis. Warna hitam dalam fashion sendiri memiliki arti stylish, elegan dan seksi sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk merepresentasikan kekuatan dan keanggunan.

Rok Hitam

Sumber : https://www.pinterest.de/

Meski dulunya kerap diidentikkan dengan suasana duka, namun kini anda bisa tetap tampil keren dengan mengenakan item fesyen serba hitam dari ujung kepala hingga kaki. Warna hitam juga sangat cocok dijadikan sebagai warna andalan bagi sebagian besar wanita yang berbadan besar untuk menyamarkan bentuk badan.

  • Karakteristik warna hitam yang netral sangat cocok dengan berbagai tone warna kulit.
  • Ditengah banyaknya model busana yang bermunculan, warna hitam tetap menjadi satu-satunya warna yang cocok untuk digunakan kapan pun dan dimanapun.
  • Rok dengan warna hitam sangat mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai item fashion yang berlainan warna. Baik itu warna cerah maupun warna-warna lain yang lebih lembut.

2. Rok Hitam dan Blazer

Mix n match rok hitam dengan kaos atau blazer berwarna polos serta blazer bisa menjadi pilihan outfit yang tepat untuk anda yang ingin senantiasa tampil rapi dalam berbagai kesempatan. Dalam hal ini anda bisa memilih bazer yang berwarna polos maupun blazer yang bermotif misalnya saja motif kotak-kotak.

Rok Hitam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sebagai pelengkap gaya casual, blazer sendiri secara umum dapat dijumpai dalm berbagai macam model. Supaya anda tidak salah dalam memilih blazer kenali dulu yuk model blazer yang sesuai dengan bentuk tubuh anda.

a. Blazer Tanpa Kerah

Blazer tanpa kerah bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian atas (bahu dan punggung) dari pada tubuh bagian bawah.

b. Blazer Boxy

Jika anda memiliki bentuk tubuh yang lurus dan nyaris tanpa lekukan, anda bisa memilih blazer model boxy yang dilengkapi garis tegas pada bagian bahu.

c. Blazer Model Crop

Blazer model crop merupakan pilihan paling pas yang dapat dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh mungil.

d. Fitted Blazer

Fitted blazer termasuk ke dalam jenis blazer yang dapat digunakan untuk memperindah bentuk tubuh dan menonjolkan lekukan pinggang.

e. Blazer Panjang

Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir alias memiliki pinggul besar.

3. Rok Hitam dan Graphic T-Shirt

Buat anda yang ingin tampil girly dan edgy sekaligus, anda bisa memadukan rok hitam dengan graphic t-shirt. Dalam hal ini anda bebas untuk memilih rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit ataupun rok bertingkat yang diciptakan dalam berbagai ukuran panjang.

  • Graphic t-shirts dengan desain sederhana sangatlah tepat untuk dipadukan dengan rok hitam.
  • Jangan memilih t-shirt yang memiliki simbol atau desain yang membingungkan.
  • Untuk padupadan rok hitam anda juga bisa memilih graphic t-shirts branded yang cenderung memiliki desain yang anti main stream untuk berbagai kesempatan.
  • Lebih keren lagi kalau anda juga menyesuaikan tren yang saat ini sedang berkembang.

Rok Hitam

Sumber : https://usa.frenchconnection.com/

4. Rok Hitam dan Jaket Denim

Pasangkan rok hitam dengan jaket berbahan denim agar gaya penampilan anda jadi terkesan lebih trendy.

  • Untuk anda yang ingin tampil tertutup atau berhijab anda bisa memilih rok yang cukup longgar seperti rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit ataupun rok bertingkat yang berukuran cukup panjang.
  • Sementara kalau anda ingin mengenakan rok hitam tanpa hijab anda bebas untuk memilih model rok dengan siluet apapun yang dibuat dalam ukuran panjang maupun pendek.

Rok Hitam

Sumber : http://styleoverfunction.com/

Ingin membuat jaket denim sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendowload Pola Jaket Denim dari kami.

5. Rok Hitam dan Sweater

Khusus untuk anda yang selama ini suka memakai sweater dengan celana panjang tidak ada salahnya jika sesekali anda mencoba untuk menggunakan sweater yang kemudian kamu padu padankan dengan rok hitam.

  • Buat anda yang ingin tampil bold kenakan saja rok hitam dengan sweater bermotif. Jangan lupa pakai oxford shoes agar tampilan anda secara keseluruhan jadi semakin keren.
  • Supaya tampilan anda tidak membosankan cobalah bermain-main dengan bahan pakaian yang unik seperti halnya bahan kulit dan bahan rajutan.
  • Pilih rok hitam dengan bahan kulit dan padukan dengan sweater cerah untuk penampilan stylish kamu.
  • Jika anda  tidak ingin terlihat lebih gemuk pilih bahan sweater yang tidak terlalu tebal.

Rok Hitam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

6. Rok Hitam dan Sweatshirt

Untuk memberikan kesan lebih anggun anda bisa mengombinasikan rok hitam dengan sweatshirt yang di-layer dengan kemeja.

