Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan Jaket Pria…

10 Kelebihan Jaket Pria dan Wanita Yang Dibuat Dari Bahan Micro

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat jaket namun tetap membuat anda merasa nyaman saat melakukan aktivitas?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih bahan micro yang menawarkan banyak keunggulan. Selain karena kualitas bahannya memang bagus, bahan micro juga bisa menimbulkan kesan eksklusif pada jaket lho.

Pengenalan Bahan Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi pada prinsipnya kain ini juga memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan untuk beraktifitas.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain micro diantaranya:

  • Kain micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil.
  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat bahan ini sangat halus dan lembut.
  • Kain micro akan terasa sangat hangat saat digunakan di lingkungan terbuka karena memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin sekalipun permukaannya tampak lembut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan jaket bomber biasanya tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika setelah dicuci dan dikeringkan.

Bahan Micro Untuk Jaket

Sebagai bahan pembuatan jaket pria dan jaket wanita yang berkualitas, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain yang dimaksud yakni berupa kain microfiber, kain micro bintik (MG), kain micro WP / despo WR (MG) serta kain micro ripstop (WR).

1. Kain Microfiber

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

2. Kain Micro Bintik (MG)

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain micro bintik sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket bomber.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

3. Micro WP / Despo WR (MG)

Kain micro WP merupakan sejenis bahan micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof). Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

4. Kain Micro Ripstop (WR)

Kain micro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Bahan Micro

Sumber : https://fitinline.com/

Kelebihan Jaket Micro

Berkeinginan untuk membeli jaket berbahan micro dan butuh banyak masukan terkait bahan yang satu ini?. Sebanding dengan kualitas bahannya, jaket pria dan wanita yang dibuat dari bahan micro umumnya juga menawarkan lebih banyak keunggulan dari pada jaket yang dibuat dari bahan lain.

1. Awet dan Tahan Lama

Jaket yang dibuat dari bahan micro tergolong awet dan tahan lama karena memang faktanya diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan berkaitan dengan nanoteknologi.

  • Jaket berbahan dasar micro terkenal akan durabilitas dan kekuatannya.
  • Jaket berbahan micro tahan terhadap debu, sinar matahari, air dan goresan.
  • Dengan pemakaian yang tepat, jaket berbahan micro bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Bahan Micro

Sumber : https://www.macys.com/

2. Bahannya Halus dan Licin

Jaket micro cenderung terasa licin dan halus karena alur serat pada bahan ini yang benar-benar kecil, bahkan bisa lebih bagus dan halus dari kain parasut.

  • Dengan memanfaatkan bahan micro sebagai bahan utamanya jaket yang dihasilkan cenderung lebih nyaman saat dipakai.
  • Jaket berbahan micro yang halus sangat mudah dipadupadankan dengan fashion item lain sesuai kebutuhan pemakainya.

Bahan Micro

Sumber : https://lee-hanton.myshopify.com/

3. Terasa Ringan Saat Digunakan

Jaket pria dan jaket wanita yang dibuat dari bahan micro umumnya terasa lebih ringan dan nyaman saat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan dibandingkan dengan jaket yang dibuat dari jenis kain lainnya.

4. Bersifat Menghangatkan

Jaket dengan bahan micro memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh karena bahan micro sendiri juga sering dikombinasikan dengan kain tambahan di dalamnya. Bahan tambahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Cotton Combed yang memiliki karakteristik yang halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).
  • Kain Polar yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada permukaan bagian dalam dan luarnya.
  • Kain dormeuil berbahan polyester yang biasa digunakan untuk kantong maupun untuk pelapis jas, jaket pria maupun jaket wanita.
  • Kain Jala Furing yang memiliki bentuk seperti layaknya sebuah jaring atau jala.
  • Kain Katun yang bertekstur halus, lembut, kuat, tahan lama dan dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Kain Parasut Tipis yang sangat halus dan lembut, tidak memiliki lapisan anti air, tipis dan tidak mengkilap.
  • Quilting padding yang biasa dibuat dari kombinasi parasut dan lembaran dakron di bagian bawahnya sesuai ukuran 1 Oz, 4 Oz atau 6 Oz.
  • Bahan Hyget yang memiliki karakteristik mengkilap, tidak mudah kusut tapi sedikit panas.
  • Kain Peles memiliki karakteristik ringan, cenderung tipis, mengkilap dan kesat jika di raba.

