Article

Homepage Article Cara Menjahit Trend Busana Zipper

Trend Busana Zipper

Penggunaan zipper pada busana umumnya sebagai belahan untuk menggabungkan dua bagian. Zipper mampu memainkan peran gandanya, sebagai alat pembuka mempermudah pemakaian busana, dan juga sebagai aplikasi detail yang menghias sisi-sisi busana. Posisi zipper biasanya sengaja diletakkan pada jahitan tengah belakang sehingga telihat rapi. Ada pula yang diletakkan pada bagian pinggir jahitan. Bahkan untuk mengelabui seolah-olah tak ada zipper, biasanya digunakan invicible zipper atau risleting jepang.

Pada tahun 1930, kecenderungan untuk menggunakan trend busana yang menampakkan zipper secara terang-terangan atau terlihat detailnya mulai berkembang. Zipper pada saat itu disebut kancing sorong, yang keberadaannya dianggap sesuatu yang istimewa.

Zipper Dress

Zipper Dress

Sumber: http://www.ellecanada.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Trend busana zipper dirancang dengan berbagai macam model yang lebih kontemporer. Diposisikan di depan, di belakang, di samping, simetris, asimetris, bahkan di bahu. Zipper kembali digunakan saat trend fashion berkembang mengarah pada pakaian yang pas dengan lekuk tubuh. Awalnya, zipper diaplikasikan di bagian tengah punggung pada gaun, serta di depan rok dan trouser. Pada tahun 2009, banyak rumah label fashion, seperti Marni, Miss Selfridge, Dorothy Perkins, mengembangkan aksen zipper pada koleksi Autunm atau winter. Marni, misalnya, mengembangkan blus dengan aksen resleting bertumpuk. Warna- warni pada resleting juga digunakan untuk menciptakan efek color blocking.

Zipper Dress

Zipper Dress

Sumber: http://malepatternboldness.blogspot.com 

Zipper Dress

Sumber: http://malepatternboldness.blogspot.com

Salah satu desainer yang suka berekplorasi dengan rancangannya adalah Sebastian Errazuriz. Dia merancang gaun dengan menghasilkan rancangan yang tak terduga. Dia menciptakan “zipper dress” menggunakan bahan risleting logam. Gaun tersebut tidak terbuat dari kain melainkan dari 120 risleting logam, yang masing-masing dapat dipisahkan atau ditarik bersama-sama pada saat itu juga untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Keliman rok dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai model yang diinginkan. Gaun ini bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh si pemakai dan diubah ke dalam berbagai macam bentuk yang lain.

Zipper Dress

Zipper Dress

Sumber: http://www.ecouterre.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Gaun dengan detai zipper memang lebih identik dengan kostum roker, badass, dan lain sebagianya. Namun tak ada salahnya jika sahabat fitinline mencoba busana yang memiliki detail zipper. Sesuaikan model dan warna agar busana yang dikenakan tidak terlihat aneh.

Zipper Dress

Zipper Dress

Sumber: http://www.nastygal.com

Zipper Dress

Sumber: http://www.omiru.com

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.