Article

Homepage Article Kain 7 Jenis Bahan Kain Terbaik…

7 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Celana Jogger

Bosan dengan pilihan celana yang itu-itu saja?. Mungkin kini saatnya bagi anda untuk megupgrade gaya penampilan dengan celana jogger. Celana joger sendiri memanglah bukan model celana yang baru, meski demikian celana jogger cukup sudah sering diandalkan untuk bersantai, hangout, hingga bekerja. 

Terinspirasi dari celana training yang khas, celana jogger sendiri identik dengan bagian bawahnya yang dibuat berkerut. Untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari celana joger inipun juga hadir dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda jadi bisa dengan bebas di pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian Celana Jogger

Celana jogger merupakan sejenis celana yang memiliki tampilan sangat khas yakni berupa karet di pergelangan kaki. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelengkap gaya penampilan, bahan yang digunakan untuk membuat celana jogger minimal harus memiliki karakteristik kuat dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada celana jogger diantaranya:

  • Celana jogger memiliki bentuk yang sangat khas yakni bersiluet ramping pada bagian pergelangan kaki dan dijahit menggunakan karet.
  • Panjang celana joger bervariasi ada yang hanya sebatas betis namun ada juga yang  mata kaki sehingga anda bisa menonjolkan sepatu dengan bebas.
  • Celana jogger dapat dipakai untuk berbagai macam keperluan baik itu untuk hangout, kuliah ataupun bekerja.
  • Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari anda bisa mengenakan celana jogger yang dipadukan dengan sepatu sneakers untuk memberikan sentuhan yang terkesan casual sporty.
  • Saat hang-out anda juga bisa mengenakan celana jogger yang dikombinasikan dengan  kemeja atau cardigan.
  • Sebagai referensi gaya busana saat kuliah dan bekerja, kenakan celana jogger kesayangan anda dengan kemeja berwarna putih dan sweater abu-abu.

Berdasarkan bentuk lingkar pergelangan kakinya, setidaknya dikenal dua macam model celana jogger yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya sehari-hari. Pertama celana jogger dengan karet halus dan yang kedua celana jogger dengan karet mengkerut.

1. Celana Jogger Karet Halus

Bagian bawah celana jogger jenis ini didesain menggunakan karet yang halus, mirip-mirip seperti bahan yang digunakan untuk sweater pada lingkar tangannya. Model celana ini sangat nyaman sekali untuk digunakan karena bahannya yang lembut dan sesuai ukuran kaki.

Celana Jogger

Sumber : https://www.pikrepo.com/

2. Celana Jogger Karet Mengkerut

Celana jogger karet mengkerut bagian bawahnya dijahit menggunakan karet sehingga terlihat mengkerut. Karena terdapat efek kerutan celana ini terasa agak kasar ketika digunakan, jadi untuk memberikan rasa nyaman anda bisa memakai kaos kaki yang panjang.

Celana Jogger

Sumber : https://www.nicepng.com/

Bahan Untuk Celana Jogger

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan bahan celana jogger. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa  kain katun, kain drill, bahan kanvas, kain baby terry dan kain denim yang tentunya memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

1. Kain Katun

Kain katun dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan celana yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton. Karena dibuat dari serat alami maka celana yang dihasilkan akan terasa dingin saat dikenakan namun sayangnya cenderung mudah kusut di bagian lutut dan betis jika dipakai untuk jongkok.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain katun sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Kain katun bertekstur halus, lembut, kuat dan tahan lama.
  • Kain katun memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik dan cepat kering.
  • Kain katun termasuk ke dalam jenis kain yang tidak luntur untuk bahan berwarna.
  • Cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh.
  • Bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya jika dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

Khusus untuk pembuatan celana, kain katun yang bisa dipakai memanglah tidak sebanyak kain katun untuk kemeja ataupun blus wanita. Dalam hal ini anda bisa memilih kain cotton twill yang memiliki ciri khas berupa motif diagonal pada permukaan kainnya.

Sebagai bahan dasar pembuatan celana katun pria yang berkualitas, kain cotton twill sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai warna dan tingkat ketebalan yang berbeda.

