Article

Homepage Article Cara Menjahit Pentingnya Alat Bantu Setrika…

Pentingnya Alat Bantu Setrika Dalam Proses Pengepresan Busana

Dalam proses pembuatan busana, tidak dapat dipungkiri jika teknik pressing memang memegang peranan yang sangat besar untuk menjaga kualitas busana. Sebab teknik pressing itu sendiri dibutuhkan supaya busana yang dihasilkan tampak lebih rapi dan berkesan mewah. 

Alat Bantu Setrika

Sumber : https://www.etsy.com/

Ketika melakukan pengepresan, terutama untuk bagian yang sulit dijangkau seperti jahitan pada lengan maupun pipa celana anda tentu tidak akan merasa cukup jika hanya mengandalkan setrika, paling tidak anda harus mempersiapkan yang namanya alat bantu khusus yang dikenal dengan nama alat bantu setrika. 

Alat Bantu Setrika

Sumber : https://www.craftsy.com/

Satu set alat bantu setrika umumnya terdiri dari seam roll, tailor ham, kombinasi point presser dan wooden clapper, sleeve board, serta pressing mit. Mau tahu fungsi dari masing-masing alat tersebut?. Simak pembahasan berikut yuk.

Alat Bantu Setrika

Sumber : https://indiesew.com/

Seam Roll (Rol Kampuh)

Seam roll atau rol kampuh merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk menyeterika semua jahitan kampuh yang terbuka di atas bagian-bagian pakaian yang panjang dan berbentuk silinder. Sebagai contoh kampuh pada lengan maupun kampuh pada kaki celana.

Alat Bantu Setrika

Sumber : http://www.craftysewer.com/

Tailor's Ham (Bantalan Tailor)

Tailor’s ham atau bantalan tailor berguna untuk menyetrika bagian-bagian kurva pakaian seperti kupnat, kampuh garis princess, lingkaran kerah, serta kepala lengan baju/caps.

Alat Bantu Setrika

Sumber : http://www.williamgee.co.uk/

Point Presser

Point presser berguna untuk membuka kampuh yang berujung lancip, runcing, atau menyiku sebelum dibalik. Kampuh yang dimaksud diantaranya berupa kampuh kerah, manset, lapisan singkap, serta ujung siku saku.

Alat Bantu Setrika

http://www.threadsmagazine.com/

Wooden Clapper

Wooden clapper merupakan alat bantu setrika yang dibuat dari kayu yang sudah dihaluskan. Papan berbahan kayu ini diperlukan untuk menstabilkan bahan yang sudah dimampat tanpa perlu terlalu lama melakukan proses penyetrikaan, khususnya untuk jahitan, lipatan, atau kerutan bahan yang terdapat pada pakaian. 

Alat Bantu Setrika

Sumber : https://www.etsy.com/

Setelah proses pengepresan selesai dilakukan setrika kemudian diangkat, lalu digantikan oleh papan berbahan kayu tersebut sampai panasnya berkurang, sebab kalau langsung dilepas wooden clapper ini jadi tidak berguna. 

Alat Bantu Setrika

Sumber : http://www.nancyzieman.com/

Sleeve Board (Papan Lengan Baju)

Sleeve board atau papan lengan baju berguna untuk menyetrika bagian sempit pada pakaian yang tidak bisa dilakukan di atas papan setrika, khususnya untuk menyeterika detil-detil kecil pada pakaian serta bukaan-bukaan sempit seperti keliman lengan baju.

Alat Bantu Setrika

Sumber : https://www.manufactum.com/

Press Mit

Press mit merupakan alat bantu setrika berbentuk fleksible dengan pelindung tangan yang biasa digunakan untuk memudahkan seseorang saat menyetrika pakaian. 

Alat Bantu Setrika

Sumber : http://www.makery.uk/

Semoga bermanfaat.

Mencari alat bantu setrika berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Alat Bantu Setrika

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.