Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Menarik Tentang…

6 Fakta Menarik Tentang China Fashion Street / Chinese Street Style

Dikenal sebagai salah satu ajang untuk pamer outfit sekaligus ajang untuk iklan oleh sejumlah merk atau brand pakaian, berikut beberapa fakta menarik seputar China Fashion Street / Chinese Street Style yang sangat populer di Tiongkok.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang China Fashion Street

China Fashion Street atau Chinese Street Style, merupakan istilah yang lazim disebut untuk menggambarkan para pejalan kaki yang melewati wilayah protokol di China tepatnya di jalan-jalan raya Beijing dan Chengdu dengan gaya busana yang sangat menarik perhatian, layaknya model papan atas.

Seperti layaknya street style yang berkembang di setiap negara, China Fashion Street atau Chinese Street Style inipun pada prinsipnya juga memiliki karakteristik dan keunikan terendiri karena dipengaruhi oleh budaya dan karakteristik generasi muda yang ada di negara China.

Chinese Street Fashion

Sumber : https://theurbanmaniac.com/

Fakta Menarik China Fashion Street

Mau tahu seperti keunikan dari China Fashion Street atau Chinese Street Style yang begitu fenomenal di social media?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bbagikan beberapa fakta menarik seputar China Fashion Street yang sayang jika anda lewatkan.

1. Lokasi China Fashion Street

Berbicara mengenai China Fashion Street atau Chinese Street Style, jadi lokasi yang biasa digunakan untuk kegiatan tersebut sebenarnya berada di kawasan Chengdu, Beijing dan Shanghai. Beberapa area yang dimaksud yakni berupa distrik Taikoo Li di Chengdu, spot restoran dan hiburan malam populer di Beijing, hingga distrik fesyen Xintiandi di Shanghai.

Chinese Street Fashion

Sumber : https://theurbanmaniac.com/

2. Asal Mula China Fashion Street

Sedikit berbeda dengan Citayam Fashion Week yang dimulai olah anak-anak muda yang nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, China Fashion Street atau Chinese Street Style justru lebih banyak menampilkan pejalan kaki, influencer dan model yang bergaya edgy dan memukau.

Fenomena China Fashion Street atau Chinese Street Style menjadi lebih menarik, sebab para pejalan kaki yang melintas di jalan-jalan raya Beijing dan Chengdu seolah-olah sedang dipotret oleh paparazzi jadi kesan yang ditampilkan seperti sedang berjalan biasa.

Namun sekalipun gambar yang dihasilkan tampak diambil secara candid, mereka yang masuk dalam foto atau atau video sebenarnya sudah mengetahui posisi para fotografer dan videografer di kota tersebut. Jadi tidak mengherankan kalau terkadang ada yang melihat ke arah kamera atau melambaikan tangan.

Chinese Street Fashion

Sumber : https://www.localtalknews.com/

3. Menjadi Jalan Mencari Popularitas

Fenomena China Fashion Street atau Chinese Street Style tidak hanya membuat kawasan Chengdu, Beijing dan Shanghai makin ramai, tapi juga membantu para influencer, fotografer dan videografer setempat jadi makin dikenal.

Untuk membuat seseorang lebih dikenal publik, para influencer biasanya akan mengunggah foto atau video mereka ke media sosial (misal platform Douyin, TikTok versi Tiongkok). Dengan tersebarnya foto atau video tersebut maka publik akan mencari siapa saja orang yang masuk ke dalam foto atau video tersebut.

Chinese Street Fashion

Sumber : https://www.laineonline.com/

4. Menjadi Ajang Untuk Iklan

Selain untuk membuat seseorang menjadi dikenal, China Fashion Street atau Chinese Street Style juga menjadi ajang iklan, karena umumnya merk atau brand baju akan menggunakan influencer sebagai model mereka untuk iklan.

Salah satu caranya yakni dengan menandai akun social media dari brand pakaian yang mereka kenakan pada video atau foto yang diunggah ke platform Douyin, TikTok versi Tiongkok.

5. Identik Dengan Outfit Yang Mewah

Berbicara mengenai style fashion, jadi syle yang ditampilkan di China Fashion Street atau Chinese Street Style sendiri sebenarnya sangat beragam dan kebanyakan lebih didominasi outfit mewah dari beberapa merek ternama dunia.

  • Chinese Street Style mencakup beragam elemen seperti warna-warna cerah, aksen bold, layering dan kombinasi antara gaya tradisional dan modern.
  • Beberapa contoh style fashion yang populer dalam Chinese Street Style antara lain berupa:
    • Gaya kekinian ala hypebeast yang mengacu pada orang-orang yang sangat terobsesi dengan barang-barang limited edition dari merek-merek fashion tertentu.
    • Gaya ala Eropa yang diperoleh dari perpaduan sepatu boots tinggi, T-shirt, celana jeans dan jaket.
    • Gothic style yang identik dengan outfit berwarna hitam. Warna hitam inipun akan terlihat serasi jika dipadukan dengan warna-warna netral seperti putih atau abu-abu.
    • Berikutnya ada street fashion unik yang mendaptasi gaya retro tahun 1990-an.
    • Street fashion unik ala boyish style yang menampilkan T-shirt oversized serta celana pendek, kemudian dilengkapi socks dan sneakers.
    • Style casual yang banyak melibatkan penggunaan jaket bomber, sweater oversized, celana kulot, sepatu sneakers, topi bucket dan kacamata aviator.
  • Chinese Street Style juga seringkali dipadukan dengan elemen-elemen streetwear seperti hoodie jumper, track pants dan aksesoris seperti backpack dan fanny pack.

Download pola jaket bomber, pola celana kulot, pola hoodie jumper siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat jaket bomber dan celana kulot sendiri dengan pola yang sudah jadi.

6. Menampilkan Busana Tradisional Tiongkok

Tak hanya identik dengan outfit yang bersifat unik dan disesuaikan dengan selera berpakaian anak muda, gaya yang ditampilkan dalam di China Fashion Street atau Chinese Street Style juga kerap mengusung unsur tradisional Tiongkok yakni hanfu.

Chinese Street Fashion

Sumber : https://www.newhanfu.com/

Hanfu (汉服) yang juga dikenal sebagai Hanzhuang, merupakan baju tradisional china yang digunakan sejak dinasti Han kuno (206 SM – 220 M). Ditinjau dari asal bahasanya kata hanfu sendiri konon berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti “pakaian orang Mandarin”.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan hanfu dengan pakaian tradisional Tiongkok lainnya yaitu:

  • Hanfu memiliki kerah yang tidak jauh berbeda dengan pakaian tradisional Korea, yaitu Hanbok.
  • Satu set lengkap hanfu terdiri dari pakaian, aksesoris dan perhiasan.
  • Hanfu memiliki bagian berlapis-lapis dan terlihat besar longgar, dengan demikian siapa saja yang memakainya terlihat nyaman.
  • Kain yang dipilih untuk membuat hanfu umumnya berupa kain brokat, kapas, sutra damask dan lain sebagainya.
  • Hanfu juga memiliki pola yang merefleksikan dari budaya ritualistik Cina, seperti gambar naga, gajah, harimau, matahari, bulan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik mengenai China Fashion Street atau Chinese Street Style yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang China Fashion Street atau Chinese Street Style jadi makin bertambah.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.