Article

Homepage Article Fesyen Muslim 15 Model Sajadah Yang Bisa…

15 Model Sajadah Yang Bisa Anda Pilih Untuk Pelengkap Keperluan Sholat

Menggunakan sajadah sebagai alas sholat mungkin kerap dianggap sebagai suatu hal yang biasa untuk beberapa orang. Padahal penggunaan sajadah tersebut sebenarnya sangat dianjurkan karena memiliki beberapa keutamaan lho. Selain dibuat dalam bentuk lembaran kini ada juga inovasi sajadah sandar yang bisa anda pakai untuk beribadah. 

Definisi Sajadah

Sajadah dapat didefinisikan sebagai alat pelengkap sholat yang terbuat dari bahan kain dan biasanya dihias dengan banyak gambar atau corak bernafaskan Islam. Dalam bahasa Arab sajadah biasa disebut dengan nama “sajjāda” atau “musallah” sementara dalam bahasa Persia lebih terkenal dengan nama “janamaz”. 

Sajadah

Sumber : https://www.blibli.com/

Khusus di Indonesia sendiri penggunaan sajadah ketika melaksanakan ibadah sholat konon sudah berlangsung sejak lama. Bukan hanya dimaknai sebagai alas untuk sholat saja tetapi sajadah juga bisa dijadikan sebagai tempat sujud terbaik dimana seorang muslim bisa memohon dan beribadah dengan khusyuk.

Sajadah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Fungsi Sajadah

Kehadiran sajadah menjadi penting karena disetiap sholat semua umat muslim pasti selalu menggunakannya. Meski kelihatannya sepele tetapi penggunaan sajadah saat beribadah umumnya juga memiliki beberapa keutamaan yang mungkin tidak disadari banyak orang, beberapa diantaranya:

  1. Sebagai alas sholat sajadah jelas berfungsi untuk menghalangi sesuatu salah satunya dari najis. Najis yang dimaksud bisa berasal dari kotoran cicak, tikus, ompol anak kecil atau sumber najis lainnya.
  2. Fungsi sajadah berikutnya yaitu sebagai pembatas yang tidak terlihat dari suatu sumber najis. Walaupun letak najis itu cukup jauh akan lebih baik jika anda menggunakan sajadah sebagai alas sholat.
  3. Saat melaksanakan sholat Idul Fitri maupun sholat Idul Adha di lapangan, di halaman masjid atau tempat lain yang terbuka sajadah bisa difungsikan sebagai alas dari panasnya tanah atau lantai.
  4. Dengan menggunakan sajadah yang memisahkan antara bagian bawah dengan bagian atas yang lebih bersih sajadah bisa dijadikan tempat sujud terbaik untuk menghindarkan kemngkinan adanya hadast.
  5. Sajadah dengan kualitas bahan yang baik akan menambah khusyuk ibadah seseorang. Untuk menunjang aktivitas ibadah, anda tidak harus membeli sajadah yang mahal cukup pilih yang kualitasnya bagus.
  6. Sajadah yang bersih, wangi dan terawat dengan baik akan memberikan rasa nyaman dan tenang pada pemakainya dalam menjalankan ibadah sholat.
  7. Sajadah dapat digunakan sebagai pembatas sekaligus jarak area sholat. Hal ini dimaksudkan agar seseorang tidak melewati tempat sujud orang lain yang sedang menunaikan ibadah sholat.
  8. Sajadah dapat memberikan anda titik fokus ketika sholat yakni dengan melihat satu titik tepat di atas kubah masjid yang biasanya ada di gambar atau motif sajadah.

Model Sajadah

Dibandingkan dengan sajadah yang berkembang di masa lalu, model sajadah yang ada sekarang ini umumnya jauh lebih banyak jenisnya. Beberapa ada yang dibuat panjang dan lebar untuk digunakan di masjid-masjid sedangkan untuk perorangan ukurannya biasa dibuat lebih kecil dan praktis.

Berencana membeli sajadah baru untuk pelengkap ibadah sholat tapi masih bingung menentukan modelnya yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih sajadah berikut kami bagikan beberapa model sajadah masa kini yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Karpet Sajadah

Karpet sajadah merupakan sajadah berbentuk permadani yang biasa digunakan sebagai penutup lantai di masjid. Bahan yang digunakan untuk membuat karpet sajadah ini pun cukup beragam ada yang dibuat dari bahan sutra, wol (bulu lembu), kulit binatang, nylon serta polypropylene atau serat plastik.

