Article

Homepage Article Fashion Design 3 Cara Unik Mencuci Jaket…

3 Cara Unik Mencuci Jaket Denim Yang Bisa Kamu Coba

Punya kecintaan tersendiri dengan jaket denim yang dikenal kuat dan tahan lama?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencuci jaket denim biar tampilannya makin menarik dan kualitas kainnya tetap terjaga dengan baik.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Denim

Jaket denim dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain denim yang memiliki karakteristik kuat dan kokoh. Selain itu dari segi desain, jaket denim biasanya juga memiliki desain yang klasik dan tak lekang oleh waktu.

  • Jaket denim tergolong kuat dan tahan lama.
  • Jaket denim cukup nyaman digunakan sehingga sangat cocok diandalkan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Jaket denim cocok diandalkan sebagai outfit kuliah, kerja, hangout, pergi ke acara konser dan lain sebagainya.
  • Jaket denim mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis pakaian dan aksesori.
  • Jaket denim tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga perawatannya tidak terlalu rumit.

Jaket Denim

Sumber : https://id.carousell.com/

Sebagai salah satu jenis jaket yang bisa digunakan untuk berbagai kesempatan yang berbeda, jaket denim pada prinsipnya juga perlu dirawat dengan cara yang baik dan benar agar tampilannya tetap menarik dan serat kainnya tidak mudah rusak lho.

Jaket Denim

Sumber : https://adminicesm.life/

Cara Mencuci Jaket Denim

Untuk mencuci jaket denim berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba.

1. Cuci Dengan Cuka Putih

Untuk menjaga keaslian warna jaket denim dan mencegah luntur berlebihan, kamu bisa merendam jaket dalam larutan air dan cuka putih selama beberapa jam sebelum dicuci. Jika sudah jangan lupa untuk mencuci jaket denim dengan air dingin dan deterjen yang ramah lingkungan agar bahannya tetap terjaga.

Jaket Denim

Sumber : http://www.selfedge.com/

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan cuka putih saat mencuci jaket denim yaitu:

  • Mencerahkan warna jaket, melindungi warna jaket dan memudarkan noda-noda yang membuat warna pakaian jaket menjadi kusam.
  • Melembutkan jaket denim tanpa meninggalkan residu apapun.
  • Menghilangkan bau tidak sedap dan jamur yang terdapat pada jaket denim.
  • Mencegah warna jaket biat tidak memudar walau sudah sering dicuci dan digunakan.

2. Cuci Dengan Batu Apung

Untuk menambah efek usang atau “vintage” pada jaket denim, kamu bisa mencoba menggosok jaket denim dengan batu apung setelah direndam. Meski terkesan tak biasa, cara ini justru dapat menciptakan efek garis-garis atau efek fading yang menambah karakter unik pada tampilan jaket.

Jaket Denim

Sumber : https://id.carousell.com/

Opsi lain kamu bisa mencuci jaket denim bersamaan dengan batu apung dengan menggunakan mesin cuci supaya permukaan keduanya saling bergesekan hingga menghasilkan efek fading yang khas.

3. Terapkan Teknik Acid Wash

Untuk menciptakan efek kontras pada jaket denim terapkan yang namanya teknik acid wash alias proses pencucian dengan asam, salah satu zat asam yang dimaksud yakni berupa bahan pemutih chlorine.

  • Acid wash yang dikenal juga dengan nama marble, moon wash atau snow wash termasuk ke dalam jenis washing yang tidak jauh beda dengan stone wash.
  • Bedanya yaitu untuk menimbulkan efek kontras pada jaket denim, batu apung harus di celupkan terlebih dahulu ke dalam chlorine baru dimasukkan ke mesin cuci.

Jaket Denim

Sumber : https://www.grailed.com/

Simak juga Cara Mengubah Warna Jaket Denim Dengan Teknik Bleaching.

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan untuk mencuci dan merawat jaket denim yaitu:

  • Jangan Jemur Dibawah Matahari

Jangan menjemur jaket denim di bawah sinar matahari langsung tapi lebih baik biarkan jaket denim kering dengan sendirinya di tempat yang teduh tapi masih memiliki sirkulasi udara yang baik.

  • Jaket denim yang dijemur di bawah sinar matahari langsung berpotensi besar untuk menyusut karena panas.
  • Jaket denim yang menyusut ketika sudah kering alhasil akan terasa lebih kecil di tubuh kamu.
  • Jangan Langsung Menyetrika Jaket

Selesai dicuci dan dikeringkan jangan langsung menyetrika jaket denim saat itu juga tapi diamkan dulu selama 2 sampai 3 hari. Jika sudah kamu baru boleh menyetrika jaket denim dengan suhu yang tidak terlalu panas.

  • Setrika jaket denim dengan suhu rendah atau sesuai petunjuk pada label perawatan.
  • Jaga agar suhu setrika tidak terlalu panas atau terlalu lama berada di satu titik, karena panas setrika yang berlebih dapat merusak serat denim.
  • Simpan Jaket Ditempat Yang Kering

Untuk menyimpan jaket denim, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembab. Jangan biasakan menggantung jaket denim di kamar mandi karena bisa membuat jaket denim jadi cepat lusuh.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara inovatif yang bisa kamu terapkan untuk mencuci jaket denim. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam merawat jaket denim agar tampilannya tetap bagus dan tidak mudah rusak ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket denim?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Denim siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.