Article

Homepage Article Desain Fesyen 27 Model Coat Wanita dan…

27 Model Coat Wanita dan Pria Yang Bisa Anda Pakai Untuk Kesempatan Formal Maupun Casual

Sebagai salah satu item fashion yang sangat populer, coat memang kerap diindentikkan dengan baju hangat disejumlah negara yang memiliki empat musim. Meski kurang terlalu akrab dengan budaya fashion di Indonesia namun banyak juga lho orang yang mengenakan berbagai model coat untuk pelengkap gaya penampilan.

Definisi Coat

Coat yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama mantel termasuk ke dalam jenis baju panjang yang biasa dipakai oleh pria dan wanita untuk melindungi tubuh mereka agar tetap hangat. Coat ini umumnya sering dikenakan sebagai pakaian luar dan pada musim dingin sering dipakai di atas setelan jas maupun cardigan.

Model Coat

Sumber : https://www.ebth.com/

Karena difungsikan sebagai pakaian hangat, kebanyakan coat bisanya dibuat dalam bentuk lengan panjang dan dilengkapi dengan bukaan di bagian depan yang bisa ditutup menggunakan kancing, resleting, velcro, sabuk atau kombinasi lainnya. Sementara untuk hiasannya coat sering diberi kerah dan epaulet. 

Model Coat

Sumber : http://locomote.org/

Dari segi desain dan ukuran coat biasa dibuat lebih panjang dari pada jaket. Bila rata-rata panjang jaket hanya sampai sebatas pinggang, maka untuk coat panjangnya bisa mencapai lutut bahkan sampai di bawah lutut. Untuk bahan dasarnya sendiri coat bisa dibuat dari berbagai jenis kain sesuai kebutuhan penggunanya. 

Model Coat

Sumber : https://us.shein.com/

Bagi anda yang gemar mengenakan outfit coat ada beberapa jenis coat pria dan coat wanita yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Jadi pastikan anda jangan salah memilih coat agar lebih terlihat modis dan stylish ya. Kalau mau aman utamakan memilih coat yang sesuai dengan profesi anda. 

Model Coat

Sumber : https://www.vectorstock.com/

Jenis-Jenis Coat Wanita

A-Line Coat

A-line coat merupakan sebuah mantel dengan siluet garis “A” yang melebar menuju kelim bawahnya. Desain manlel semacam ini konon sempat populer dan banyak digemari oleh semua kalangan wanita sampai akhir abad ke-20 lantaran penampilannya terkesan sangat ramping walau dibuat dari bahan tebal sekalipun. 

Model Coat

Sumber : https://www.dhgate.com/

Asymmetric Coat

Asymmetric coat merupakan model coat wanita yang memiliki bentuk asimetris maupun potongan yang tidak biasa. Dengan potongannya yang unik coat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai koleksi baju hangat. Kuncinya desain coat tersebut harus tetap memberi rasa hangat dan tidak mengurangi fungsinya sebagai coat atau mantel.

Model Coat

Sumber : https://www.dhgate.com/

Blanket Coat

Blanket coat merupakan jenis coat wanita yang memiliki bentuk layaknya sebuah selimut. Khusus di luar negeri terutama pada saat musim dingin coat ini kerap dimanfaatkan sebagai selimut dan sebagai mantel. Kalau di Indonesia coat ini juga bisa anda pakai bila sedang bepergian ke pegunungan atau dataran tinggi yang dingin.

Model Coat

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Camel Coat

Camel coat disebut-sebut sebagai salah satu mantel abadi karena item fashion ini selalu dipakai oleh banyak orang setiap musim dingin tiba. Meski memiliki desain dan potongan yang sederhana, namun camel coat yang didominasi warna coklat muda ini nyatanya mampu memberikan sentuhan mewah dan berkelas bagi pemakainya.

Model Coat

Sumber : https://www.net-a-porter.com/

Cape Coat

Cape coat merupakan jenis coat wnita yang sangat cocok digunakan saat melakukan aktifitas semi formal terutama ketika anda melakukan aktifitas diluar ruangan. Selain itu cape coat yang memiliki gaya oriental juga cocok dipakai untuk musim dingin dan memberikan kesan yang klasik.

