Article

Homepage Article Fashion Design 7 Inspirasi Padupadan Oversized…

7 Inspirasi Padupadan Oversized Blazer Untuk Wanita

Oversized blazer yang sempat populer pada era 80-an diramalkan akan kembali trend di tahun 2021. Selain mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya dan penampilan, model blazer wanita yang memiliki tampilan cenderung kebesaran ini bisa juga dipakai untuk memberikan ilusi yang lebih ramping dan tinggi pada tubuh lho.

Pengertian Oversized Blazer

Oversized blazer dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis item fashion yang bisa membuat gaya anda makin terlihat keren karena memiliki ciri yang sangat khas yakni cuttingannya terlihat agak kebesaran alias longgar. Selain lebih longgar model blazer wanita ini biasanya juga cenderung lebih panjang bila dibandingkan dengan model blazer wanita lainnya.

Meski termasuk ke dalam jenis outer yang berpotongan longgar dan cenderung kebesaaran namun jika dipadupadankan dengan busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang tepat, maka penampilan anda justru akan mencuri perhatian. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih oversized blazer diantaranya:

1. Pemilihan Warna dan Pola

Jika anda ingin menggunakan oversized blazer untuk acara formal atau semi formal, pilihlah blazer berwarna gelap dan polos. Tapi kalau anda ingin menggunakan oversized blazer untuk acara santai maka pilihlah blazer dengan warna dan motif yang anda suka.

2. Pemilihan Bahan

Pilihlah oversized blazer yang bahannya mudah menyerap keringat, terutama jika blazer tersebut hendak anda gunakan pada siang hari. Dengan begitu maka anda tidak akan merasa panas atau gerah saat beraktifitas.

  • Bahan blazer yang lebih kaku bisa anda pilih jika ingin mendapatkan blazer untuk tampilan kantor yang profesional.
  • Blazer dengan bahan fleksibel bisa anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih kasual.

Bahan Oversized Blazer

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, oversized blazer sendiri pada prinsipnya bisa dibuat dari berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain yang dimaksud diantaranya berupa:

1. Kain Drill

Kain drill merupakan jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Bagian dalam dan luar kain drill umumnya berbeda sehingga mudah dikenali secara kasat mata hanya dengan melihat perbedaan gradasi warna pada kain.

Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Bahan kain yang dimaksud yaitu kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).

  • Kain Twill Drill (Serat Kecil)

Kain twist atau sering disebut pula dengan twill drill merupakan varian drill yang memiliki serat paling kecil jika dibandingkan dengan jenis kain drill yang lain.

  • Kain American Drill (Serat Sedang)

Kain bertipe American drill atau Florida drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal yang lebih besar (medium) jika dibandingkan dengan ukuran serat jenis twist atau twill drill.

  • Kain Japan Drill (Serat Besar)

Kain Japan drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal lebih besar dari pada American drill dan twill drill, sehingga sifat kainnya lebih tebal dan juga kuat.

Nagata drill merupakan salah satu merek ternama dari kain jenis Japan drill yang berserat besar. Kain ini secara umum terusun oleh komposisi katun yang lebih dominan sehingga permukaannya lembut, tebal, serta kuat.

Kualitas dan harga kain drill biasanya menyesuaikan dengan bahan dasarnya. Semakin banyak kadar katunnya maka harganya juga semakin mahal.

2. Kain Gabardine

Gabardine merupakan sejenis kain tekstil berkualitas tinggi yang diproses secara khusus dengan metode “clear-finish” yaitu dengan menggunting atau menggosongkan bulu-bulu halus pada permukaan kain sehingga tampilannya terbilang cukup unik.

  • Kain gabardine umumnya memiliki ciri khas berupa garis-garis yang berbentuk diagonal.
  • Sepintas kain gabardine tampak mirip dengan kain twill namun kerapatannya sedikit lebih renggang.
  • Kain gabardine dapat dibuat dari polyester, wool, katun, rayon, sutra atau campuran serat lain.
  • Karakteristik kainnya yang tebal namun cenderung ringan menjadikan kain ini dapat diaplikasikan untuk berbagai macam jenis busana termasuk blazer wanita.

3. Kain Wool

Kain wool merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik cukup berat, hangat dan halus sehingga sangat sesuai jika dimanfaatkan untuk membuat blazer yang bernuansa formal.