Celana jogger yang dibuat dari kain katun sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya casual hingga semi formal. Selain memiliki tekstur lembut dan nyaman dipakai celana ini juga cukup kuat dan dapat diandalkan dalam segala cuaca.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

2. Kain Drill

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain ini biasanya terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester sehingga sangat nyaman dipakai untuk celana jogger maupun seragam.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain drill sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Kain drill bersifat sangat lembut, kuat, tahan kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.
  • Permukaan kain drill antara bagian depan dan belakang berbeda.
  • Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill dibagi menjadi tiga jenis, kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).
  • Kualitas dan harga kain drill biasanya menyesuaikan dengan bahan dasarnya. Semakin banyak kadar katunnya maka harga celananya juga semakin mahal.

Celana jogger yang dibuat dari kain drill bisa anda pakai untuk pelengkap gaya casual hingga semi formal. Selain lembut dan tahan kusut celana ini juga cukup nyaman dipakai dan dapat diandalkan dalam segala cuaca.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jogger?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Drill kami Di Sini.

3. Bahan Kanvas

Bahan kanvas merupakan jenis kain yang bertekstur tebal dan berat serta memiliki motif benang yang terlihat jelas. Bila dibandingkan dengan jenis bahan celana yang lainnya, kain kanvas tentu memiliki banyak sekali kelebihan yang juga menjadi ciri khas dari bahan kanvas itu sendiri.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa bahan kanvas sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Bahan kanvas memiliki tekstur yang kuat dan tebal.
  • Bahan kanvas cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin karena mampu membuat suhu tubuh tetap stabil dan hangat.
  • Bahan kanvas terbilang cukup awet karena tidak mudah robek dan tidak mudah rusak.
  • Bahan kanvas tidak mudah kusut walau digunakan berulang kali untuk aktivitas yang berat sekalipun.
  • Bahan kanvas mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga lumayan cepat.

Dibalik semua kalebihan yang ditawarkannya, ternyata bahan kanvas juga memiliki kelemahan atau kekurangan tersendiri. Jika bahan kanvas yang digunakan untuk membuat celana jogger kualitasnya kurang baik, maka warna celana  justru akan memudar dan tidak terlihat bagus.

Khusus untuk pembuatan celana jogger, bahan kanvas yang digunakan secara umum tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa bahan kanvas marsoto dan baby canvas yang menawarkan banyak keunggulan.

Bahan kanvas marsoto merupakan jenis bahan kanvas yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Kain ini juga memiliki ciri khas lain yakni bertekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

  • Kain Baby Canvas

Kain baby canvas sendiri dapat dijumpai dalam dua varian yang berbeda yakni kain baby canvas katun dan kain baby canvas TR

Kain baby canvas katun merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik yakni bertekstur halus, lebih tipis dan tidak kaku bila dibandingkan bahan kanvas lainnya.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

Sama halnya dengan kain baby canvas katun, kain baby canvas TR ini juga mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku bila dibandingkan bahan kanvas lainnya.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

Sama halnya dengan celana jogger berbahan katun, celana jogger yang dibuat dari kain kanvas juga sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya casual hingga semi formal. Dengan karakteristik bahannya yang lembut dan nyaman dipakai celana ini juga dapat diandalkan dalam segala cuaca.

Celana Jogger

Sumber : https://unsplash.com/

4. Kain Baby Terry

Kain baby terry dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang unik dan berbeda dengan jenis kain lainnya. Keunikannya bahan yang satu ini umumnya terletak pada teksturnya yang sangat lembut karena sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat jenis kain ini terbuat dari cotton (katun atau serat kapas).

Sekalipun didominasi oleh bahan katun tapi komposisi penyusun bahan baby terry ini sebenarnya sangat tergantung dari produsen kainnya lho. Beberapa ada yang dibuat dari 100 % cotton tapi ada juga yang dibuat dari 80 % cotton dan 20 % poly terry loop.

