Article

Homepage Article Fashion Design 13 Cara Membedakan Jaket…

13 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Imitasi

Masih suka bingung bagaimana cara membedakan jaket kulit asli dan jaket kulit imitasi?. Khusus untuk anda yang ingin tampil keren dengan jaket kulit asli cari tahu yuk cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengenali keaslian dari sebuah jaket kulit.

Pengertian Jaket Kulit

Jaket kulit termasuk ke dalam salah satu jenis busana tubuh bagian luar (outer) yang terbuat dari material kulit. Dilihat dari sejarahnya jaket kulit sendiri awalnya banyak dipakai di daerah barat untuk menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin dan menjaga kelembaban tubuh, namun pada perkembangannya juga mulai digunakan sebagai pelengkap fashion.

Jaket Kulit

Sumber : https://world.coach.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan jaket kulit pria maupun jaket kulit wanita diantaranya:

  • Jaket kulit termasuk ke dalam salah satu jenis item yang cocok dipadukan dengan apapun karena sifatnya yang timeless.
  • Jaket kulit memiliki karakteristik yang fleksible jadi sangat nyaman dipakai baik itu untuk cuaca panas maupun cuaca dingin.
  • Jaket kulit memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan panas. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pengendara motor lebih suka memakai jaket kulit.
  • Jaket kulit bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk acara yang diadakan di malam hari maupun siang hari.
  • Ketika dipadupadankan dengan kemeja, dress, blouse bahkan kaos oblong sekalipun, jaket kulit pria maupun jaket kulit wanita pasti selalu punya pesonanya sendiri.

Terkait dengan bahan kulit yang dipakai untuk membuatnya, jadi jaket kulit pria dan jaket kulit wanita sendiri secara umum dapat dibuat dari kulit sintetis maupun kulit hewan asli (genuine leather) yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

  • Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan produk tekstil yang dibuat menggunakan bantuan mesin, mulai dari pembuatan lapisan dasar hingga pembentukan lapisan luar yang memiliki tampilan dan nuansa nyata menyerupai kulit asli.

  • Kulit Asli

Untuk kulit asli biasanya terbuat dari bahan kulit domba, kambing atau sapi. Karena memiliki tekstur yang berbeda dan cukup sulit diolah, maka jaket yang dihasilkan menjadi cukup ekslusif dan berharga tinggi.

Model Jaket Kulit

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita jaket kulit sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang berbeda dan bisa dengan mudah digunakan sesuai gaya personal pemakainya. Beberapa contoh model jaket kulit yang dimaksud antara lain berupa:

  • Double Rider Jacket

Jaket kulit double rider termasuk ke dalam jenis jaket yang memiliki desain atraktif sehingga sangat cocok digunakan untuk berpetualang dengan mengendarai sepeda motor.

  • Bomber Flight Jacket

Bomber flight jacket yang dibuat dari material kulit menjadi model jaket kulit berikutnya yang banyak disukai anak muda karena desain dan tampilannya memang terbilang sangat unik.

  • Desain jaket bomber yang identik dengan kesan menggembung dulu banyak digunakan pada jaket pilot pesawat pengebom sejak jaman perang dunia ke-II.
  • Di masa lalu jaket bomber tersebut biasa digunakan dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuh pemakainya agar tetap hangat.
  • Varsity Jacket

Jaket varsity merupakan jenis jaket yang umumnya hadir dalam warna two tone atau dua warna berbeda, dimana warna pada bagian lengan dan tubuh biasanya dibuat berlainan.

  • Jaket varsity kebanyakan dibuat dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggang.
  • Memiliki ciri khas warna yang berbeda antara bagian badan dan lengan.
  • Jaket varsity bisa dibuat dari bahan kain sejenis katun wool (badan) dan kulit (lengan) atau bahan lain sesuai keinginan pembuatnya.
  • Memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch atau bordir.
  • Memiliki kancing (resleting untuk opsi) sebagai tutupan jaket di depan dari ujung bawah sampai ujung leher.
  • Memiliki motif yang sama di bagian kerah, manset dan pinggang.
  • Memiliki dua kantong miring tanpa penutup di kedua sisi perut.
  • Jaket Kulit Dengan Fringe

Jaket kulit dengan aksen fringe yang banyak dihias dengan rumbai-rumbai di bagian lengan dan dada sangat cocok digunakan kalau anda mau tampil seperti seorang riders.

  • Jaket Kulit Dengan Patch

Jaket kulit dengan detail patch menjadi model jaket kulit berikutnya yang bisa diandalkan untuk membuat penampilan makin keren dan menawan. Jaket ini bisa dibuat dengan cara memodifikasi jaket kulit yang sudah lama tidak terpakai.

  • Jaket Kulit Dengan Studs

Untuk anda yang ingin tampil lebih sangar, pastikan untuk memilih jaket kulit yang dilengkapi dengandengan aksen studs.