Model Coat

Sumber : https://www.opensky.com/

Classic Military Coat

Classic military coat termasuk ke dalam jenis coat bergaya sangat classic, namun tetap disukai oleh banyak orang terutama sebagai outfit pelengkap saat berpergian ke luar negeri. Bagi yang suka akan gaya feminine dan ingin memakai classic military coat, anda cukup mengecangkan belt yang sudah terdapat pada mantel. 

Model Coat

Sumber : https://www.dhgate.com/

Duffle Coat

Duffle coat merupakan pakaian hangat berbentuk mantel tebal yang terbuat dari bahan wol dengan variasi kancing yang terbuat dari kayu pada bagian depannya. Nama duffle coat ini diambil dari sebuah nama kota yang terletak di propinsi Antwerp, Belgia di mana bahan pembuatnya berasal.

Meskipun desain duffle coat terus berkembang, namun secara garis besar coat ini memiliki panjang sebatas lutut bahkan lebih pendek dengan penambahan fitur berbentuk tali pada bagian leher, dua buah saku besar yang memiliki penutup pada bagian atasnya, serta kancing kayu berjumlah tiga atau lebih yang diikat dengan tali.

Model Coat

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Faux Fur Coat

Faux fur coat merupakan mantel bulu imitasi yang banyak disukai oleh para wanita karena mampu memberi rasa nyaman ketika dikenakan. Sama halnya dengan coat jenis lainnya faux fur coat ini masih menjadi pilihan para wanita karena akan membuat penampilan anda terlihat lebih anggun dan elegan seolah-olah memakai pakaian dari bulu asli.

Model Coat

Sumber : https://fabulousfurs.com/

Leather Coat

Sesuai dengan namanya leather coat ini sudah jelas memakai bahan kulit yang pastinya dapat mendongkrak penampilan kamu menjadi lebih modis dan gaya. Tidak masalah sekalipun bahan coat yang dipakai bukanlah coat kulit asli, asal membuat abda tetap merasa hangat dan nyaman leather ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. 

Model Coat

Sumber : https://www.dhgate.com/

Oversized Coat

Oversized coat merupakan jenis coat yang memang nampak seperti kebesaran atau kedodoran saat digunakan tapi ini bukan berarti karena ukurannya tidak pas dengan bentuk tubuh. Malah beberapa oversized coat yang dibuat untuk wanita justru lebih hangat dari pada coat biasanya karena lapisan di dalamnya.

Model Coat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pea Coat

Peacoat merupakan model coat wanita yang memiliki panjang kira-kira sebatas lutut dan identik dengan banyak kancing. Modelnya yang pendek inilah yang membedakan pea coat dengan jenis coat lainnya. Bahan pea coat yang hangat bisa menjadi inspirasi untuk mix and match di musim hujan agar tampilan anda jadi lebih stylish. 

Model Coat

Sumber : https://www.amazon.com/

Princess Coat

Princess coat merupakan jenis coat wanita yang sangat cocok dikenakan untuk anda yang suka tampil lebih feminim. Model coat yang satu ini disebut princess coat karena modelnya yang melebar ke bawah dengan potongan princess line. Coat jenis ini semakin digemari wanita karena terlihat elegan dan anggun.

Model Coat

Sumber : https://www.lyst.com/

Rain Coat

Bagi seorang wanita dengan mobilitas tinggi, memiliki rain coat seolah sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar. Sebagai pelindung tubuh sekaligus pelengkap gaya penampilan saat ini sudah ada banyak sekali desain dan bahan yang bisa dikenakan untuk rain coat dan dipilih sesuai kebutuhan anda. 

Model Coat

Sumber : https://www.rosegal.com/

Swing Coat    

Swing coat merupakan sebuah mantel berukuran panjang hingga sebatas lutut yang dilengkapi dengan kerah, sepasang saku depan, serta beberapa buah kancing. Swing coat yang memiliki siluet melebar mulai dari bagian pinggang kebawah ini menjadi salah satu jenis mantel yang banyak digemari oleh seseorang yang bertubuh mungil.

Model Coat

Sumber : https://www.1stdibs.com/

Trench Coat

Trench coat merupakan kombinasi jas dan jaket yang didesain dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan tujuan untuk memberikan perlindungan terhadap tubuh pemakainya. Potongan trench coat yang panjang, kerahnya yang lebar, serta kancingnya yang banyak, bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda yang menyukai jenis coat berkarakter.