5. Tidak Mudah Kusut

Jaket micro memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi karena karakteristik bahannya tidak mudah kusut walau sudah sering dipakai berkali-kali. Tanpa harus mendapatkan perlakuan khusus jaket pria dan jaket wanita yang diciptakan dari bahan micro akan selalu tampak keren.

  • Jaket pria dan jaket wanita yang dibuat dari bahan micro bisa dipakai untuk acara resmi hingga casual.
  • Jika dipakai untuk kegiatan sehari-hari jaket ini juga sangat nyaman karena tidak mudah kusut.

Bahan Micro

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Aman Untuk Kulit Sensitif

Jaket yang dibuat dari bahan micro umumnya juga aman digunakan untuk orng yang berkulit senditif tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi. Hal itu dikarenakan bahan micro benar-benar aman digunakan untuk membuat bermacam-macam model jaket.

7. Cocok Untuk Aktifitas Outdoor

Jaket yang dibuat dari bahan micro akan terasa sangat hangat jadi sangat ideal dan cocok digunakan di lingkungan terbuka sekalipun.

  • Jaket yang dibuat dengan menggunakan bahan micro biasanya lebih banyak dipakai untuk aktivitas outdoor ataupun lapangan.
  • Jaket ini biasanya diminati para laki-laki yang suka touring karena bahannya yang kuat mampu menahan hembusan angin agar tidak masuk tubuh.
  • Terkadang jaket yang dibuat dari bahan micro juga digunakan untuk training olahraga.

Bahan Micro

Sumber : https://www.shopstyle.com/

8. Pilihan Warnanya Banyak

Jaket berbahan dasar micro umumnya memiliki cukup banyak varian warna. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi ada juga yang dibuat dalam warna cerah.

  • Jaket berbahan micro mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan jaket, kain micro juga dikenal memiliki warna yang terkesan cantik dan tidak kalah menarik dari bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat banyak orang lebih tertarik untuk mengenakannya.

Bahan Micro

Sumber : https://www.overstock.com/

9. Sangat Mudah Dibersihkan

Jaket berbahan micro termasuk ke dalam jenis jaket yang mudah untuk dibersihkan. Caranya cukup dilap dengan kain lembab untuk mengurangi debu yang menempel setelah lama dipakai.

  • Bila anda ingin mencuci jaket micro gunakan sabun tanpa detergent seperti shampoo atau sabun bayi. Jangan menggunakan detergent berbahan keras karena bisa merusak bahan micro.
  • Kucek jaket micro dengan menggunakan tangan dan sikat yang berbulu lembut. Jika masih ada noda yang menempel sikatlah perlahan dan searah alur serat kain.
  • Bilas jaket micro hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal, untuk mengeringkannya anda cukup meremas dan menekannya jangan dipelintir.

10. Lebih Cepat Kering

Sesuai dengan karakteristik bahannya yang mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan, jaket  pria dan jaket wanita yang dibuat dari bahan micro umumnya juga cenderung lebih cepat kering dibanding jaket lainnya.

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan jaket micro bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.
  • Dengan cara diangin-anginkan sejenak semalaman, jaket micro yang anda miliki sudah bisa dipakai lagi.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita jaket yang dibuat dari bahan micro sendiri umumnya memiliki tampilan yang menarik dan dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup bervariasi. Jaket yang dimaksud antara lain berupa jaket bomber, jaket varsity, jaket parka,  jaket harrington, jaket sukajan dan jaket windbreaker.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber yang dikenal juga dengan nama lain “flight jaket” sebenarnya merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer namun pada perkembangannya juga mulai dipakai untuk item pelengkap fashion.

Jaket bomber memiliki ciri khas berupa desain yang menggembung atau bulky.

  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber memiliki saku yang dibuat menyerong di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.