  • Dalam sebuah jaket kulit studs dapat ditemukan pada bagian kerah, bahu maupun saku.
  • Studs yang berkarakter tajam dapat mengubah model jaket kulit yang semulal tampak biasa menjadi rebellious.
  • Jaket Kulit Kombinasi Patch dan Studs
  • Buat anda yang berani tampil berbeda anda bisa memilih model jaket kulit yang dihias dengan kombinasi patch dan studs untuk meningkatkan kualitas penampilan jadi lebih keren.

Tertarik untuk membuat jaket kulit sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi mungkin anda bisa mendownload Pola Jaket Kulit Wanita Ukuran SNI dari kami.

Cara Mengenali Jaket Kulit Asli

Berencana untuk membeli jaket kulit tapi masih memiliki sedikit kekhawatiran kalau menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab?. Supaya anda tidak mudah tertipu cari tahu dulu yuk bagaimana cara mudah mengenali keaslian jaket kulit pria dan jaket kulit wanita.

1. Aroma Jaket Kulit

Untuk mengenali keaslian jaket kulit anda bisa mengeceknya dengan cara mencium aroma jaket. Jaket kulit yang benar-benar terbuat dari kulit binatang asli umumnya memiliki aroma yang khas dan  umumnya lebih mendekati aroma asal kulit jika dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.

  • Jaket yang dibuat dari kulit hewan aroma kulitnya akan tetap tercium meskipun sudah mengalami proses penyamakan (tanning), terkadang bleaching (pemutihan).
  • Sedangkan untuk jaket kulit imitasi umumnya akan berbau zat kimia atau karet.

Jaket Kulit

Sumber : https://waliicorners.com/

2. Periksa Sambungan Jaket

Periksa sambungan jaket kulit yang hendak anda beli untuk mengecek keaslian jaket. Khusus untuk jaket kulit yang asli bagian lengannya kebanyakan akan terlihat sedikit berkerut karena kondisi kulit asli hewan tersebut.

  • Pada jaket kulit asli akan selalu ada bagian yang halus dan ada juga yang berkerut karena sangat sulit jika kulit hewan hanya diambil bagian yang halusnya saja.
  • Oleh para pengrajin, bagian kulit yang berkerut biasanya ditaruh di area yang tersembunyi seperti sambungan lengan jaket.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.ikrix.com/

3. Amati Tekstur Jaket

Perbedaan jaket kulit asli dengan yang imitasi bisa dicek dari pola teksturnya. Kalau polanya cenderung tidak teratur berarti jaket tersebut asli. Tapi kalau memiliki tekstur yang cenderung sama dan konsisten berarti jaket tersebut dibuat dari bahan sintetis karena memang terbuat dari pabrik dan memiliki cetakan yang sama.

  • Dari segi tekstur, bahan kulit asli umumnya memiliki tekstur yang cenderung tidak sempurna jika dibandingkan dengan kulit sintetis.
  • Tidak meratanya permukaan kulit tersebut disebabkan oleh penyayatan dan pengelupasan kulit setelah penyembelihan.
  • Selain dipengaruhi oleh proses penyayatan dan pengelupasan kulit, bagian tertentu dari organ hewan biasanya juga memiliki ketebalan kulit yang berbeda secara alami.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.us.allsaints.com/

4. Raba Permukaan Jaket

Raba permukaan jaket untuk mengecek keaslian bahan kulit yang digunakan. Salah satu ciri paling khas dari jaket kulit asli yaitu tekstur kulitnya akan terasa lebih lembut. Tapi kalau permukaan kulitnya terasa licin dan sedikit kesat seperti plastik maka bisa dipastikan bahwa jaket tersebut terbuat dari bahan sintetis.

5. Cek Potongan Bahan

Periksa bagian tepi atau potongan bahan jaket yang hendak anda beli karena dari sini akan terlihat bekas serat dan lapisan bahan yang menentukan keaslian jaket. Jaket yang dibuat dari bahan sintetis pasti bagian tepinya akan terlihat sempurna tanpa cacat.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.italianskins.net/

6. Amati Pori-Pori Jaket

Lakukan pengamatan secara langsung untuk melihat bentuk pori-pori yang dimiliki pada tiap-tiap bahan jaket kulit.

  • Jaket yang dibuat dari kulit sapi, kambing maupun domba umumnya memiliki pori-pori yang tidak sama persis satu sama lain.
  • Pori-pori yang ada pada jaket kulit asli inipun tidak akan hilang meskipun sudah melalui proses penyamakan.

Sementara itu untuk jaket kulit imitasi biasanya memiliki pori-pori yang serupa bahkan sama persis.  Beberapa kulit imitasi bahkan ada yang tidak memiliki pori-pori sama sekali sehingga cukup mudah untuk dibedakan dengan kulit asli.

7. Cek Serabut Kulit

Periksa celah yang terdapat pada pangkal jahitan jaket, jika anda menjumpai serat serabut yang menyerupai daging mengering maka itu berarti jaket tersebut benar-benar asli. Perhatikan pula permukaan bahan yang ada dibalik jaket kulit, jika terdapat benang atau kain berarti bahan yang dipakai adalah kulit sintetis.

