Article

Homepage Article Fashion Design 11 Fashion Item Bertema…

11 Fashion Item Bertema Vintage Style Yang Sedang Trend

Tema vintage style belakangan kembali booming dan diikuti oleh banyak anak muda yang ingin terlihat fashionable. Buat anda yang juga ingin mengikuti trend fashion tersebut, berikut kami bagikan beberapa fashion item yang bisa anda pakai untuk membangkitkan kembali aroma vintage dalam fashion sehari-hari.

Pengertian Vintage Style

Vintage merupakan gaya fashion sebelum tahun 1960 yang masih digemari hingga sekarang. Ciri paling khas yang membedakan vintage style dengan jenis trend fashion yang lainnya yaitu gaya ini banyak memadukan  warna-warna yang kalem dan lembut serta motif yang unik seperti polkadot, floral, hingga tartan.

Tema vintage style memang bisa memberikan penampilan yang unik sekaligus berkelas, hal inilah yang membuat gaya vintage tetap menjadi tren dan masih banyak digunakan di industri fashion.

  • Gaya vintage sebenarnya merupakan style fashion yang diadaptasi pada era 20-an sampai 60-an.
  • Vintage diidentikkan sebagai sesuatu yang bergaya tua atau sesuatu yang memberi kesan lampau namun tidak semua yang berbau zaman dahulu itu vintage.
  • Trend busana vintage cenderung lebih feminim, penggunaan warnanya pun lebih soft.
  • Desain yang digunakan pada gaya vintage didominasi oleh motif bunga, polkadot, garis-garis dan polos.
  • Gaya berbusana tempo 60-an ini tidak lepas dari kerah bulat dan tambahan pita besar di bagian dada.
  • Flared skirt dibawah lutut, celana pendek, serta blus tanpa lengan merupakan item yang cukup populer dalam gaya vintage.

Item Fashion Vintage

Tertarik untuk mengadaptasi tema vintage style ke dalam gaya busana anda?. Untuk mendapatkan tampilan yang terkesan vintage pastikan anda selalu memilih fashion item yang memiliki sisi estetika tertentu sehingga membuat anda bisa tampil lebih unik dan menarik.

1. Loose Shirt

Loose shirt yang didesain tanpa lengan dengan kerah bulat yang cute menjadi salah satu fashion item yang sangat identik dengan vintage style. Tapi kalau anda merasa kurang percaya diri bila harus memakai loose shirt tanpa lengan, anda bisa mengenakan loose shirt model lengan panjang yang berwarna kalem.

Vintage Style

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Midi Skirt Suede

Midi skirt berbahan suede termasuk kedalam list wajib yang harus dimiliki wanita untuk penampilan vintage. Suede sendiri merupakan bagian dari leather atau kulit yang dihasilkan dengan proses yang berbeda. Umumnya suede diambil dari bagian dalam kulit yang lapisannya dekat dengan daging.

Vintage Style

Sumber : https://www.harrods.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita pada hakikatnya rok midi yang dibuat dari bahan suede tersebut umumnya mempunyai sejumlah kelebihan tersendiri. Kelebihan rok midi yang dibuat dari bahan suede diantaranya:

  • Bila bahan terkena sinar matahari langsung bahan suede tidak cepat panas.
  • Harga kulit suede ini relatif terjangkau jika dibandingkan bahan leather yang lainnya.
  • Jika dirawat dengan cara yang tepat kulit suede asli bisa tahan hingga 5 tahun bahkan lebih.

Vintage Style

Sumber : https://shopee.co.id/

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya rok midi yang dibuat dari bahan suede juga tidak luput dari kekurangan. Kekurangan rok midi yang dibuat dari bahan suede diantaranya:

  • Rok midi berbahan suede cenderung rentan terhadap kotoran sehingga membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan tidak mudah pudar.
  • Rok midi berbahan suede lebih tipis dibandingkan kulit yang lainnya, jadi terkadang jahitannya mudah tertarik atau bahkan lepas.

Buat anda yang mau tampil lebih fashionable dalam balutan outvit vintage anda bisa mengenakan rok midi berbahan suede dengan atasan model turtleneck serta stocking. Untuk kesan effortless, cukup padukan rok midi berbahan suede dengan blouse berlengan panjang atau loose shirt yang sekarang sedang trend.

Vintage Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Rok Kotak-Kotak

Rok panjang motif kotak-kotak menjadi fashion item berikutnya yang sangat identik dengan vintage style. Selain mudah didapatkan padupadan rok kotak-kotak ini juga terbilang mudah jadi anda bisa mengenakannya dalam berbagai kesempatan yang berbeda.

  • Sebagai pelengkap gaya casual anda bisa memadukan rok kotak-kotak dengan kaos polos yang berwarna terang maupun gelap.
  • Untuk acara malam hari anda bisa mengenakan rok kotak-kotak model A-line dengan sweater tebal.
  • Jika anda tinggal di daerah panas kenakan rok kotak-kotak dengan cardigan warna senada yang dikancingkan penuh.
  • Untuk tampilan rapi ke kantor anda bisa memakai rok kotak-kotak dengan blus ataupun kaos turtleneck lengan panjang.