  • Kain wool termasuk ke dalam jenis kain yang diproses melalui tahap penyisiran sehingga dihasilkan kain yang berkualitas tinggi.
  • Kain wool memiliki karakteristik cukup berat, hangat dan halus jadi sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan blazer.
  • Blazer dari bahan wool sangat nyaman dikenakan untuk acara formal dan dipercaya mampu memberikan kesan elegan pada pemakainya.

4. Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan jenis kain yang terbuat dari kain kapas tebal bertekstur halus. Sepintas bahan ini memiliki kemiripan dengan beludru tapi cenderung lebih kaku sehingga terkesan kurang mewah.

Sebagai bahan dasar pembuatan oversized blazer secara keseluruhan kain corduroy juga memiliki keistimewaan tersendiri.

  • Kain corduroy memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis kain.
  • Kain corduroy dikenal lebih hangat, tahan lama, dan memiliki perawatan yang mudah.
  • Dengan tampilannya yang cukup unik, jenis kain ini dianggap menampilkan kesan berkelas dan elegan.
  • Untuk pembuatan busana, kain ini tidak memerlukan kain pelapis karena kain corduroy memiliki berbagai tingkat ketebalan.
  • Variasi warna yang dari kain corduroy cukup beragam. Kain ini juga tersedia dengan berbagai tingkat keregangan (stretch).

5. Kain Katun Twill

Kain katun twill merupakan jenis bahan kain yang memiliki karakteristik tidak mudah kusut, tidak luntur, sedikit kaku namun terasa dingin saat dipakai  sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat blazer dan dikenakan di segala cuaca.

Sebagai bahan dasar pembuatan baju blazer yang berkualitas, kain cotton twill sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai warna dan tingkat ketebalan yang berbeda.

Padupadan Oversized Blazer

Tertarik untuk mengenakan baju blazer wanita yang dibuat dalam model oversized sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Penting untuk diketahui bahwa oversized blazer sendiri pada prinsipnya sangat cocok dikombinasikan dengan celana jeans, celana bahan maupun busana terusan lainnya.

1. Oversized Blazer dan Celana Jeans

Tips yang pertama anda bisa mengenakan oversized blazer dengan celana jeans yang terbuat dari kain denim. Untuk dalamannya anda bebas mau memilih kemeja, kaos polos ataupun crop top.

  • Saat mengenakan oversized blazer dan celana jeans anda bisa tampil edgy dengan sentuhan cropped top.
  • Oversized blazer juga bisa memberikan sentuhan lebih santai ketika dipadukan dengan kaos polos.
  • Sementara itu untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih trendy anda juga bisa mengenakan oversized blazer dengan kemeja.

Blazer Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bila anda ingin mengenakan model blazer wanita yang berukuran oversized dan celana jeans sangat disarankan untuk memilih celana jeans yang memiliki potongan lurus atau justru cenderung pas badan untuk memberikan ilusi lebih ramping dan panjang pada tubuh.

  • Straight Leg Jeans

Straight leg jeans merupakan model celana jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit), sehingga akan membentuk paha dan juga kaki menjadi lebih ramping dan paling aman dikenakan untuk semua bentuk tubuh.

  • Skinny Jeans

Berikutnya ada skinny jeans yang memiliki potongan sangat ketat dari bagian pinggang sampai ujung celana sehingga saat digunakan dapat menyesuaikan bentuk kaki. Beberapa desainer biasa memanfaatkan bahan kain yang bersifat stretch untuk membuat skinny jeans karena alasan kenyamanan.

Ingin membuat celana jeans sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Celana Wanita Skinny dari kami.

2. Oversized Blazer dan Celana Bahan

Selain dipadupadankan dengan celana jeans, model blazer wanita yang memiliki potongan oversized ini sebenarnya bisa juga dikombinasikan dengan celana panjang yang berpotongan lurus. Supaya lebih aman sebaiknya pilih warna celana yang senada dengan warna baju blazer.

Mengenakan oversized blazer dan celana bahan menjadi salah satu cara paling praktis yang bisa anda coba jika tidak mau pusing-pusing memikirkan padanan blazernya.

  • Untuk kesempatan casual cukup gunakan kaos polos sebagai dalamannya dan tambahkan sneakers yang nyaman.
  • Sementara jika anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih formal anda bisa menggunakan kemeja sebagai dalamannya serta flat shoes atau high heels sebagai alas kakinya.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.everlane.com/

Ingin membuat celana bahan sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola celana wanita dari kami.