Bahan Micro

Sumber : https://lee-hanton.myshopify.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami Di Sini.

2. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan jaket yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika. Jaket ini biasanya memakai kancing dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan.

  • Jaket varsity memiliki kancing (resleting untuk opsi) di bagian depan mulai dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket varsity biasanya dibuat dengan dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta bagian badan.
  • Jaket varsity kebanyakan memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch kain atau bordir.
  • Jaket varsity umumnya dilengkapi dengan bur yang berwarna sama pada bagian leher yang sekaligus berfungsi sebagai kerah, ujung lengan dan bagian bawahnya.
  • Jaket varsity memiliki dua buah saku miring tanpa penutup di kedua sisi perut.

Bahan Micro

Sumber : https://rockthedragon.co.uk/

Tertarik untuk membuat jaket varsity sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity dari kami Di Sini.

2. Jaket Parka

Jaket parka merupakan jenis jaket yang didesain dengan panjang sebatas lutut. Pada beberapa jenis jaket parka ada pula yang dihiasi dengan tudung bulu berlapis dan dilengkapi dengan manset serta drawstrings di pinggang.

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pada umumnya bahkan ada yang mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku untuk menyimpan barang berharga di bagian badan depan.
  • Jaket parka memiliki hoodie yang bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala.

Bahan Micro

Sumber : https://www.propermag.com/

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dari kami Di Sini.

3. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan sebuah jaket yang berukuran panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki ciri khas bermotif kotak-kotak di bagian dalamnya.

  • Jaket harrington termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup ringan.
  • Jaket harrington yang dibuat dari kain micro sangat cocok digunakan dalam berbagai kesempatan tergantung kreatifitas pemakainya.
  • Jaket harrington biasanya dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket.
  • Jaket harrington umumnya tidak memiliki hoodie tapi memiliki kerah untuk menghangatkan bagian leher.
  • Untuk membuka dan menutup jaket terdapat resleting di depan yang memanjang dari ujung bawah sampai ujung leher.
  • Jaket harrington juga memiliki saku dengan kancing di kedua sisi penutupnya jadi sangat aman untuk digunakan membawa benda-benda berharga.

Bahan Micro

Sumber : https://www.endclothing.com/

4. Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan sebuah jaket yang memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok.

  • Dari segi desain jaket sukajan sebenarnya banyak mengadopsi bentuk jaket varsity.
  • Jaket sukajan juga menggunakan bur pada bagian lengan, leher dan pinggang.
  • Biasanya warna bur yang digunakan pada jaket sukajan selalu di sesuaikan atau dipadukan dengan warna kain jaketnya.
  • Jaket sukajan yang asli kebanyakan memiliki desain bordiran yang terkesan vintage dan terlihat lebih simpel, karena di kerjakan secara manual (handmade).
  • Jaket ini biasanya hanya menampilkan bordiran hewan-hewan atau kebudayaan yang ada di Jepang.

Bahan Micro

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker merupakan sejenis jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Khusus di negara Inggris jaket windbreaker ini konon dikenal juga dengan nama lain windcheater.

  • Jaket windbreaker biasanya menggunakan karet pada bagian pergelangan tangannya jadi angin yang masuk ke bagian dalam jaket bisa diminimalisir.
  • Jaket windbreaker tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan. Meski demikian jaket ini  masih lumayan cukup bagus dipakai saat trekking atau traveling.
  • Untuk membuka dan menutup belahan jaket terdapat sebuah resleting yang dipasang pada bagian badan depan.
  • Jaket windbreaker standar biasanya memiliki kerah yang berfungsi untuk melindungi leher namun ada juga yang menggunakan hoodie untuk melindungi bagian kepala.
  • Terdapat pula beberapa produsen jaket yang mengeluarkan model jaket windbreaker dengan beberapa fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian lengan atau bagian dalam jaket.

Bahan Micro

Sumber : https://www.ebay.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan dari jaket berbahan micro yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki jaket micro tersebut semoga  kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan jaket yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Khusus untuk anda yang ingini membuat jaket tapi masih dimana anda bisa mendapatkan bahan kainnya sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.