8. Uji Kelenturan Jaket

Jaket kulit asli pada prinsipnya memiliki elastisitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jaket berbahan sintesis atau imitasi. Sedangkan jaket kulit berbahan sintetis cenderung lebih kaku dan tidak memiliki kelenturan.

  • Untuk mengetahui keaslian jaket anda bisa melakukan pengujian sederhana dengan menarik sedikit bagian badan atau lengan jaket kulit.
  • Caranya bentangkan jaket kulit di tempat yang rata kemudian tarik ke atas dan ke bawah.
  • Lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan yakni ke kanan dan ke kiri kemudian bandingkan perbedaan elastisitasnya.

Jika saat ditarik ke atas-bawah dan ke kanan-kiri jaket tersebut memiliki elastisitas yang berbeda maka hampir dapat dipastikan jaket tersebut benar-benar terbuat dari kulit asli. Selain tingkat elastisitasnya berbeda, panjang atau mulurnya jaket pun akan berbeda.

Sebagai alternatif lain anda juga bisa meremas permukaan jaket untuk mengetahui kelenturan jaket. Jika setelah diremas permukaannya tidak mudah berbekas berarti jaket tersebut memang benar asli. Tapi kalau meninggalkan bekas lecek maka dipastikan bahan kulitnya palsu atau berkualitas kurang baik.

Jaket Kulit

Sumber : http://wheretoget.it/

9. Berat Jaket Kulit

Jaket kulit asli secara keseluruhan memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jaket imitasi atau jaket sintetis karena teksturnya dan ketebalannya.

  • Jaket kulit pria dan jaket kulit wanita yang asli seharusnya berat bahkan saat dipegang.
  • Supaya lebih paham perbedaannya coba bandingkan dengan jaket kulit imitasi yang bobotnya lebih ringan.

10. Ketebalan Jaket Kulit

Selalu periksa tebal tipisnya bahan kulit yang dipakai untuk membuat jaket kalau anda ingin mendapatkan jaket kulit asli yang benar benar berkualitas.

  • Kulit hewan asli perlu melewati proses tempa yang membuatnya menjadi sangat tipis. Tingkat ketebalan inilah yang sulit dicapai oleh bahan sintetis.
  • Bahan kulit imitasi ketebalan tidak dapat melewati 0.5 milimeter. Sementara untuk bahan kulit asli ketebalannya berkisar dari 0.5 milimeter hingga 07 milimeter.
  • Untuk mengetahui perbedaannya anda bisa mengecek ketebalan bahan jaketnya dengan menggunakan alat pengukur. Selain itu anda juga harus mengecek bagian dalam jaket apakah benar-benar terbuat dari kulit asli atau gabungan bahan sintesis.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.italianskins.net/

11. Kenyamanan Jaket Kulit

Untuk menguji kenyamanan sebuah jaket anda bisa mencobanya secara langsung pada badan anda. Jaket kulit asli umumnya memiliki kualitas dan kenyamanan yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.

  • Ketika dikenakan di daerah yang bersuhu panas jaket kulit asli biasanya akan memberi rasa sejuk, sedangkan bahan imitasi akan terasa gerah dan tidak nyaman.
  • Jaket kulit asli dapat dipakai untuk menjaga kelembaban tubuhnya sehingga terasa sejuk bahkan di bawah sinar matahari langsung.
  • Bahan jaketnya yang tidak mudah menyerap panas akan tetap terasa nyaman meski dikenakan dalam waktu lama.

Jaket Kulit

Sumber : https://www.johnlewis.com/

12. Uji Tembus Angin

Karakteristik bahan jaket yang tidak tembus angin menjadi salah satu kelebihan sekaligus patokan saat menguji keaslian jaket kulit. Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk mengenakan jaket kulit di tubuh dan rasakan bagaimana efeknya.

  • Jaket kulit yang asli umumnya akan menutup tubuh dengan rapat sehingga hembusan angin yang ada disekitar tidak akan terasa sama sekali.
  • Materialnya yang tidak tembus angin juga dapat membuat tubuh tetap hangat meskipun sedang berada di daerah yang dingin dan berangin.

13. Harga Jaket Kulit

Mengetahui kisaran harga yang wajar untuk sebuah jaket kulit asli merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh konsumen yang cerdas. Caranya anda bisa dengan mengecek harga jaket kulit yang dijual secara online atau bertanya langsung ke toko yang menjual jaket kulit.

  • Dengan kualitasnya lebih baik dibanding dengan jaket kulit imitasi, jaket kulit asli harusnya dijual dengan harga yang lebih mahal.
  • Kalau ada menjumpai penjual yang menawarkan jaket kulit dengan harga sangat murah maka anda patut untuk curiga apapun alasannya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membedakan jaket kulit asli dan jaket kulit imitasi. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengenali keaslian jaket kulit memanglah menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang jika ingin mendapatkan jaket kulit asli yang benar-benar berkualitas baik.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan jaket kulit asli yang sesuai dengan kebutuhan anda ya. Kalau anda membutuhkan bahan kain untuk jaket atau model pakaian lainnya sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.