Article

Homepage Article Fashion Muslim 7 Keistimewaan Gamis Wanita…

7 Keistimewaan Gamis Wanita Yang Dibuat Dari Kain Brokat

Kain brokat dikenal sebagai salah satu bahan kain yang mewah karenanya sering dimanfaatkan untuk membuat gaun pernikahan dan kebaya. Dari yang awalnya hanya digunakan untuk gaun pernikahan dan kebaya kini kain brokat juga mulai banyak digunakan untuk membuat gamis wanita yang menawarkan banyak keunggulan lho.

Pengertian Gamis Brokat

Gamis brokat termasuk ke dalam jenis busana yang kaya akan dekorasi dan menghadirkan pesona tersendiri karena dibuat dari bahan kain yang mewah yakni berupa kain brokat. Untuk tampilan gaya berhijab, gamis ini juga sangat cocok diandalkan oleh para muslimah karena memang memiliki tampilan yang sangat cantik dan elegan.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Baju gamis brokat dapat dikenakan untuk berbagai macam acara yang sifatnya formal. Saat ingin menghadiri pesta misalnya, anda bisa memilih busana gamis dengan berbagai model dan ukuran.

  • Gamis brokat terkenal dengan desain yang longgar dan panjang.
  • Hadir dengan model yang cantik, gamis brokat cukup dapat diandalkan sebagai busana untuk acara pesta.
  • Bahannya yang halus dengan pola rumit membuat bahan brokat terlihat cukup mewah.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Brokat Untuk Gamis

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain brokat yang dapat dijadikan sebagai bahan gamis wanita sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Brokat Varanasi

Brokat varanasi dikenal dengan sebutan kinkhab atau kamkhwab dari India. Bahan ini umumnya dibuat dari tenunan sutra berwarna dan benang emas yang menampilkan desain-desain flora yang sangat atraktif, bertekstur halus, memiliki warna yang hidup dan tembus pandang.

2. Brokat Awan Nankring

Brokat awan nankring sangat terkenal di China. Desain kainnya yang anggun dan halus, dengan warna-warni yang indah mirip awan di langit, menjadikan kain ini sangat pantas bila disebut sebagai “Yunjin” (brokat awan).

3. Brokat Syria

Brokat syria merupakan brokat buatan tangan berbahan sutra yang biasa disebut dengan nama “brokard” artinya karya Brahim. Hal ini mengacu pada kepercayaan bahwa pendeta Brahim mengembangkan sutra halus di masa Sebelum Masehi.

4. Brokat Perancis

Brokat Perancis merupakan jenis brokat yang memiliki tekstur lebih rapat dibandingkan bahan brokat lainnya. Keunggulan dari brokat Perancis ini terletak pada bahannya yang terasa lembut, tidak membuat gatal atau panas pada kulit.

  • Kain brokat Perancis jatuhnya bisa mengikuti lekuk tubuh dengan sempurna.
  • Kain brokat Perancis mempunyai kualitas yang paling bagus dibandingkan bahan brokat lainnya.
  • Kain brokat Perancis biasanya juga terbilang paling mahal seperti halnya brokat Prada.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Brokat Semi Perancis

Brokat semi Perancis bisa disebut juga sebagai produk tiruan dari brokat Perancis tapi teksturnya agak terasa sedikit lebih kaku dari brokat Perancis.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Brokat Prada

Brokat prada termasuk ke dalam jenis kain yang paling mahal di antara jenis kain brokat yang lain karena memang kualitasnya sangat bagus.

  • Teksturnya yang timbul dan tegas akan memberikan kesan mewah pada busana yang dihasilkan.
  • Sedangkan untuk warnanya dalam satu jenis kain brokat prada bisa mengandung satu sampai tiga warna.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Brokat Tile

Brokat tile merupakan jenis brokat yang diperoleh dari perpaduan antara bahan brokat dan tile. Dengan teksturnya yang tipis dan sangat ringan, kain tille ini sangat cocok jika digunakan sebagai bahan dasar baju gamis maupun busana wanita yang lainnya.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Brokat Tile 3D