  • Bahan kain baby terry cukup terkenal akan kelembutannya memiliki pola (loop) tertentu yaitu looped texture.
  • Bila dilihat lebih dekat lagi pola ini terlihat seperti bulatan, lingkaran ataupun cincin kecil-kecil pada permukaan kainnya.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain baby terry sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Kain baby terry teksturnya sangat halus, ringan dan lembut.
  • Memiliki daya serap keringat yang sangat baik karena bahan dasar baby terry umumnya berasal dari serat kapas atau cotton.
  • Daya serap keringat dari bahan baby terry tergolong tinggi karena memiliki rongga-rongga kecil pada permukaan kainnya.
  • Kain baby terry bersifat menghangatkan karena memiliki bulu-bulu halus pada bagian dalam kain.
  • Kain baby terry memiliki cukup banyak varian warna yang tidak kalah menarik dari bahan celana lainnya.

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya kain baby terry sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan, sekalipun kelebihan kain kain beby terry lebih banyak dibanding kelemahannya.

  • Kain baby terry terkenal akan sifat seratnya yang kurang rapat, ringan, serta cenderung kurang tebal jadi sangat rentan rusak bila dirawat dengan cara yang kurang tepat.
  • Kain baby terry cenderung mudah melar karena terlalu banyaknya rongga-rongga kecil yang terdapat pada baby terry.

Celana Jogger

Sumber : https://www.etsy.com/

Celana jogger yang dibuat dari kain baby terry sangat cocok digunakan untuk melengkapi gaya sporty anda. Berkat permukaan dalam bahannya yang lembut dan bertekstur, kain baby terry mampu menyerap keringat dengan baik.

5. Kain Denim

Kain denim dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Kain ini umumnya terbuat dari bahan alam yaitu serat kapas yang dibuat kasar dan ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu sesuai kebutuhan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain denim sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Tenunan kain denim merupakan salah satu jenis kain yang terbilang kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Selain bahannya kuat dan tahan lama kain denim juga sangat nyaman digunakan untuk beraktifitas.
  • Kain denim bersifat menghangatkan karena jenis kainnya yang relatif tebal.
  • Kain denim memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah.
  • Kain denim tidak mudah sobek ketika dikenakan karena model dan teksturnya yang tebal.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

Celana jogger yang dibuat dari kain denim menjadi salah satu jenis celana paling tepat yang bisa anda pakai untuk tampil keren saat santai. Selain itu andda juga bisa tetap stylish saat pergi berbelanja tanpa membutuhkan banyak persiapan yang melelahkan.

Celana Jogger

Sumber : https://www.pexels.com/

Butuh kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jogger?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim kami Di Sini.

6. Kain Fleece

Kain fleece termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik lembut, hangat dan sedikit berbulu pada bagian permukaannya. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa kain fleece sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Kain fleece cenderung bersifat elastis dan harganya relatif murah.
  • Meski dalam kondisi basah kain fleece dapat bekerja dengan baik sebagai insulator tubuh.
  • Sebagai bahan celana jogger kain fleece dikenal lebih cepat kering.
  • Memiliki kemampuan breathability yang cukup baik sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada saat digunakan.

Sebagai bahan celana jogger, kain fleece sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam varian  mulai dari fleece polyester, fleece cotton, fleece micro, fleece polar hingga fleece bamboo yang bisa anda pilih dengan bebas sesuai dengan kebutuhan.

Celana Jogger

Sumber : https://www.pxfuel.com/

7. Bahan Spandek

Bahan spandek merupakan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti halnya nilon atau polyester. Bahan kain yang juga dikenal dengan nama lain elastane ini umumnya cenderung bersifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa bahan spandek sangat cocok dijadikan bahan celana jogger diantaranya:

  • Bahan spandek kebanyakan bersifat halus dan lembut.
  • Bahan spandek tidak mudah kusut atau berkerut sehingga cara perawatannya cenderung sangat mudah.
  • Bahan spandek memiliki tampilan yang tetap terkesan rapi tanpa harus disetrika.
  • Bahan spandek tahan terhadap keringat, air laut, suntan lotion, sinar ultraviolet dan minyak dari kulit.
  • Bahan spandek tidak akan cepat pudar karena memiliki ketahanan warna yang lebih tinggi.

Butuh bahan kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jogger?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain spandek dari kami.

Celana Jogger

Sumber : https://fitinline.com/

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan celana jogger di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan celana jogger yang berkualitas, pastikan anda selalu menggunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat, mudah dalam hal perawatannya dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan celana joger yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Buat anda yang kebetulan sedang mencari bahan untuk celana, sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.