Vintage Style

Sumber : https://es.aliexpress.com/

4. Pleated Skirt

Pleated skirt atau rok plisket yang cantik juga termasuk ke dalam salah satu jenis outfit vintage yang bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya sehari-hari. Istilah plisket sendiri konon diadaptasi dari kata "pleats" yang biasa digunakan untuk menyebutkan teknik melipat kain secara rapi.

  • Untuk mendapatkan tampilan yang terkesan lebih casual kenakan pleated skirt atau rok plisket dengan kaos polos.
  • Untuk memberikan efek ramping pada tubuh anda tambahkan belt beraksen polos supaya tampilan anda menjadi lebih cantik.
  • Untuk memberikan ilusi lebih tinggi dan ramping padupadankan pleated skirt dengan high heels.
  • Untuk mengimbangi kesan feminim yang dimiliki pleated skirt anda dapat menambahkan outer berpotongan rendah baik itu dalam bentuk jaket, blazer atau sweater.

Vintage Style

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Celana Kulot

Celana kulot menjadi outfit vintage berikutnya yang bisa membuat penampilan anda jadi lebih menarik dan tidak membosankan. Pemanfaatannya pun tidak hanya terbatas pada kesempatan casual saja tapi beberapa jenis celana kulot ada juga yang bisa dipakai untuk acara formal.

  • Celana wanita yang disebut sebagai kulot secara umum memiliki bentuk yang sangat penuh sehingga pembagiannya tidak terlihat begitu jelas.
  • Jika model celana kulot jaman dulu kebanyakan hanya berdesain simple kini ada juga kulot yang diberi tambahan ruffle hingga fringe.

Vintage Style

Sumber : https://lookbook.nu/

Tertarik untuk membuat celana kulot sendiri tapi masih kesulitan untuk menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Celana Kulot dari kami.

6. Celana Pendek

Celana pendek juga termasuk ke dalam jenis outfit vintage yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan yang fashionable dan trendy. Beberapa tips sederhana yang bisa anda coba untuk mendapatkan celana pendek yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan diantaranya:

  • Pilih celana pendek yang ukurannya sesuai dengan bentuk paha.
  • Sesuaikan panjang celana dengan tinggi badan anda.
  • Pilih celana pendek yang berbahan nyaman dan tidak panas di kulit.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, secara umum terdapat banyak sekali jenis bakain yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan celana pendek. Beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain kain drill, kain katun, kain denim atau kain corduroy.

  • Kain Drill termasuk ke dalam jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain Katun dibuat dari serat alami yakni serat cotton jadi akan terasa sangat sejuk dan dingin di kulit saat dikenakan.
  • Kain Denim memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Kain ini umumnya terbuat dari serat kapas yang dibuat kasar dan ditenun secara diagonal.
  • Kain corduroy merupakan kain yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal.

Belum menemukan padupadan yang tepat untuk celana pendek anda. Untuk menunjang gaya penampilan anda berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

  • Untuk sesi santai atau berolahraga padukan celana pendek berbahan katun yang nyaman dengan atasan seperti bralette atau sports bra.
  • Selain itu anda juga bisa mengenakan celana pendek berbahan drill dengan cardigan jika anda lebih suka tampil simple saat di rumah.
  • Padupadankan blazer dan celana pendek berbahan denim atau corduroy jika anda ingin tampil lebih fashionable.
  • Untuk memberikan kesan yang tak biasa pakai celana pendek dengan atasan oversize. Pilih model celana high waist supaya anda bisa tetap seksi namun tidak vulgar.

Vintage Style

Sumber : https://www.ebay.com/

7. Midi Dress

Untuk mempertegas kesan vintage anda bisa mengenakan midi dress polos ataupun midi derss  dengan motif polkadot, floral, hingga tartan. Jangan lupa tambahkan pemanis seperti handbag, aksesoris kepala maupun perhiasan lainnya.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari pemakaian midi dress diantaranya:

  • Midi dress yang tidak terlalu panjang dan pendek membuatnya terlihat sangat manis jika dipakai dalam segala occasion, baik formal maupun casual.
  • Model dress wanita yang satu ini sangat cocok dikenakan oleh hampir semua bentuk tubuh.
  • Midi dress menjadi solusi paling tepat untuk anda yang merasa kurang percaya diri memakai dress pendek.
  • Midi dress sendiri memiliki potongan yang berbeda-beda, karena alasan itulah midi dress ini tersedia dalam banyak model.

Dengan potongan di bawah lutut tapi tidak sampai mata kaki, midi dress dapat dikenakan untuk menutupi bagian betis yang tampak besar.
Khusus untuk wanita yang cenderung kurus midi dress juga bisa dipakai untuk memberi ilusi lebih berisi pada tubuh.

Vintage Style

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Ruffle Dress

Model dress lainnya yang bisa anda pilih untuk pelengkap vintage style yaitu berupa long sleeve dress yang dihiasi dengan sentuhan ruffle. Entah itu di bagian dada, leher lengan atau bagian bawah dress, aksen lipatan yang bertumpuk ini dapat menghasilkan penampilan yang lebih manis.