Brokat tile 3D memiliki bahan dasar yang sama dengan brokat tile biasa. Hal yang membedakan keduanya yaitu pada brokat tile 3D terdapat penambahan bentuk bunga sesuai dengan motif pada kain sehingga akan terlihat sangat cantik dan menarik jika dijadikan pakaian.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

9. Brokat Italy

Bahan Italy sangat cocok digunakan untuk membuat gamis yang kaya akan dekorasi, karena kain ini sebenarnya sudah dibordir dan juga dipayet. Harga dari brokat Italy ini biasanya sangat bergantung pada kerapatan motif dan kesulitan membuat bordir atau payetnya.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bagi anda yang memiliki budget lebih, anda bisa memilih kain brokat Perancis atau brokat prada sebagai bahan pembuatan gamis. Tapi kalau anda lebih suka dengan baju gamis yang kaya akan hiasan dan dekorasi sebaiknya gunakan saja  brokat tile, brokat tile 3D atau brokat Italy yang bertabur payet dan juga bordiran.

Kelebihan Gamis Brokat

Dengan memanfaatkan kain brokat sebagai bahan utamanya, gamis wanita yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan gamis wanita yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari gamis brokat yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Tampilannya Terkesan Mewah

Gamis brokat memiliki tampilan yang mewah dan elegan karena bahan yang digunakan untuk membuatnya kebanyakan memiliki motif yang cantik.

  • Kain brokat termasuk ke dalam jenis kain yang kaya akan dekorasi, maka dari itu gamis yang dibuat dari kain ini secara otomatis memiliki tampilan yang mewah dan elegan.
  • Sebagai bahan pakaian yang sudah terkenal sejak dahulu kain brokat umumnya banyak menghadirkan pola yang rumit seperti bunga, tanaman serta berbagai unsur alam lainnya.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.google.com/

2. Pilihan Modelnya Bervariasi

Untuk urusan desain atau modelnya gamis wanita yang dibuat dari kain brokat sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model, mulai dari gamis brokat model simple hingga model yang rumit.

Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat dibuat dari kain moscrepe diantaranya:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis wanita lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis peplum yang simple dan dapat dikenakan untuk memberikan ilusi lebih ramping, sedikit lebih panjang dan jenjang pada tubuh pemakainya.
  • amis layering yang memiliki aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.
  • Gamis yang dipermanis dengan layer brokat akan memiliki kesan yang tidak biasa.
  • Gamis brokat model layering cocok untuk dipakai di pesta karena bisa membuat penampilan jadi makin menawan.
  • Gamis cape yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya. Desain dan potongannya longgar memungkinkan lekuk bagian tubuh tetap tersembunyi saat memakai gamis ini.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Bisa Dijadikan Baju Pesta

Gamis brokat dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat menghadiri acara pesta maupun perayaan lainnya.

  • Gamis yang dibuat dari kain brokat jatuhnya tidak melekat di tubuh jadi saat digunakan akan terlihat sangat cantik.
  • Buat anda yang ingin tampil syar’i, gamis brokat juga bisa dijadikan sebagai item fashion andalan asal ukurannya dibuat sedikit lebih longgar dan tidak pas badan.

Gamis Brokat

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Pilihan Warnanya Banyak

Gamis brokat umumnya dapat dijumpai dalam berbagai warna dan ukuran yang berbeda-beda jadi dapat dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan anda.

  • Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain brokat hadir dalam berbagai macam pilihan warna.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Tidak Mudah Kusut

Gamis brokat termasuk ke dalam jenis pakaian yang tidak mudah kusut jadi tampilan kainnya akan tetap rapi dan tertata meski sudah digunakan dalam waktu lama.

  • Gamis brokat brokat memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut gamis yang satu ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

Gamis Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Mudah Dipadukan Dengan Hijab

Gamis brokat dapat dikenakan dengan berbagai macam model hijab, mulai dari hijab segi empat, pashmina maupun model hijab lainnya. Tapi karena gamis brokat sendiri sudah terkesan mewah jadi sebaiknya pilih hijab yang simpel namun tetap menarik.

7. Perawatannya Cukup Mudah

Gamis balotelli umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Tapi ingat usahakan untuk selalu mencuci gamis brokat secara manual dengan menggunakan tangan ya.