Model Coat

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Wrap Coat    

Wrap coat termasuk ke dalam jenis mantel wanita berpotongan longgar yang dilengkapi dengan kerah besar serta aksen berbentuk tali pada bagian pinggang sebagai pemanisnya. Dipasaran wrap coat ini bisa dijumpai dalam berbagai jenis bahan tapi memang lebihbanyak dibuat dari bahan wol, flece dan cashmere.

Model Coat

Sumber : https://www.target.com.au/

Balmacaan Coat

Balmacaan coat bisa dikategorikan ke dalam jenis overcoat atau mantel luar yang longgar. Coat jenis ini biasanya banyak dibuat dari bahan wool yang kasar dengan kerahnya yang berukuran lumayan lebar kurang lebih 9 cm (bisa dipakai datar ataupun tegak) sementara untuk bagian lengannya biasa dilengkapi dengan lengan raglan. 

Model Coat

Sumber : https://global.rakuten.com/

Barrel Coat

Barrel coat merupakan sebuah mantel wanita dengan siluet berbentuk tong kayu (barrel) atau garis gelondongan benang (spindle line). Model coat wanita yang satu ini konon mulai diperkenalkan oleh Christian Dior untuk koleksi musim gugur dan musim dingin pada tahun 1957 sebagai salah satu karya akhirnya. 

Model Coat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jenis-Jenis Coat Pria

Duffle Coat

Duffle coat merupakan coat yang memiliki ciri khas berkantong besar di bagian depan dan biasa dilengkapi dengan empat atau enam kancing berbahan kayu di bagian dada. Sama halnya dengan duffle coat wanita, duffle coat untuk pria ini umumnya juga memiliki kancing yang unik dan kebanyakan dibuat dari bahan wol dengan panjang mencapai lutut.

Model Coat

Sumber : http://www.santanamadeirabiosfera.com/

Leather Coat

Seperti halnya leather coat untuk wanita, leather coat untuk pria umumnya juga dibuat dari bahan kulit. Dengan cici khas bahannya yang sangat eksklusif coat ini sangat cocok dipakai untuk menonjolkan kesan maskulin, modis, karismatik dan berwibawa. Tidak masalah jika kulit yang dipakai bukan kulit asli yang penting hangat. 

Model Coat

Sumber : https://leathergaze.com/

Mackintosh Coat

Mackintosh coat termasuk ke dalam kategori coat pria yang umumnya memiliki bahan tahan air yang unik karena dapat melindungi tubuh dari terpaan hujan biasa, hujan es, maupun salju. Mackintosh coat sangat cocok dipakai untuk ke kantor dan bisa juga digunakan dengan sepatu sneaker untuk tampilan santai.

Model Coat

Sumber : https://www.garmentory.com/

Oversize Coat

Oversize coat merupakan jenis coat pria yang menjadi item fashion penting pada saat musim gugur dan musim semi di negara yang memiliki iklim dingin. Dengan modelnya yang simpel dan potongannya yang panjang, coat pria jenis ini sangat pas untuk dikenakan bila tidak anda ingin repot ketika beraktivitas di tengah cuaca dingin.

Model Coat

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Trench Coat

Trench coat menjadi model coat paling legendaris yang banyak digunakan sebagai item pelengkap fashion. Coat jenis ini biasanya memiliki panjang selutut atau sepinggul dengan warna khaki dan dibuat dari bahan katun gabardine atau nylon yang tahan air dengan pilihan kerah dan lapel lebar yang dapat dilepas.

Meski didominasi warna khaki namun ada pula trench coat pria lainnya yang menawarkan pilihan warna terang seperti merah, hijau dan kuning. Trench coat yang dibuat dalam warna-warna terang ini sangat cocok digunakan saat musim semi. 

Model Coat

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Pea Coat

Pea coat menjadi salah satu jenis coat untuk pria yang banyak terinspirasi dari seragam para prajurit di Amerika. Sama halnya dengan trench coat, pea coat secara umum juga mempunyai detail kancing rangkap dua tapi tidak memiliki aplikasi sabuk. Selain itu potongan pea coat cenderung lebih lebar serta terdapat lapel sejenis notched.

