Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik Tentang Jaket…

7 Fakta Unik Tentang Jaket Varsity

Jaket varsity yang juga dikenal sebagai jaket baseball termasuk ke dalam jenis outfit yang mampu memberikan penampilan maskulin pada penggunanya. Dibalik tampilannya yang simple namun tetap berkelas jaket ini ternyata juga menyimpan banyak rahasia yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan sejenis jaket yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa-mahasiswa sebagai identitas kampus saat kegiatan perkuliahan. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket varsity dengan model jaket yang lainnya yaitu:

  • Memiliki warna berbeda di bagian kedua lengan dengan bagian badan.
  • Memiliki inisial huruf tertentu di bagian dada sebelah kiri
  • Memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang, hanya sampai pinggang.
  • Menggunakan kancing sebagai bukaan bagian depan jaket.
  • Memiliki dua kantong miring tanpa tutup di bagian perut jaket.
  • Memiliki motif yang sama di bagian kerah, pinggang dan manset.

Jaket Varsity

Sumber : https://fitinline.com/

Fakta Menarik Jaket Varsity

Berbicara mengenai jaket varsity lantas bagaimana asal mula terciptanya jaket varsity itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan fakta-fakta menarik mengenai jaket varsity.

1. Pertama Diperkenalkan Tahun 1865

Jaket varsity mulai muncul di Amerika pada tahun 1865. Tepatnya jaket ini pertama kali digunakan oleh tim baseball Harvard University, Amerika Serikat.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.grailed.com/

2. Memiliki Nama Lain Letterman

Jaket varsity memiliki nama lain yang sangat unik yakni berupa letterman. Sejarah penamaan letterman sendiri konon diambil dari kata “letter” yang berarti huruf.

  • Istilah letterman mengacu pada huruf yang di bordir di dada jaket.
  • Huruf tersebut biasanya merupakan singkatan dari universitas atau sekolah.
  • Untuk universitas Harvard misalnya inisial yang dipakai yakni berupa huruf H.

3. Lebih Dikenal Sebagai Jaket Baseball

Dalam referensi budaya Amerika, jaket varsity juga kerap di identikan sebagai jaket baseball. Sebab pada awal kemunculannya jaket varsity ini pertama kali dipakai oleh mahasiswa Universitas Harvard dalam suatu pertandingan baseball.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

4. Menjadi Simbol Kehormatan Para Atlet

Bagi seorang atlet jaket varsity atau jaket baseball bukan hanya sekedar model jaket biasa, tapi juga sebagai simbol kesuksesan yang diraihnya.

  • Di masa lalu hanya orang-orang terpilih yang mendapatkan jaket baseball dengan bordiran huruf “H” di bagian dada.
  • Orang yang diizinkan untuk memakai huruf pada baju olahraga mereka yaitu kapten tim.

Sepuluh tahun sejak jaket varsity pertama kali diperkenalkan oleh mahasiswa Harvard, penggunaan jaket sejenis varsity atau jaket baseball selanjutnya juga mulai diikuti oleh tim football.

5. Perkembangan Jaket Varsity Modern

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang, jaket varsity telah banyak mengalami perubahan terutama dari segi material. Meski demikian kombinasi warna berbeda di bagian kedua lengan dengan bagian badan masih tetap dipertahankan.

Dimasa lalu bagian badan dari jaket varsity umumnya lebih banyak dibuat dari bahan wol atau katun sementara untuk bagian lengannya dibuat dari kulit sintesis atau leather.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.fjackets.com/

Untuk jaket varsity yang berkembang saat ini bagian badan dan lengannya biasa dibuat dari bahan yang sama hanya warnanya saja berbeda.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.amazon.com/

Khusus untuk pembuatan jaket varsity modern beberapa contoh bahan kain yang banyak dipakai diantaranya kain fleece, kain baby terry, kain taslan, kain parasut, kain mayer, kain micro, kain despo dan bahan lain yang sejenis.

  • Kain Fleece

Kain fleece yang memiliki karakteristik cukup tebal, lembut dan memiliki bulu di dalamnya termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang paling umum digunakan untuk jaket varsity.

  • Kain Baby Terry

Kain baby terry merupakan bahan jaket yang memiliki karakteristik seperti fleece yakni sama-sama berbulu tapi agak lebih tipis.

  • Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi.

  • Kain Parasut

Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

  • Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang relatif tipis jika dibandingkan dengan kain taslan, tidak kaku, bersifat water resistant.

  • Kain Micro

Kain micro merupakan bahan jaket yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil, permukaan kainnya licin dan agak tipis karena dibuat dari benang yang halus.

  • Kain Despo

Kain despo termasuk ke dalam jenis kain windbreaker (penahan angin) sejenis parasut namun agak halus.

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari masing-masing bahan jaket varsity, lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Varsity.

Selain itu pada bagian pergelangan tangan, bagian pinggang dan bagian leher jaket biasanya ditambahkan pula aksesoris berupa bur. Tujuannya utamanya adalah untuk memperbaiki bentuk jaket sekaligus menyempurnakan tampilannya supaya lebih menarik.

  • Bur pada jaket varsity sendiri biasa dibuat dengan bantuan mesin rajut otomatis maupun mesin rajut manual.
  • Material yang biasa digunakan untuk membuat bur jaket antara lain berupa cotton (katun), PE, TC atau bahan lain.

6. Jaket Varsity Dalam Fashion

Bila dimasa lalu jaket varsity kerap dijadikan sebagai identitas sebuah kelompk olahraga atau sekolah, makin ke sini justru semakin banyak orang yang menggunakan jaket varsity untuk daily outfit mereka. Biasanya artis-artis hip hop maupun artis muda juga membuat jaket varsity versinya sendiri  yang kemudian diikuti oleh para fansnya.

7. Jaket Varsity di Indonesia

Khusus di Indonesia sendiri, jaket varsity banyak dicari oleh anak muda sebagai pelengkap gaya penampilan saat hangout.

  • Jaket varsity kini banyak digunakan oleh anak-anak muda baik secara kelompok maupun individu.
  • Dengan banyaknya pilihan bahan yang ada jaket varsity bisa dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan penggunanya.

Beberapa variasi model jaket varsity yang banyak diminati oleh anak muda diantaranya:

  • Jaket varsity original yang memiliki warna berbeda antara bagian badan dan tangan, sementara bagian ujung tangan, badan bawah dan kerah menggunakan bahan bur bergaris.

Jaket Varsity

Sumber : https://www.alibaba.com/

  • Model jaket yang kedua yakni berupa jaket varsity lengan raglan yang memiliki jahitan  menyambung antara bagian badan dan bagian tangan hingga ke leher.

Jaket Varsity

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang jaket varsity yang dapat kami bagikan untuk anda. Dibalik tampilannya yang sangat unik dan tak biasa tenyata banyak sekali ya rahasia tersembunyi di balik jaket varsity itu sendiri.

Ingin membuat jaket varsity sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya maka anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara Membuat Pola Jaket Varsity pada artikel Fitinline terdahulu.

Kalau anda ingin membuat jaket varsity dengan pola ukuran standar ala konveksi, anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.