Article

Homepage Article Fashion Design 7 Istilah Fashion Dalam…

7 Istilah Fashion Dalam Bahasa Perancis dan Artinya

Sering menjumpai kata-kata atau istilah yang membingungkan ketika anda sedang membaca majalah, buku atau artikel tentang fashion?. Untuk menambah wawasan anda berikut kami bagikan beberapa istilah fashion dalam bahasa Perancis yang penting untuk anda ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion

Ditinjau dari asal bahasanya kata fashion yang dalam bahasa latin lebih dikenal dengan “factio” sebenarnya memiliki arti “melakukan”. Kata tersebut kemudian diserap menjadi “fashion” dalam bahasa  Inggris dan dapat diartikan sebagai gaya yang populer untuk menunjang penampilan seseorang.

Terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari terdapat pula berbagai istilah fashion yang diadaptasi dari berbagai macam bahasa di dunia, salah satunya bahasa Perancis yang penting untuk diketahui jika anda ingin menggeluti dunia fashion ataupun memiliki passion di bidang tersebut.

Istilah-Istilah Fashion

Beberapa contoh kata-kata atau  istilah fashion dalam bahasa Perancis yang cukup populer diantaranya:

1. Prêt à Porter

Prêt à porter yang juga dikenal dengan ready to wear dalam bahasa Inggris merupakan istilah fashion yang biasa digunakan untuk menyebutkan busana siap pakai yang berkualitas tinggi. Maksud dari istilah siap pakai disini yaitu saat dibeli busana bisa langsung dipakai.

Beberapa karaktesitik paling khas yang membedakan busana prêt à porter dengan koleksi busana lainnya yaitu:

  • Busana prêt à porter / ready to wear biasa dirancang menggunakan standar pengukuran umum.
  • Busana prêt à porter / ready to wear tidak membutuhkan fitting berkali-kali sampai ukurannya pas dengan ukuran tubuh.
  • Busana prêt à porter / ready to wear konstruksinya cenderung jauh lebih minimalis dan bahan bakunya juga lebih nyaman saat dikenakan untuk keperluan sehari-hari.

Istilah Fashion

Sumber : https://sukhomlinova.tumblr.com/

Berdasarkan visual dan volumenya busana yang dibuat dengan sistem ready to wear sendiri masih dapat dibedakan lagi dalam dua kategori.

  • Pertama ada busana ready to wear deluxe yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan busana yang wearable tapi tetap berkelas.
  • Kedu ada mass product alias koleksi suatu label yang diproduksi secara masal dalam jumlah lebih banyak dari kuantitas produksi pada umumnya.

Simak juga pembahasan mengenai Ciri Khas Busana Ready to Wear atau Pret-a-Porter kalau anda mau tahu lebih banyak tentang karakteristik busana prêt à porter / ready to wear.

2. À la mode

Istilah à la mode dalam fashion memiliki arti sesuatu yang up to date. Dengan kata lain istilah à la mode ini menunjuk pada sesuatu yang trendy dan digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat fashionable.

3. Haute Couture

Istilah “haute couture” dalam fashion sebenarnya diambil dari bahasa Perancis “haute” yang berarti “tinggi” dan “couture” yang berarti “tata busana”. Istilah tersebut dapat juga dimaknai sebagai high sewing quality dan high craftmanship karena dibuat dengan teknik menjahit tingkat tinggi.

Istilah Fashion

Sumber : https://www.dezeen.com/

Penggunaan istilah haute couture pada rancangan busana yang dibuat dengan teknik menjahit tingkat tinggi inipun tidak bisa sembarangan, karena dilindungi hukum dan harus memenuhi syarat tertentu. Lebih jelasnya simak kembali 4 Syarat Merilis Busana Haute Couture.

Kalau anda mau tahu lebih detail tentang apa itu haute couture simak juga 11 Fakta Menarik Seputar Haute Couture.

4. Avant Garde

Istilah avant garde merupakan bentuk kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat kreatif, unik dan eksperimental atau inovatif dalam desain serta teknik pengerjaannya.

  • Dalam konteks seni avant-garde berarti sebuah terobosan baru dalam pembuatan karya seni.
  • Dalam konteks fashion avant-garde berarti rancangan yang tidak mengikuti trend, namun menekankan pada eksperimen yang dilakukan seorang desainer.

Istilah Fashion

Sumber : https://www.nytimes.com/

Beberapa karaktesitik paling khas yang membedakan busana avant garde dengan koleksi busana lainnya yaitu:

  • Busana avant garde cukup mudah dikenali, karena sangat tidak “umum” dan jauh dari kata mainstream.
  • Busana avant garde terbilang mencolok sehingga kerap menarik perhatian.
  • Busana avant garde dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan desain, brand, maupun nama dari desainer itu sendiri.

Gaya avant garde sendiri pertama kali dikenalkan oleh Pierre Cardin, salah satu perancang busana terbesar dunia. Kalau dalam industri hiburan, selebriti yang sering menggunakan busana avant garde adalah Lady Gaga.

5. Croquis

Istilah croquis dalam Prancis memiliki arti sketsa. Sementara dalam dunia tata busana istilah ini biasa digunakan untuk mendefinisikan sketsa ringkas dari sebuah figur atau rangka tubuh manusia.

  • Croquis sangat diperlukan sebagai model dalam pembuatan sebuah desain fashion.
  • Tujuan dibuatnya croquis yaitu untuk mempermudah seorang desainer dalam mempresentasikan busana yang akan di buat.

Istilah Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bergantung pada kebutuhan designer dalam mempresentasikan busana, croquis sendiri secara umum dapat diciptakan dalam berbagai ukuran dan dinyatakan dalam satuan head. Satu head diukur sama dengan satu bagian kepala.

  • Croquis Asia pada umumnya terdiri atas 8 head tapi khusus di Indonesia dan Jepang terbagi atas 8,5 head.
  • Croquis Eropa dan Amerika biasanya terbagi atas 9 head dan 10 head.

Ukuran croquis yang cenderung tidak realistis untuk ukuran manusia ini sengaja dibuat untuk menegaskan detail dan bentuk dari sebuah desain busana, sekaligus menambahkan kesan elegan pada visual atau tampilan suatu busana.

Untuk mengetahui bagaimana cara mudah menggambar croquis, simak kembali pembahasan mengenai 7 Cara Praktis Menggambar Sebuah Croquis.

6. Vogue

Kata “vogue” dalam bahasa Perancis berarti tren atau gaya yang sedang diminati oleh masyarakat luas. Jadi, istilah fashion populer yang satu ini memiliki makna bahwa produk fashion yang dimaksud sedang “dalam trend”.

  • Istilah vogue memiliki arti yang mirip dengan à la mode, yakni sesuatu yang fashionable atau populer.
  • Ketika sebuah fashion item disebut in vogue atau the vogue, berarti item tersebut sedang populer pada saat itu.

Istilah Fashion

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Chique

Istilah “chique” dalam bahasa Perancis memiliki arti keanggunan atau berkelas. Chique ini menggambarkan seseorang yang stylish tanpa mengikuti trend pakaian pada masa tertentu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah istilah fashion dalam bahasa Perancis lengkap dengan artinya masing-masing yang dapat kami rangkum untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang istilah penting lainnya yang biasa digunakan dalam dunia fashion simak terus artikel dari kami ya.

Untuk belajar tentang fashion design anda bisa juga mendownload E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.