Sajadah

Sumber : https://www.blibli.com/

Sebagai bahan utama karpet sajadah, masing-masing bahan tersebut umumnya mempunyai kualitas dan harga yang jelas berbeda. Mahalnya harga sajadah yang ditawarkan biasanya sangat tergantung pada kualitas bahan yang dipakai dan lamanya waktu yang diperlukan untuk membuat karpet sajadah itu sendiri.

Supaya karpet sajadah yang anda miliki tetap awet pastikan cara perawatannya juga sudah tepat ya. Beberapa hal terpenting yang harus diperhatikan untuk merawat karpet sajadah diantaranya:

  1. Bersihkan karpet sajadah secara rutin dengan vacum cleaner.
  2. Sedot debu-debu yang menempel pada karpet sajadah minimal 2 kali dalam seminggu.
  3. Pastikan kaki anda tidak basah ketika menggunakan karpet sajadah tersebut.
  4. Jangan membawa makanan atau minuman dengan beralaskan karpet sajadah.
  5. Jika karpet sajadah sudah terlanjur terkena remah-remah makanan, segera vacum cleaner karpet agar remahan dapat dihilangkan dengan mudah.  
  6. Jangan gunakan karpet sajadah sebagai alas suatu benda.
  7. Setiap selesai menggunakan karpet sajadah, segera gulung karpet sajadah dengan bagian gambar berada di dalam gulungan.

Sajadah Batik

Dengan memadukan antara warisan budaya lokal yang luhur dan fungsi sajadah sebagai perlengkapan ibadah, saat ini sejumlah produsen alat sholat juga banyak yang mulai mempopulerkan sajadah batik dalam berbagai variasi warna, motif dan ukuran yang berbeda-beda. Harga sajadah bergantung pada kualitas bahannya.

Sajadah

Sumber : https://www.pricearea.com/

Teknik pembuatannya yang khas ditambah dengan pola batik yang unik akan membuat sajadah batik menjadi lebih menarik. Selain digunakan untuk mendukung kegiatan ibadah, sajadah batik bahkan juga sering digunakan untuk souvenir pernikahan, oleh-oleh haji dan umroh, souvenir tahlilan, pengajian dan masih banyak lagi.

Sajadah

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Sajadah Turki

Sajadah Turki termasuk ke dalam salah satu jenis sajadah yang punya banyak keunggulan. Salah satu keunggulan dari sajadah ala Turki ini yaitu terletak pada bahan dan warnanya yang terang sehingga membuat sajadah ini cukup ideal untuk dipakai di kondisi gelap khususnya pada malam hari.

Selain memiliki warna yang terang sajadah Turki biasanya juga dilengkapi dengan kompas penunjuk kiblat dengan tujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam menentukan arah kiblat secara akurat. 

Sajadah

Sumber : https://www.pricearea.com/

Supaya sajadah turki yang anda miliki tetap awet anda bisa menerapkan teknik perawatan sebagai berikut:

  1. Sebelum mulai mencuci sajadah pastikan anda selalu membaca aturan mencuci yang terdapat pada label.
  2. Beberapa sajadah berbahan lembut kemungkinan tidak dapat dicuci dengan air dan deterjen karena akan merusak bahan tersebut. Solusinya gunakan teknik dry clean saja.
  3. Atasi noda pada sajadah dengan cairan pembersih noda. Tapi ingat pastikan cairan tersebut tidak akan merusak atau menghilangkan warna alami dari sajadah.
  4. Untuk menghilangkan kotoran pada sajadah rendam sajadah tersebut dalam air dingin yang sudah dicampur sabun cuci.
    • Tekan-tekan hingga seluruh bagian sajadah benar-benar basah.
    • Diamkan selama sekurangnya 30 menit atau satu jam.
  5. Bilas sajadah dengan air dingin hingga bersih lalu gulung sajadah dan peras agar kandungan air berkurang. Jangan memeras atau memelintir sajadah karena dapat merusak bahannya.
  6. Hamparkan sajadah di atas permukaan yang datar lalu angin-anginkan hingga kering. Selain itu anda juga bisa menggantung sajadah di atas kawat jemuran.
  7. Setelah sajadah kering anda bisa langsung menggunakannya untuk sholat atau menyimpan sajadah jika tidak ingin langsung digunakan.

