Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan Kain Katun…

10 Kelebihan Kain Katun Ima Dibandingkan Katun Lainnya

Mencari bahan kain katun dengan serat yang rapat namun tidak membuat gerah untuk membuat kemeja, blus, baju koko dan juga tunik?. Mungkin anda memilih kain katun ima yang menawarkan banyak keunggulan sebagai alternatifnya. Selain unggul dari segi kualitas bahannya, kain ini juga memiliki tampilan yang sangat khas dan menarik lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Katun Ima

Kain katun ima merupakan salah satu jenis kain dari keluarga katun yang memiliki susunan serat cukup rapat dan jika diraba terasa halus. Kain ini sangat mudah dikenali karena pada permukaan kainnya terdapat pola berbentuk garis-garis kecil yang berasal dari benang slub.

  • Benang slub yang digunakan pada kain katun ima merupakan salah satu pengembangan dari benang hias (fancy yarn).
  • Setiap garisnya memiliki warna yang senada dengan warna kain, sehingga tampilannya tampak elegan ketika digunakan.
  • Variasi panjang benang slub yang berbeda-beda akan memberikan efek garis-garis yang timbul dan tenggelam manakala sudah menjadi kain.
  • Dengan adanya benang slub maka tampilan kain yang dihasilkan cenderung lebih unik dan estetik.

Kain Katun Ima

Sumber : https://fitinline.com/

Kelebihan Kain Katun Ima

Tidak jauh berbeda dengan bahan katun lainnya, sebagai salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi kain katun ima secara umum juga memiliki sejumlah karakteristik khusus yang mungkin tidak dimiliki bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi keistimewaan kain katun ima diantaranya:

1. Serat Benangnya Sangat Rapi

Kain katun ima memiliki kualitas serat benang yang sangat baik dan rapi. Serat kain katun ima inipun tampilannya cenderung lebih sejajar, tidak seperti kain katun baloteli yang berbentuk kotak.

2. Permukaannya Tidak Berbulu

Permukaan kain katun ima cenderung tidak berbulu dan sekalipun ada bulunya hanya kecil-kecil saja. Karakteristiknya yang sedemikian unik membuat kain katun ima jadi lebih nyaman ketika di kenakan sebagai pakaian sehari-hari.

3. Kainnya Adem Di kulit

Kain katun ima termasuk kedalam jenis kain yang adem di kulit karena terbuat dari bahan alami. Selain adem kain ini juga dikenal memiliki daya serap keringat yang tinggi dan tidak terasa panas saat digunakan untuk bahan pakaian.

  • Serat katun alami yang dijadikan bahan utama kain katun ima dapat menyerap keringat dengan sangat baik
  • Kain katun ima cocok dipakai di lingkungan yang memicu banyak produksi keringat tubuh.

4. Lebih Halus dan Jatuh

Dibandingkan dengan variasi kain katun yang lainnya, kain katun ima memiliki permukaan yang lebih halus dan terkesan jatuh saat dikenakan.

  • Dengan karakteristik bahannya yang halus, bahan kain katun ima mampu memberikan kenyamanan tersendiri saat digunakan sebagai bahan pakaian.
  • Permukaan kain katun ima yang halus juga membuatnya terasa lebih dingin saat bersentuhan dengan kulit.

5. Kuat dan Tahan Lama

Kain katun ima tergolong kuat dan tahan lama karena memiliki kerapatan dan ketebalan kain yang ideal untuk membuat berbagai poduk pakaian. Kain katun ima juga tidak mudah rapuh meski sudah dipakai dan dicuci berulang kali.

6. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Kain katun ima dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi warna yang unik dan menarik. Warna-warna yang dimiliki bahan kain inipun dikenal tidak mudah luntur ketika dicuci.

  • Kain katun ima termasuk kedalam salah satu jenis kain yang warnanya cukup kuat.
  • Kain katun ima kebanyakan menawarkan warna-warna yang cerah.
  • Kain katun ima memiliki warna yang lebih awet, tidak mudah luntur dan tahan lama.
  • Kualitas warna kain katun ima sama bagusnya dengan kualitas kain tersebut.
  • Ketika diaplikasikan pada produk pakaian akan memberikan kesan mewah.

7. Kainnya Tidak Mudah Kusut

Kain katun ima cenderung tidak mudah kusut saat dicuci dan perawatannya sangatlah mudah. Untuk merawat pakaian dan produk pelengkap rumah tangga yang dibuat dari kain ini anda bisa mencuci dan menyetrikanya seperti pakaian biasa.

8. Bahannya Tidak Menerawang

Kain katun ima tergolong ke dalam jenis material yang ringan dan bersifat menerawang. Dengan ketebalannya yang ideal, bahan kain ini cukup aman untuk menyamarkan bentuk ataupun lekukan tubuh ketika dijadikan sebagai bahan busana muslim.

  • Katun ima memiliki ketabalan yang sedang, tidak terlalu tipis dan tidak tebal.
  • Dengan ketebalan tersebut kain katun ima sangat ideal untuk membuat berbagai macam busana muslim.

9. Cocok Untuk Iklim Indonesia

Kain katun ima sangat cocok dengan iklim Indonesia yang berhawa panas, lantaran kain katun ima yang  adem dan mudah menyerap keringat mampu meminimalisir ketidaknyamanan yang dirasakan tubuh akibat cuaca panas.

10. Lebih Sehat Di Kulit

Kain katun ima secara keseluruhan di buat dari bahan alami, jadi selain nyaman digunakan kain ini juga aman dan lebih sehat dikulit. Penggunaan produk pakaian yang dibuat dari kain katun ima dalam jangka panjang tidak akan menimbulkan alergi ataupun iritasi kulit.

Kekurangan Kain Katun Ima

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, bahan kain katun ima sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran rentan rusak jika direndam terlalu lama dan tempat untuk menyimpannya cenderung lembab. Maka dari itu untuk mempertahankan kualitas kainnya usahakan untuk tidak merendamnya terlalu lama ya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keistimewaan dari katun ima yang dapat kami bagikan untuk anda. Denggan berbagai keistimewaan yang dimilikinya, ditambah lagi harganya yang tidak terlalu mahal tidak heran jika dewasa ini kain katun ima cukup banyak digunakan untuk membuat aneka produk pakaian.

Butuh bahan kain katun ima berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, blus, baju koko dan juga tunik?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Ima (NGR) yang kami miliki.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.