Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Tentang…

7 Fakta Menarik Tentang Jaket Parka

Merasa cukup familiar dengan yang namanya jaket parka atau justru sering menggunakan jenis jaket yang satu ini?. Dibalik tampilannya yang terkesan keren dan tampak fashionable, jaket parka ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan di bahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Jaket Parka

Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket penghangat tubuh yang memiliki tampilan sangat khas dan cocok diandalkan sebagai outfit saat hangout. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket parka dengan jenis jaket yang lainnya yaitu:

  • Jaket parka umumnya memiliki ukuran yang lumayan panjang  hingga bagian lutut.
  • Jaket parka biasa diciptakan dengan bukaan resleting jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka beberapa ada yang dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang serta manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan yang dapat dipakai untuk membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi cocok dipakai untuk melindungi kepala dari panas dan juga hujan.

Jaket Parka

Sumber : https://fitinline.com/

Fakta Menarik Jaket Parka

Dengan tampilannya yang berbeda dengan jaket lainnya, lantas seperti apa asal mula terciptanya jaket parka dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Lebih jelasnya simak pembahasan berikut yuk.

1. Dirancang Untuk Perburuan

Jaket parka mulanya diciptakan dan dipakai orang Eskimo untuk melindungi diri mereka dari suhu ekstrem yang super dingin dan juga angin yang kencang.

  • Dikawasan Kutub Utara jaket parka sering digunakan oleh orang Eskimo untuk menghangatkan tubuh ketika berburu.
  • Jaket parka juga sering digunakan untuk melindungi tubuh ketika mengendarai scooter karena transportasi umum di kawasan Eropa waktu itu masih jarang. 

2. Dibuat Dari Kulit Karibu

Jaket parka konon awalnya banyak dibuat dari kulit karibu, spesies rusa yang tersebar di sekitar wilayah kutub bumi. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai penghangat tubuh jaket ini biasanya sering dilapisi dengan bulu-bulu di bagian hoodienya.

Jaket Parka

Sumber : https://www.wikiwand.com/

3. Dipakai Untuk Atribut Militer

Dari yang awalnya dibuat dari material kulit, pada tahun 1950 dibuatlah jaket parka dari bahan sutra nilon dan ditambahkan dengan selimut berjenis bahan wool untuk keperluan militer.

  • Pada masa itu jaket parka kerap dipakai oleh awak penerbangan yang ditempatkan di daerah dingin dengan suhu di bawah -60° F (-50° C).
  • Dengan adanya bahan wool, kemampuan jaket parka untuk menghangatkan tubuh bisa jadi jauh lebih baik. 

4. Puncak Popularitas Jaket Parka

Pada akhir tahun 1970 sampai pertengahan tahun 1980 jaket parka banyak digunakan oleh anak sekolah di Inggris. Namun menjelang akhir tahun 1980 parka menjadi tidak populer karena kerap diidentikkan dengan Geeks atau kutu buku.

5. Kembalinya Trend Jaket Parka

Menjelang akhir tahun 1990 dan awal tahun 2000, jaket parka kembali populer setelah digunakan oleh banyak selebritis dunia dan juga pelajar. Berawal dari situlah sekitar tahun 2004 jaket parka mulai dianggap sebagai jaket yang fashionable dan dapat memberikan nilai lebih pada penampilan.

Jaket Parka

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Perkembangan Model Jaket Parka

Jaket parka umumnya didesain dengan panjang sebatas lutut dan tergolong tahan terhadap air namun pada perkembangannya juga mulai dibuat dalam model lain. Beberapa jenis jaket yang dimaksud yakni berupa jaket parka snorkel, jaket parka fisthail dan jaket cagoule.

a. Jaket Parka Snorkel

  • Jaket parka snorkel (Snorkel Parka – USAF N-38 parka) pertama kali digunakan pada awal tahun 1950-an oleh para crew pesawat militer Amerika.
  • Jaker parka snorkel mulai populer di Eropa pada akhir Tahun 1990 dan awal tahun 2000.
  • Jaket parka snorkel selanjutnya menjadi jaket mainstream pada komunitas Indie sekitar tahun 2004.

Jaket Parka

Sumber : https://www2.hm.com/

b. Jaket Parka Fisthail

  • Jaket parka fisthail (fishtail parka) pertama kali digunakan oleh tentara Amerika pada perang Korea.
  • Khusus di negara Inggris jaket parka fisthail juga menjadi simbol budaya “mod” pada tahun 1960.

Jaket Parka

Sumber : https://www.aliexpress.com/

c. Jaket Cagoule

  • Cagoule merupakan istilah bahasa Inggris Britania untuk menyebutkan jaket parka yang ringan.
  • Di Amerika jaket cagoule termasuk ke dalam jaket windbreaker, sedangkan di Australia termasuk ke dalam parka.

Jaket Parka

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Bahan Jaket Parka Modern

Sejak pertama kali diperkenalkan sebagai jaket perburuan sampai saat ini jaket parka telah mengalami banyak sekali perubahan bahan atau material. Kalau dulu sering dibuat dari kulit rusa yang berat, kini jaket parka lebih banyak dibuat dari bahan kain agar lebih ringan ketika dipakai.

Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain kanvas, kain drill, kain twill, kain taslan, kain mikro, kain nilon, kain fleece, kain despo dan lain sebagainya.

  • Kain Kanvas

Kain kanvas memiliki tekstur tebal, berat dan kuat. Khusus untuk pembuatan jaket parka kain kanvas yang bisa dipakai yakni berupa kain kanvas marsoto, kain kanvas ring, kanvas sueding dan baby kanvas.

  • Kain Drill

Kain drill memiliki serat dengan garis-garis miring.

  • Kain Twill

Kain twill memiliki spesifikasi permukaan kain yang berserat garis-garis miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat seperti halnya kain drill.

  • Kain Taslan

Kain taslan memiliki karakteristik seperti parasut, akan tetapi teksturnya terkesan lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding dengan bahan kain parasut.

  • Kain Mikro

Kain mikro memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil dan permukaannya licin. Sekilas tampak seperti bahan parasut namun agak tipis.

  • Kain Nilon

Kain nilon juga termasuk ke dalam jenis bahan kain yang masih sama dengan kain taslan, tapi tingkat kekuatan dan ketebalannya masih di bawah bahan taslan.

  • Kain Fleece

Kain flecee sangat lembut dan tebal seperti selimut. Dengan karakteristik bahannya begitu tebal, kain ini mampu memberikan rasa hangat meski tidak diberi tambahan furing.

  • Kain Despo

Kain despo termasuk ke dalam jenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air).

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket parka?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain kami Di Sini.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar jaket parka yang dapat kami bagikan untuk anda. Ternyata selain memiliki tampilan yang keren dan tidak kalah menarik dibanding jaket lainnya, banyak sekali ya rahasia tersembunyi yang ada di balik jaket parka itu sendiri.

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dari kami. Pola jaket parka yang dijual di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.