Sajadah Bludru

Sajadah bludru menjadi model sajadah berikutnya yang paling laris dipasaran. Bahan bludru yang dipakai pada sajadah ini umumnya memiliki tekstur yang sangat halus, rata dan relatif ringan. Sangat cocok untuk dibawa traveling jarak jauh karena karakteristik bahannya yang tipis tidak memakan banyak tempat penyimpanan.

Untuk merawat sajadah bludru agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba cara perawatan sebagai berikut:

  • Sebelum mulai mencuci sajadah pastikan anda selalu membaca aturan mencuci yang terdapat pada label.
  • Gunakan sikat khusus bludru atau sikat gigi berbulu lembut untuk merontokkan debu dan kotoran yang ada pada sajadah.
  • Jika sajadah anda terkena noda atasi noda pada sajadah tersebut dengan cairan pembersih noda. Untuk menghilangkan kotoran anda bisa merendam sajadah tersebut dalam air dingin yang sudah dicampur sabun cuci.
  • Bilas sajadah dengan air dingin hingga bersih lalu gulung sajadah dan peras agar kandungan air berkurang, jangan memeras atau memelintirnya.
  • Jemur sajadah dengan cara menggantungnya di atas kawat jemuran lalu biarkan hingga benar-benar kering.
  • Setelah sajadah kering rapikan bulu-bulu halus yang terdapat pada permukaan bludru.
  • Sampai di sini anda bisa langsung menggunakan sajadah untuk alas sholat atau menyimpan sajadah jika tidak ingin langsung digunakan.

Sajadah Busa

Bagi anda yang lebih memprioritaskan kenyamanan dalam ibadah coba pilih saja sajadah busa. Dengan adanya busa yang terkandung di dalam sajadah, maka bentuk sajadah yang ditampilkan secara otomatis akan menjadi lebih tebal dan sangat pas dipakai untuk berlama-lama ketika sholat.

  • Dipilihnya busa sebagai material sajadah dinilai lebih nyaman ketika digunakan.
  • Sajadah tebal yang dibuat dari bahan busa tidak akan membuat kaki terasa sakit.
  • Dari sisi kualitasnya sajadah busa terkenal awet dan tidak mudah kempes.

Dibandingkan dengan model sajadah yang lainnya, sajadah busa juga termasuk ke dalam jenis sajadah tebal yang paling populer di kalangan anak-anak. Tekstur sajadah tebal yang empuk, membuat mereka betah untuk beribadah atau sekadar duduk-duduk santai di atasnya.

Sajadah Sulam

Sajadah sulam merupakan sajadah yang lebih cocok dipakai untuk keperluan-keperluan khusus seperti sholat Idul Fitri maupun sholat Idul Adha. Proses pembuatan sulaman pada sajadah yang detail membuatnya memiliki warna dan pola yang sangat cantik layaknya sebuah karya seni.

Sajadah

Sumber : https://www.imgrum.pw/

Supaya sajadah sulam yang anda miliki tetap awet terapkan cara berikut untuk merawatnya.

  • Selalu cuci bahan yang disulam dengan menggunakan tangan.
  • Rendam sajadah dengan air hangat dan detergen selama 10 menit untuk menjaga kelembutan serat bahan.
  • Jika kebetulan anda kehabisan detergen gunakan shampoo atau sabun yang dikucekkan lebih dulu pada bahan yang terkena noda.
  • Setelah selesai dicuci, anda bisa menjemur sajadah sulam dengan cara menyembunyikan bagian yang disulam agar tidak mudah kusam.
  • Usai dikeringkan setrika dengan suhu sedang lalu simpan ditempat yang tidak lembab dan bersih.

Sajadah Tenun

Sajadah tenun bisa dikategorikan ke dalam jenis sajadah yang memiliki kualitas tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan sajadah yang lainnya. Proses tenun sajadah yang umumnya dilakukan dengan mesin tradisional mampu menghasilkan keindahan tersendiri yang merepresentasikan budaya lokal.

Sajadah tenun bila dikerjakan dengan metode tradisional bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Mahalnya harga sajadah tenun biasanya sebanding dengan kualitas produk dan lamanya proses menenun. Sajadah tenun ini sangat cocok untuk dibawa bepergian karena karakteristiknya cukup ringan dan praktis.

Sajadah

Sumber : https://www.tokotenun.com/

Sajadah Meshcah

Sajadah meshcah merupakan salah satu sajadah yang terkenal di Indonesia karena memiliki karakteristik bahan yang tebal dan berat.  Dengan bebannya yang berat justru sajadah ini sangat cocok dipakai untuk memenuhi berbagai keperluan yang biasanya lebih bersifat permanen. Harga sajadah bergantung pada kualitas bahannya.