  • Sebelum melakukan pencucian pisahkan gamis brokat dengan jenis pakaian yang berlainan bahan dasarnya.
  • Jangan terlalu sering mencuci gamis dengan bahan brokat, kecuali jika benar-benar sudah sangat kotor.
  • Jangan merendam baju gamis berbahan brokat terlalu lama. Cukup rendam dengan derterjen yang tidak mengandung pemutih dan jangan dikucek terlalu keras.
  • Hindari kebiasaan menyimpan pakaian brokat dengan cara digantung, karena lama-lama bisa membuat pakaian melebar dan melar.

Tips Memilih Gamis Brokat

Berencana untuk membeli gamis berbahan brokat tapi masih bingung harus memilih gamis brokat yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih gamis berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.

1. Pilih Gamis Yang Nyaman

Kenyamanan menjadi kunci utama dalam berbusana karena itulah jika anda ingin membeli gamis pastikan anda memilih gamis yang nyaman dipakai dan tidak membatasi ruang gerak apalagi  mengganggu aktivitas anda.

2. Pilih Motif Yang Tepat

Gamis yang bagus harus terlihat pas dan sesuai dengan postur tubuh saat dikenakan. Maka dari itu tiap kali anda ingin membeli gamis sebaiknya selalu pilih gamis yang sesuai dengan postur tubuh agar anda bisa memperoleh penampilan yang lebih menarik.

  • Khusus untuk anda yang memiliki tubuh kurus, sebaiknya gunakan gamis brokat yang bermotif untuk menyamarkan badan anda agar terlihat lebih berisi dan anggun.
  • Tapi kalau anda memiliki badan yang cenderung berisi, sebaiknya pilih gamis brokat yang di bagian bawahnya polos agar penampilan jadi terlihat lebih langsing.

3. Ukuran Gamis Brokat

Ketika ingin membeli baju gamis brokat, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan bentuk tubuh dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. Memilih gamis yang terlalu kecil hanya akan membuat ruang gerak anda terbatasi, kalau terlalu besar yang ada tubuh anda akan tenggelam dalam gamis yang anda kenakan.

4. Warna Gamis Brokat

Dalam memilih baju gamis usahakan untuk selalu memperhatikan kesesuaian warnanya dengan warna kulit, hal ini penting untuk dilakukan agar tampilan anda secara keseluruhan tidak menjadi terlihat lusuh.

5. Jahitan Gamis Brokat

Periksa kerapian dan kekuatan jahitan yang ada pada gamis untuk memastikan bahwa gamis yang hendak anda pilih memang memiliki kualitas jahitan yang bagus. Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu kualitas gamis terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan gamis yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

6. Sesuaikan Dengan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga gamis yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan baju gamis yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

  • Biasakan untuk membeli gamis brokat yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli gamis karena harganya murah.
  • Kalau anda ingin mendapatkan gamis brokat yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model gamis yang sejenis.

7. Pilih Hijab Yang Sesuai

Selain memilih baju gamis yang sesuai dengan kebutuhan sebaiknya perhatikan juga pemilihan hijabnya. Hijab yang sesuai dengan gamis akan memberikan penampilan yang maksimal, namun jika  gamis dan hijabnya tidak pas yang ada penampilan anda bisa berantakan.

Lebih tertarik untuk membuat baju gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

Untuk anda yang ingin membuat gamis brokat sendiri usahakan untuk selalu melapisi gamis brokat dengan kain furing supaya terlihat lebih sopan dan elegan.

  • Pastikan anda memilih jenis kain furing yang nyaman saat dikenakan dan tidak panas di tubuh.
  • Gunakan kain furing yang warnanya tidak jauh berbeda dengan kain brokat jika anda lebih suka gamis yang simple.
  • Tapi kalau anda ingin memperlihatkan kerumitan pada jalinan renda atau brokat, anda bisa memilih kain furing yang berbeda dengan warna kain brokatnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan gamis brokat yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya sebagai pelengkap gaya penampilan. Sesuai karakteristik bahannya yang mewah dan terkesan elegab, gamis berbahan brokat secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain brokat itu sendiri.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis wanita maupun model pakaian yang lain tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.