Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Kebaya Encim…

7 Fakta Menarik Kebaya Encim : Sejarah Hingga Penggunaannya Kini

Dikenal sebagai salah satu model kebaya wanita yang sangat populer di Indonesia, kebaya encim yang memiliki ciri sangat khas yakni identik dengan kerah berbentuk V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah pada prinsipnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya Encim

Kebaya encim merupakan sejenis kebaya yang identik dengan kerah berbentuk V kemudian bagian depannya dihias pula dengan aksen bordiran atau renda lebar hingga sampai bawah. Seperti layaknya kebaya wanita yang lain, kebaya encim inipun juga mengalami proses yang panjang hingga bisa jadi salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Kebaya Encim

Sumber : https://shopee.co.id/

Fakta Menarik Kebaya Encim

Mau tahu seperti apa sejarah awal terciptanya kebaya encim hingga penggunaannya saat ini?. Berikut kami bagikan beberapa fakta unik dan menarik tentang kebaya encim yang perlu kamu ketahui.

1. Asal Mula Kebaya Encim

Dilihat dari sejarahnya kebaya encim sendiri awalnya muncul sebagai bentuk akulturasi budaya Indonesia, budaya Melayu, budaya Tionghoa dan budaya Belanda yang masuk lewat jalur perdagangan pada abad ke-19.

2. Sebutan Aslinya Kebaya Nyonya

Kebaya encim memiliki sebutan asli kebaya nyonya. Nama tersebut mengacu pada banyaknya pengguna kebaya yang didominasi oleh para nyonya dari kalangan atas.

Kebaya Encim

Sumber : https://www.zalora.co.id/

3. Penggunaan Kebaya Encim

Selain hanya dipakai oleh kalangan atas, pemakaian kebaya encim dulu juga terbatas pada peristiwa penting atau acara resmi. Namun seiring berkembangnya zaman, kebaya encim ini juga mulai dipopulerkan sebagai pakaian sehari-hari untuk acara semi formal bahkan casual oleh perempuan Tionghoa.

Berawal dari situ juga nama kebaya nyonya pun menjelma menjadi kebaya encim.

  • Kata encim sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Hokkian, bahasa suku Tionghoa yang paling dominan di Batavia.
  • Dari situ akhirnya digunakanlah nama encim yang langgeng dipakai untuk menyebut kebaya tersebut hingga saat ini.

4. Memiliki Bentuk Yang Khas

Dari segi desian kebaya encim juga memiliki bentuk yang sangat khas dan berbeda dengan model kebaya wanita yang lainnya. Beberapa ciri paling khas yang melekat pada kebaya encim yaitu:

  • Kebaya encim memiliki tampilan seperti blus dengan sudut melancip dari bagian pinggang sampai ke paha, tetapi agak sedikit landai pada bagian belakang.
  • Kebaya encim memiliki kerah yang menyerupai huruf V dan terdapat renda-renda pada sejumlah bagian kebaya yang menambah kesan elegan.
  • Dibandingkan dengan model kebaya wanita yang lain, ukuran kebaya encim juga relatif lebih pendek yakni hanya sampai batas atas pinggul.

Kebaya Encim

Sumber : http://www.majesticva.com/

5. Bahan Untuk Kebaya Encim

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, bahan kain yang digunakan untuk kebaya encim umumnya didominasi oleh bahan kain katun atau juga kain organza.

  • Kain Katun

Kain katun merupakan kain yang terbuat dari serat kapas alami, sehingga membuatnya nyaman digunakan dalam berbagai cuaca.

  • Kebaya encim dari kain katun memiliki karakteristik yang lentur dan tidak kaku.
  • Kebaya encim dari kain katun memiliki sifat menyerap keringat dan dapat menjaga tubuh tetap sejuk.
  • Kebaya encim dari kain katun memiliki warna-warna yang cerah sehingga saat dipakai mampu memberikan kesan yang segar dan anggun.
  • Kebaya encim dari kain katun nyaman dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.
  • Kebaya encim dari kain katun cocok digunakan dalam situasi formal, semi formal maupun casual.

Kebaya Encim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kain Organza

Kain organza merupakan kain yang tipis, ringan dan transparan. Kain ini umumnya terbuat dari serat polyester, serat sutra atau campuran serat lainnya.

  • Kebaya encim dari kain organza memiliki struktur yang unik dan sangat cocok pakai untuk memberi kesan feminin namun tetap edgy pada penampilan.
  • Kebaya encim dari kain organza cenderung mengkilap dan semi transparan sehingga memberi kesan mewah.
  • Kebaya encim dari kain organza bobotnya ringan dan mudah mengembang.
  • Kebaya encim dari kain organza sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai macam busana wanita yang lain seperti rok ataupun celana.

Kebaya Encim

Sumber : https://madamerabbitofficialstore.com/

Selain didominasi oleh dua bahan di atas ada juga kebaya encim modern yang dibuat dari bahan brokat. Khusus untuk kebaya encim yang dibuat dari bahan brokat ini bagian depannya bisa dibordir bisa juga tidak.

  • Kebaya encim dari kain brokat memiliki tampilan yang mewah dan elegan karena motifnya kaya akan unsur dekoratif.
  • Kebaya encim dari kain brokat sangat cocok digunakan untuk acara formal, pesta atau acara istimewa lainnya.
  • Kebaya encim dari kain brokat bahannya cenderung tidak mudah kusut ataupun lecek.

Kebaya Encim

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Warna Kebaya Encim

Selama masa pendudukan Belanda kebaya encim dulunya lebih banyak dibuat dari kain berwarna putih padahal sebenarnya warna putih sendiri kurang lazim digunakan masyarakat Cina karena melambangkan kedukaan.

Kebaya Encim

Sumber : https://shopee.co.id/

Barulah setelah perang Dunia II kebaya encim mulai hadir dalam warna-warna yang cerah dan terang seperti warna merah, kuning, fuchsia, hijau lemon, turquoise atau biru benhur.

Kebaya Encim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Padupadan Kebaya Encim

Untuk ide padupadannya kebaya encim sering dipadukan dengan sarung atau kain batik yang bermotif burung hong, phoenix, liong, naga, hingga bunga peony.

Selain dipadupadankan dengan sarung atau kain batik, kebaya inipun juga bisa kamu kombinasikan dengan berbagai model rok dan celana.

  • Untuk menghadiri acara-acara resmi atau formal kebaya encim bisa kamu padupadankan dengan rok span.
  • Sementara untuk acara-acara semi formal maupun acara santai kebaya encim bisa dipadupadankan dengan celana skinny jeans.

Untuk pelengkapnya kamu juga bisa menambahkan obi ala Jepang yang diikat atau dikreasikan dalam berbagai model. Sedangkan untuk pemilihan sepatunya pun bebas kamu masih bisa memakai kebaya encim dengan flat shoes atau wedges.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang kebaya encim yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang kebaya wanita ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.