Sajadah

Sumber : https://lapakonlineindonesia.id/

Sajadah Lipat Saku

Sajadah lipat saku termasuk ke dalam jenis sajadah yang sangat populer di kalangan pekerja kantoran maupun orang-orang yang sering melakukan aktifitas di alam terbuka seperti camping dan yang lainnya. Sajadah lipat saku saat ini sangat berguna karena harga sajadah lebih murah, mudah dilipat dan dibawa ke mana mana.

Untuk menunjang aktivitas penggunanya sajadah lipat saku umumnya dibuat dari kain berbahan tipis dan dijual sepaket dengan tas kecil sebagai tempat untuk menyimpan sajadah tersebut. Selain digunakan untuk travelling sajadah lipat saku ini juga bisa dimanfaatkan sebagai souvenir.

Sajadah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sajadah Sandar Duduk

Sajadah sandar duduk merupakan produk inovasi sajadah yang baru-baru ini tengah naik daun. Keungulan yang ditawarkan dari sajadah sandar duduk yakni memiliki kemampuan untuk berubah menjadi sajadah dengan sandaran yang kuat dan bisa dipakai untuk menyangga tubuh dalam posisi duduk.

  • Sajadah sandar duduk tidak mudah geser ketika digunakan.
  • Tidak menghabiskan tempat dan bisa dipakai di masjid.
  • Dilengkapi dengan tas cantik jadi lebih mudah di bawa kemana-mana.
  • Sajadah sandar duduk mudah dicuci dan dibersihkan.

Sajadah sandar duduk sangat cocok digunakan untuk keperluan yang membutuhkan waktu lama, seperti i’tikaf di masjid bagi umat muslim yang ingin berdoa atau mengaji setelah sholat.

Sajadah

Sumber : https://hargano.com/

Sajadah Anti Alergi

Sejalan dengan perkembangan teknologi tekstil sekarang ada juga sajadah anti alergi yang dibuat dari material khusus yakni bahan busa suede. Sajadah anti alergi yang lembut sangat cocok digunakan untuk anda yang memprioritaskan kesehatan selagi beribadah dengan nyaman.

Sajadah Anti Air

Selain anti alergi ada pula sajadah anti air yang dilengkapi dengan fitur khusus untuk menolak air. Sebagian besar sajadah anti air umumnya lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang sering melakukan aktifitas di alam terbuka seperti camping, hiking dan aktivitas siluar ruangan yang lainnya.

Sajadah Rumbai

Sajadah rumbai merupakan model sajadah yang identik dengan dengan pola jahitannya yang unik, berbahan tipis dan sangat nyaman dipakai untukberibadah. Sajadah rumbai umumnya mempunyai motif yang tidak pasaran, terkesan mewah dan dapat digunakan sebagai pelengkap ibadah sholat ketika bepergian.

Sajadah

Sumber : https://produsensajadahbusa.com/

Sajadah Bulu

Sajadah bulu mampu memberikan kesan menyenangkan dan tidak membosankan ketika digunakan untuk sholat. Dengan karakteristik bahannya yang berbulu lembut dan halus, sajadah bulu sangat cocok dipakai olah anak-anak terutama bagi mereka yang berumur dibawah lima tahun.

Bahan yang digunakan untuk membuat sajadah bulu umumnya dipilih bahan yang berkualitas premium seperti halnya bahan rasfur yang biasa dipakai pada boneka.

  • Sajadah bulu rasfur merupakan produk perlengkapan sholat yang selalu memberikan kenyamanan ketika dipakai untuk beribadah.
  • Inovasi sajadah lembut dari bahan rasfur yang tebal memungkinkan tubuh lebih terlindungi ketika sujud.
  • Sajadah bulu lebanyakan hadir dalam berbagai warna yang menarik dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

Sajadah

Sumber : https://www.blibli.com/

Sajadah Kanvas

Sebagai media lukis yang sangat terkenal, saat ini bahan kanvas mulai banyak dipergunakan dalam produk lain seperti halnya sajadah. Bahan kanvas sendiri umumnya terbuat dari cotton yang dikombinasikan dengan linen. Kainnya yang ringan dan mudah untuk diwarnai sangat cocok dipakai untuk membuat sajadah kanvas yang unik.

Sajadah

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Demikian pembahasan singkat mengenai fungsi dan berbagai model sajadah yang bisa anda pakai untuk pelengkap ibadah sholat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.