  • Detail ruffle pada busana wanita bisa membuat tampilan seorang menjadi lebih manis dan feminin.
  • Bentuk ruffle yang menggelembung juga bisa membantu menonjolkan atau menutupi bagian tubuh tertentu.
  • Memakai busana dengan detail ruffle bisa memberi kesan lebih berisi asal penempatan rufflenya juga sudah tepat.

Vintage Style

Sumber : https://seoulify.net/

9. Leather Bag

Vintage style tidak bisa lepas dari leather bag atau tas kulit. Dengan karakteristik bahannya yang awet dan memiliki kualitas lebih baik dibanding tas biasa tidak heran jika banyak orang rela membeli tas kulit, meski dengan harga yang jauh lebih mahal.

Berencana untuk membeli tas kulit sebagai pelengkap outfit vintage anda?. Supaya tidak salah membeli produk tas kulit ada baiknya bila anda menerapkan tips berikut.

  • Jangan segan untuk membeli tas kulit langsung dari pengrajin yang sudah teruji kualitasnya.
  • Untuk membedakan tas kulit asli dan palsu perhatikan dengan detail tekstur permukaan kulitnya.
  • Lihat dan raba permukaan tas kulit untuk mengetahui keasliannya.
  • Tas kulit asli memiliki tekstur yang tidak beraturan.
  • Sementara tas kulit imitasi cenderung memiliki tekstur yang lebih teratur dan rata karena dicetak secara otomatis dengan mesin.
  • Cek keaslian tas kulit dengan cara mencium aromanya. Kulit asli biasanya memiliki aroma sama dengan bahan penyamaknya.
  • Untuk mengecek kualitas warna pada tas, cobalah menggosok tas dengan kain. Biasanya warna tas kulit asli tidak akan meninggalkan bekas warna pada kain.
  • Rasakan berat tas dengan cara memegangnya dengan satu tangan. Tas kulit asli biasanya cenderung berat karena bahan dasar kulit asli lebih tebal.

Vintage Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Knitwear

Gaya vintage yang simpel bisa dihasikan dari perpaduan antara knitwear dengan dengan celana jeans. Knitwear sediri merupakan sejenis item fashion berbahan rajut yang hadir dalam berbagai model, mulai dari sweater, cardigan dan juga syal.

  • Sweater

Sweater bisa juga dikategorikan ke dalam jenis pakaian terusan yang dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala.

  • Anda dapat menggunakan sweater secara langsung dan dipadukan dengan celana jeans.
  • Agar terlihat lebih gaya, anda juga bisa memadukannya dengan kemeja yang berpotongan simple.

Untuk mendapatkan tampilan yang fashionable dengan sweater rajut pastikan untuk mengenakan jenis bawahan yang ketat, seperti skinny jeans agar tubuh Anda tidak terlihat besar karena model sweater yang loose.

Vintage Style

Sumber : https://www.ginatricot.com/

  • Cardigan

Model knitwear lainnya yang dapat diandalkan untuk mempertegas kesan vintage yakni berupa cardigan yang memiliki potongan sangat simple.

  • Dilihat dari bentuk dasarnya cardigan termasuk ke dalam jenis outfit vintage yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing atau ritsleting.
  • Cardigan dapat dijumpai dalam berbagai jenis model dan dapat digunakan oleh semua gender dari berbagai kategori usia.

Vintage Style

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Syal

Selain sweater dan cardigan coba lengkapi penampilan anda dengan syal bahan rajut. Tidak hanya membuat tubuh merasa hangat, anda pun akan terlihat lebih modis ketika memakai syal rajut.

Vintage Style

Sumber : https://www.aliexpress.com/

11. Wrap Coat

Wrap coat menjadi fashion item terakhir yang bisa anda pilih jika ingin tampil fashionable dengan tema vintage style. Wrap coat sendiri merupakan mantel berpotongan longgar yang dilengkapi dengan kerah besar serta aksen berbentuk tali pada bagian pinggang sebagai pemanisnya.

  • Mantel wrap coat yang didesain dalam warna-warna gelap menjadi pilihan terbaik untuk gaya casual.
  • Sementara wrap coat dengan warna soft dan natural sangat sesuai untuk menonjolkan keanggunan dan kelembuatan seorang wanita.

Selain memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan rasa percaya diri, penggunaan wrap coat juga mampu memberikan kesan lebih rapi dan modis terhadap pemakainya. Dalam hal ini anda bisa mengkombinasikan penggunaan wrap coat dengan aksesoris dan sepatu yang senada.

Vintage Style

Sumber : https://www.ebth.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai jenis fashion item yang bisa anda pakai  untuk membangkitkan kembali aroma vintage dalam fashion sehari-hari. Dari berbagai jenis fashion item yang sudah disebutkan di atas kira-kira mana yang lebih menarik perhatian anda?. Share ya...

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria dan wanita tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.