Article

Homepage Article Fashion Design 7 Langkah Mudah Merawat…

7 Langkah Mudah Merawat Jaket Kulit Agar Tidak Mudah Retak

Punya kecintaan tersendiri dengan produk jaket yang dibuat dari bahan kulit?. Untuk memastikan agar jaket kulit (leather jacket) yang kamu miliki tetap awet, cari tahu yuk bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk mencegah timbulnya retakan yang dapat merusak keindahan jaket kulit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Kulit

Sesuai dengan namanya, jaket kulit (leather jacket) merupakan sejenis jaket yang dibuat dari material kulit, baik itu  kulit sintetis (synthetic leather) ataupun kulit hewan asli (genuine leather). Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus memiliki jaket kulit yaitu:

  • Jaket kulit cocok dipadukan dengan outfit apapun karena sifatnya yang timeless.
  • Jaket kulit nyaman dipakai untuk cuaca panas maupun cuaca dingin.
  • Jaket kulit memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan panas.
  • Jaket kulit bisa digunakan untuk acara di malam hari maupun siang hari.
  • Jaket kulit termasuk ke dalam jenis jaket yang awet asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.zippileather.com/

Simak juga 13 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Imitasi.

Mencegah Retakan Jaket Kulit

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat jaket kulit (leather jacket) agar tidak mudah rusak dan retak?. Untuk mencegah retakan pada jaket kulit, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu ambil.

1. Jauhkan Jaket Dari Panas Tinggi

Pastikan kamu selalu menjaga jaket kulit agar tidak terpapar sinar matahari yang berlebihan terutama saat cuaca panas, karena sinar UV yang dihasilkan dari sinar matahari bisa membuat permukaan jaket kulit jadi super kering, mudah rapuh dan retak.

2. Jaga Jaket Biar Tetap Kering

Jaga jaket biar tetap kering terutama jika kamu gemar menggunakan jaket kulit (leather jacket) saat cuaca hujan. Jika basah pastikan kamu segera menjemurnya sebelum kembali menyimpan jaket tersebut.

  • Hindari kontak dengan air secara berlebihan terutama air hujan.
  • Jika jaket basah kamu bisa menyekanya dengan tisu atau kain yang lembut kemudian biarkan jaket tersebut kering secara alami.

3. Baca Instruksi Perawatan Jaket

Baca dengan baik instruksi perawatan yang disertakan pada jaket untuk mengetahui hal yang boleh dilakukan dan menghindari hal yang tidak boleh dilakukan dalam merawat jaket kulit (leather jacket).

4. Hindari Produk Kimia Yang Keras

Hindari pemakaian produk kimia berbahaya yang keras untuk membersihkan dan merawat jaket kulit. Salah satu alasannya yaitu karena pembersih yang terlalu kuat dapat menghilangkan minyak alami pada jaket kulit dan menyebabkannya jadi kering serta mudah retak.

5. Bersihkan Dengan Bahan Khusus

Untuk membersihkan jaket kulit (leather jacket), lebih baik gunakan produk pembersih khusus untuk kulit atau bahan alami seperti minyak zaitun.

6. Gunakan Pelembab Khusus Kulit

Untuk melembabkan permukaan jaket kulit biar tidak mudah retak gunakan pelembap khusus bahan kulit secara teratur, karena seiring berjalannya waktu kulit akan selalu kehilangan kelembapannya secara alami.

  • Penggunaan pelembap yang tepat akan membantu menjaga kelembaban jaket kulit dan mencegahnya menjadi kering ataupun retak.
  • Penggunaan pelembap yang tepat pada jaket kulit juga dapat memperpanjang umur jaket dan masa pakai jaket.

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kelembaban jaket kulit yaitu:

  • Teteskan sedikit bahan pelembab ke jari atau ke aplikator yang lembut seperti spons atau kain lap, setelah itu gosokkan langsung ke bagian jaket.
  • Teruslah menggosok jaket searah serat kulit supaya warnanya tampak lebih merata dan bibit retakan tak lagi terlihat.
  • Diamkan jaket kulit selama 2 jam atau lebih lama lagi sampai permukaannya terasa kering saat disentuh dan pelembab bisa meresap lebih baik ke dalam serat-serat kulit.
  • Jika retakan masih terlihat oleskan lebih banyak bahan pelembab ke aplikator dan gosokkan ke bagian yang retak sampai kulit berhenti menyerap kondisioner.

7. Simpan Jaket Dengan Baik dan Benar

Saat tidak digunakan, hindari menyimpan jaket kulit di ruangan yang terlalu panas atau lembab karena kondisi tersebut dapat merusak permukaan jaket kulit. Sebagai gantinya simpanlah jaket kulit di tempat yang sejuk namun tetap kering.

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan saat menyimpan jaket kulit yaitu:

  • Gunakan tas penyimpanan atau cover untuk melindungi jaket kulit dari debu dan kotoran saat tidak digunakan.
  • Gantung jaket kulit dengan menggunakan padded hanger alias hanger.
  • Simpan jaket kulit di dalam almari yang longgar dan tidak berdesak-desakan dengan pakaian lain.
  • Jangan biarkan jaket terlipat dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan lipatan dan retakan pada permukaan jaket kulit yang sulit dihilangkan.
  • Hindari pula penggunaan gantungan kawat untuk mencegah timbulnya goresan pada jaket kulit yang bisa merusak keindahannya.

Tapi kalau jaket kulit yang kamu miliki retakannya sudah terlalu dalam, maka retakan tersebut perlu diisi dengan menggunakan dempul  khusus kulit. 

  • Cara penggunaannya yaitu bersihkan noda dari jaket kulit dengan menggunakan produk pembersih khusus kulit.
  • Diamkan jaket yang sudah dibersikan selama semalaman untuk memastikan agar permukaannya benar-benar kering.
  • Haluskan bagian retakan jaket dengan menggunakan amplas ekstra halus berukuran 600 grit.
  • Oleskan dempul ke bagian yang retak dengan pisau palet sampai semua bagian yang retak berhasil ditutup.
  • Singkirkan sisa pasta dengan pinggiran pisau kemudian masukkan kelebihan dempul ke bagian yang retak atau pindahkan kembali ke wadahnya.
  • Biarkan kulit mengering selama 6 jam sampai dempulnya mengeras dan retakan pada jaket tidak lagi terlihat.
  • Saat kulit berhasil diperbaiki, retakan pada jaket umumnya tidak akan tampak lagi. Tapi jika retakan masih terlihat ulangi kembali proses tersebut sampai bagian yang retak tertutup dengan sempurna.

Selain menambal jaket kulit dengan menggunakan dempul khusus kulit, kamu juga bisa memperbaiki retakan pada jaket dengan cat yang berwarna senada dengan bahan kulit.

  • Lakukan perbaikan sesegera mungkin jika kamu menemukan sedikit kerusakan pada jaket.
  • Untuk mengisi retakan jaket aplikasikan cat atau tinta dengan hati-hati lalu biarkan kering sebelum digunakan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya retakan pada jaket kulit. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu kamu untuk menjaga jaket kulit agar bebas dari retakan dan tampilannya tetap mulus ya.

Tertarik untuk membuat jaket kulit (leather jacket) sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai referensi kamu bisa mendownload Pola Jaket Kulit siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.