  • Tambahkan statement necklace agar tampilan yang dihasilkan semakin menawan.
  • Sweatshirt sendiri awalnya merupakan pakaian yang didesain untuk membuat tubuh pemakainya berkeringat namun sekarang justru banyak digunakan sebagai pakaian casual.
  • Untuk menyempurnakan rok hitam dan juga sweatshirt anda bisa juga menambahkan kemeja flanel yang didominasi motif kotak-kotak.

7. Rok Hitam dan Jaket Varsity

Penyuka gaya klasik mungkin akan terasa tertantang untuk mengaplikasikan rok hitam dengan fashion item sporty seperti jaket varsity.

  • Jika tidak ingin terlihat terlalu mencolok anda juga dapat memadukannya dengan sneakers berwarna putih.
  • Jaket varsity memang terkenal sebagai jaket yang begitu disukai oleh anak muda di berbagai belahan dunia.
  • Selain memiliki tampilan yang unik dan berbeda dari jaket lainnya, jaket varsity ini umumnya juga sangat cocok dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan karena pilihan bahan kain untuk membuatnya juga sangat banyak.

Rok Hitam

Sumber : https://www.candyapplecostumes.com/

Ingin membuat jaket varsity sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendowload Pola Jaket Varsity dari kami.

8. Rok Hitam dan Cardigan

Saatnya bermain dengan cardigan yang anda miliki. Untuk busana penutup tubuh bagian atasnya anda bisa memilih kaos atau tanktop.

  • Dengan begitu anda akan mendapatkan penampilan yang rapi sekaligus fashionable saat kencan atau hangout bersama teman.
  • Ketika musim hujan anda bisa memakai model cardigan rajut yang dibuat dari kain kain berwarna netral atau cenderung gelap sebagai penghangat tubuh.
  • Ketika musim kemarau anda bisa memilih cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah. Cardigan ini bisa dipakai untuk melindungi tubuh dari udara panas.

Rok Hitam

Sumber : https://www.pinterest.com/

9. Rok Hitam dan Tied Up T-Shirt

Sebagai alternatif lain anda juga bisa memadukan rok hitam dengan tied up t-shirt atau kaos yang diikat di bagian depan agar terlihat lebih stylish. Jika kaos yang anda pilih kebetulan merupakan kaos polos, anda dapat menambahkan statement necklace yang bisa membuat penampilan jadi lebih menarik dan lebih rapi.

Rok Hitam

Sumber : http://wheretoget.it/

Supaya tidak salah pilih ada baiknya jika anda menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai tips memilih kaos yang tepat, baik dari segi bahan, ukuran kaos, jahitan kaos serta bentuk lehernya.

  • Untuk urusan bahan minimal pilihlah bahan kaos campuran antara katun dan spandek. Kaos yang berbahan katun cenderung lebih mudah dicuci dan menyerap udara, sedangkan kaos yang terbuat dari bahan spandek akan membuat bentuk kaos stabil.
  • Pilih ukuran kaos polos yang pas di badan, dalam artian tidak terlalu besar atau terlalu kecil supaya penampilan anda terlihat lebih seimbang.
  • Perhatikan terlebih dahulu kerapian jahitan pada kaos polos yang hendak anda pilih. Jahitan kaos yang baik biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
    • Jahitan tampak halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
    • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
    • Sambungan antar jahitannya akurat dan sangat rapi terutama pada bagian lengan atau bagian body.
    • Semakin kecil lebar sambungan pada bagian dalam kaos maka jahitan tersebut berarti semakin baik dan rapi.
    • Kaos yang berkualitas baik umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi.
  • Benang jahit yang digunakan untuk mengobras harus dipilih dari benang terbaik.
    • Semakin rapat jahitan obrasnya maka semakin tahan lama kaos untuk dipakai.
    • Semakin rapat jahitan obrasnya maka kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  • Bagian rib leher dibuat menggunakan bahan terbaik dan disambung menggunakan jahitan yang rapi dan teliti sehingga kaos lebih nyaman dipakai.
  • Untuk memberikan kesan memanjang pada bagian leher sebaiknya pilihlah kaos polos yang memiliki potongan leher berbentuk V-Neck.

Ingin membuat kaos sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendowload Pola Kaos polos siap pakai dari kami.

10. Rok Hitam dan Kemeja Oversized

Khusus untuk gaya kasual yang nyaman saat ke kampus anda bisa memilih rok span hitam yang dipadukan dengan kemeja oversize putih. Meski sepintas terkesan sangat simple namun gaya busana ini pada dasarnya akan tetap stylish untuk anda kreasikan dengan hijab model segi empat maupun pashmina.

Rok Hitam

Sumber : https://shopee.co.id/

Demikian pembahasan mengenai tips padupadan rok hitam dengan berbagai macam item fashion wanita yang dapat diaplikasikan ke dalam gaya berpakaian anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik fashion yang tidak kalah unik dan menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat. 

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.