Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Unik Tentang Baju…

8 Fakta Unik Tentang Baju Safari dan Penggunaannya di Masa Kini

Dikenal sebagai salah satu ikon dalam dunia mode yang menawarkan gabungan antara kepraktisan dan gaya, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang baju safari yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Safari

Baju safari termasuk ke dalam salah satu baju formal pria bermodel jas yang biasa dilengkapi dengan lengan pendek dan sejumlah saku di bagian depan. Sekalipun diklasifikasikan ke dalam jenis jas, namun baju safari ini umumnya tetap menggunakan model kerah yang berbeda dengan bentuk kerah yang ada pada jas.

Fakta Menarik Baju Safari

Mau tahu seperti apa fakta menarik lainnya yang dimiliki baju safari?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut kamu bagikan beberapa fakta menarik tentang baju safari yang penting kamu ketahui.

1. Asal Usul Baju Safari

Baju safari pertama kali diperkenalkan oleh para penjelajah dan pemburu yang hobi melakukan safari di hutan Afrika pada abad ke-19. Sejak saat itu pula baju telah menjadi simbol gaya yang menggabungkan fungsi, kenyamanan dan ketangguhan.

  • Baju safari sering dikaitkan dengan baju penjelajah dan pemburu.
  • Dengan desainnya yang cenderung longgar baju safari inipun dapat memberikan kenyamanan dan keleluasaan gerak bagi para pemakainya saat berpetualang.

Baju Safari

Sumber : https://www.acontinuouslean.com/

2. Warna Baju Safari

Baju safari biasanya banyak dibuat dalam warna-warna earthy seperti warna coklat, warna khaki atau warna hijau zaitun. Salah satu alasannya yaitu karena warna tersebut dianggap dapat membantu menyamarkan penampilan para penjelajah dan pemburu untuk menyelinap dekat hewan tanpa terlihat.

Baju Safari

Sumber : https://onsafari.com/

Selain dibuat dalam warna-warna earthy terdapat pula baju safari yang dibuat menggunakan warna-warna netral seperti krem, putih, hitam, abu-abu dan coklat, seiring dengan meningkatnya popularitas baju safari itu sendiri.

3. Perkembangan Baju Safari

Baju safari mengalami perubahan desain saat Perang Dunia Kedua. Meski kombinasi yang digunakan terkesan monoton dan cenderung sederhana tetapi desain baju safari umumnya tidak kalah menarik dengan model pakaian pria yang lainnya.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan baju safari dengan model baju yang lain yaitu:

  • Bentuk kerah baju safari dibuat sederhana dengan sedikit variasi agar tetap menonjolkan kesan minimalis.
  • Baju safari mempunyai tiga sampai empat buah saku di sisi depan yang dilengkapi dengan penutup.
  • Baju safari biasanya membentuk garis S atau garis H dan berpotongan sporty (terdapat aksen benang merah di bagian kerah dan bahu).
  • Baju safari memiliki banyak garis hias yang bentuknya sangat beragam, ada yang berupa garis horizontal, vertikal, garis saku dekoratif dan garis lipit dekoratif.

Detail baju safari yang dilengkapi dengan berbagai kantong besar dan kancing yang kuat memungkinkan para penggunanya membawa peralatan penting, seperti peta, kompas, pisau dan kamera dengan mudah di lapangan.

Baju Safari

Sumber : http://www.tselentisgroup.com/

4. Bahannya Cukup Tebal

Untuk pilihan bahannya, baju safari biasa dibuat dari bahan yang tebal seperti kain drill dan kain twill.

  • Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain drill diantaranya:

  • Kain drill tergolong awet, kokoh dan tidak mudah sobek.
  • Kain drill memiliki tekstur kain yang unik. Secara detail pada permukaan kainnya akan tampak tekstur pintalan benang yang membentuk alur diagonal atau garis-garis miring.
  • Warna kain drill tidak mudah pudar meski sudah dicuci dan digunakan berkali-kali.
  • Kain drill tidak mudah kusut.
  • Kain dril memiliki berbagai variasi tingkat ketebalan yang berbeda jadi bisa dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan pemakainya.
  • Kain drill cocok digunakan untuk membuat pakaian formal maupun pakaian casual.
  • Bahannya adem dan memiliki daya serap keringat yang cukup baik.
  • Kain Twill

Kain twill merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan sama dengan bahan drill yaitu berserat garis-garis miring (diagonal) tapi umumnya cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan kain drill. Selain tebal, jalinan benang yang menyusun kain twill ini pada prinsipnya juga lebih kuat dan tahan lama.

5. Teknik Pembuatannya Unik

Baju safari termasuk ke dalam jenis busana yang dibuat dengan teknik semi tailoring yakni hanya bagian tengah mukanya saja yang menggunakan lining penuh, sementara pada bagian tengah belakang menggunakan lining setengah.

  • Teknik menjahit busana semi tailoring cenderung sederhana, tidak banyak menggunakan tangan.
  • Penggunaan bahan pelapis pada busana semi tailoring tidak penuh atau hanya sebagian saja yang dilapis.
  • Karena penggunaan bahan pelapisnya tidak penuh maka gaya atau desain busana semi tailoring inipun umumnya jadi lebih luwes.

Simak juga Pengertian dan Ciri-Ciri Busana Semi Tailoring.

6. Jadi Identitas Para Nasionalis

Khusus di Indonesia sendiri, baju safari dengan empat kantong depan menjadi identitas para nasionalis. Bahkan saat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno pun juga diketahui mengenakan baju safari putih berlengan panjang.

Baju Safari

Sumber : https://www.liputan6.com/

7. Dipakai Untuk Seragam Kerja

Baju safari kerap digunakan oleh instansi-instansi pemerintahan sebagai seragam kerja untuk aparat keamanan seperti security dan paspampers (pasukan pengamanan presiden).

Baju Safari

Sumber : https://bppbj.jakarta.go.id/

8. Jadi Bagian Trend Busana

Selain digunakan sebagai seragam kerja, baju safari perlahan juga mulai diadaptasi ke dalam trend busana bergaya formal yang disukai kaum pria sejak awal abad ke-20. Ketepatan padupadan baju safari akan menciptakan kesan lebih professional dan berwibawa pada berbagai kesempatan formal.

  • Gaya baju safari yang ikonik menjadi pilihan populer untuk pelengkap penampilan sehari-hari para pria.
  • Beberapa merek mode terkenal bahkan telah menghasilkan interpretasi mereka sendiri tentang baju safari yang dapat dikenakan di kota.

Baju Safari

Sumber : https://www.josephturner.co.uk/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang baju safari yang penting kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik tentang baju safari semoga pengetahuan kamu tentang baju safari jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju safari?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan Kain Seragam, Jas, Blazer yang kami miliki yuk. Download juga Pola Baju Safari siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju safari sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.