3. Oversized Blazer dan Dress

Buat anda yang ingin tampil lebih feminim, tidak ada salahnya jika anda memadupadankan oversized blazer dengan maxi dress, midi dress, slip dress, serta model dress lainnya yang tidak kalah modis. Sebagai pelengkap gaya penampilan jangan lupa tambahkan flat shoes yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit.

  • Khusus untuk anda yang lebih suka tampil simple ke acara formal sebaiknya pilih dress yang berwarna kalem.
  • Tapi kalau anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih elegan maka anda bisa memilih dress panjang yang berwarna hitam.
  • Untuk mendapatkan penampilan yang berbeda, anda dapat menambahkan belt dengan warna yang sesuai untuk menghias busana anda.

Blazer Wanita

Sumber : https://lookbook.nu/

4. Oversized Blazer dan Rok Plisket

Sebagai alternatif lainnya untuk gaya feminim, anda bisa mencoba untuk memadukan model blazer wanita yang berpotongan cukup longgar bersama dengan rok plisket yang memiliki banyak detail lipit. Untuk pilihan warnanya anda bebas memadupadankan warna blazer dan rok yang dipakai.

  • Rok plisket sendiri merupakan model rok wanita yang dibuat dari bahan kain berlipit. Dipasaran rok plisket ini sebenarnya dapat dijumpai dalam beberapa macam tipe seperti rok mini, rok midi dan rok maxi.
  • Rok plisket sangat cocok dikenakan oleh wanita dalam setiap kesempatan baik itu untuk acara formal, semi-formal maupun casual.
  • Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.styleoholic.com/

5. Oversized Blazer dan Bermuda Pants

Untuk menampilkan kesan yang lebih maskulin atau boyish, kombinasikan oversized blazer dengan bermuda pants yang terbuat dari bahan yang sama dengan blazer wanita lalu tambahkan kemeja atau kaos polos sebagai dalamannya.

Bermuda pants sendiri merupakan celana pendek bernuansa dressy atau semi casual yang biasa digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Nama bermuda konon diambil dari sebuah nama pantai di Bahama yang terkenal sebagai tempat liburan.

  • Celana bermuda umumnya didesain dengan ukuran panjang satu hingga tiga inci diatas lutut dan dilengkapi dengan saku pada kedua sisinya.
  • Celana bermuda dianggap sebagai item fashion klasik yang sesuai dipadukan dengan oversized blazer karena modelnya terbilang sangat unik.
  • Pada awal kemunculannya celana bermuda banyak didominasi dengan warna-warna netral, namun beberapa tahun terakhir bermuda shorts hadir dengan tampilan baru dalam berbagai warna dan motif yang lebih berani.

Blazer Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Oversized Blazer dan Mini Skirt

Mau tampil fashionable di akhir pekan?. Sebagai referensi anda bisa memadupadankan oversized blazer yang distyling dalam berbagai cara dengan t-shirt dan mini skirt yang panjangnya hanya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.

  • Supaya terkesan makin casual anda bisa menggulung sedikit lengan baju blazer wanita saat memakai rok mini.
  • Sebagai alternatif lain anda cukup menyampirkan oversized blazer di bagian bahu saja.

Khusus untuk anda yang ingin tampil sempurna dengan oversized blazer dan mini skirt penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk mengenakan rok mini.

  • Selalu rawat kelembapan kulit bagian kaki agar tampilan anda jadi makin maksimal.
  • Dalam memilih rok mini perhatikan pula kesesuaian model rok dengan bentuk tubuh.
  • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang membesar di bagian pinggul anda bisa mengenakan model rok mini yang berpotongan lebar di bawahnya.
  • Jika anda memiliki bentuk tubuh yang cenderung lurus anda bisa memilih rok mini yang berpotongan pensil.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

7. Oversized Blazer dan Hot Pants

Kalau sahabat Fitinline cenderung menyukai tampilan yang unik, padukan aja baju blazer wanita yang memiliki potongan oversized dengan hot pants yang sangat pendek. Dengan style ini pasti tubuh anda akan terlihat lebih jenjang dari aslinya.

Blazer Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa anda coba jika ingin tampil keren dengan oversized blazer. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa asal dipadupadankan dengan cara yang tepat oversized blazer ternyata bagus juga dipakai untuk berbagai kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih mudah menemukan padupadan yang tepat ketika ingin mengenakan oversized blazer.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.