Model Coat

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Rain Coat

Rain coat merupakan jenis coat pria yang biasanya terbuat dari vinyl, rubber, plastik atau kain yang bersifat waterproof. Dari segi bentuk coat ini umumnya memiliki panjang antara pinggul hingga lutut dan tersedia dalam berbagai warna. Untuk memaksimalkan fungsinya rain coat juga dilengkapi resleting dan penutup kepala.

Model Coat

Sumber : https://www.indiamart.com/

Chesterfield Coat

Chesterfield coat merupakan coat pria yang bisa dikenakan pada siang maupun malam hari. Aslinya coat model ini banyak dibuat dari bahan wool yang berwarna pekat, modelnya bisa single maupun double breasted dengan penutup depan yang bergulbi untuk menyembunyikan kancingnya. Kerah untuk chesterfield coat biasa dibuat dari bahan beludru.

Model Coat

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Balmacaan Coat

Dalam dunia fashion desain pria juga mengenal yang namanya balmacaan coat. Tidak jauh berbeda dengan balmacaan coat untuk wanita, dalam versi pria coat ini juga termasuk ke dalam jenis overcoat atau mantel luar yang longgar dan banyak dibuat dari bahan wool yang kasar. Sementara untuk bagian lengannya biasa dilengkapi dengan lengan raglan. 

Model Coat

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Tips Memilih dan Memakai Coat

Tertarik untuk menjadikan coat sebagai item fashion andalan anda saat liburan, kerja atau sekedar jalan-jalan santai?. Untuk menghindari kemungkinan salah kostum berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba jika ingin berpenampilan fashionable dengan memakai coat.

  1. Bila anda ingin mengenakan coat saat liburan di luar negeri, sebaiknya selalu cek suhu udara dari destinasi negara yang hendak anda tuju. Jangan sampai salah membawa coat yang terlalu tebal atau malah terlalu tipis saat berlibur.
  2. Pastikan anda pandai-pandai memilih bahan dan corak coat yang akan anda kenakan.
    • Jika sedang musim panas dan anda ingin mengenakan coat maka pilihlah coat dengan bahan tipis dan tidak terlalu banyak ornamen atau pernak-pernik.
    • Jika sedang musim dingin anda bisa memakai coat yang berbahan tebal seperti wool atau coat berbulu untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
    • Jika untuk aktivitas sehari-hari di Indonesia anda bisa memilih coat yang tingkat ketebalannya sedang agar tidakterlalu panas atau terlalu dingin.
  3. Perhatikan ukuran dan kualitas dari coat, kalau bisa pilihlah ukuran coat yang ideal dalam artian tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar. Jika terlalu kecil akan membuat badan terasa gerah, kalau terlalu besar tidak akan maksimal menghangatkan tubuh.
  4. Pilih model coat yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai refeensi anda bisa memilih satu diantara sekian banyak jenis coat yang sudah disebutkan di atas.
  5. Sesuaikan panjang coat dengan tinggi badan agar tubuh anda tidak tenggelam dalam coat yang anda kenakan. Untuk menemukan ukuran coat yang pas sesuai dengan tinggi badan anda bisa menggunakan acuan berikut.  
    • Untuk anda yang bertubuh mungil kenakan coat yang panjangnya tepat pada pinggul.
    • Untuk anda yang tinggi badannya di bawah 167 cm kenakan coat sepanjang paha.
    • Untuk anda yang memiliki tinggi tubuh lebih dari 167 cm kenakan coat dengan panjang di atas lutut bahkan sampai pertengahan betis.
  6. Hindari penggunaan coat wanita maupun coat pria dengan warna hitam saat siang hari, karena hal ini hanya akan membuat tubuh anda merasa panas. Sebagai gantinya anda bisa memilih warna-warna seperti cokelat terang atau cokelat gelap.
  7. Padukan coat dengan dalaman bermotif bila coat yang anda kenakan polos tanpa motif. Penggunaan baju dalam yang bermotif akan membuat tampilan Anda semakin modis dan terlihat trendy.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis coat lengkap dengan tips memilih coat untuk pria dan wanita yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang informasi seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terusa artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.