Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Styling Kebaya Untuk…

8 Cara Styling Kebaya Untuk Pelengkap Gaya Casual

Mencari alternatif cara yang keren dan kekinian untuk mengenakan kebaya?. Khusus untuk anda yang berani tampil beda saat hangout, anda bisa memadukan kebaya dengan berbagai macam model celana dan rok yang kekinian sebagai pelengkap gaya casual.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya

Kebaya dikenal sebagai salah satu pakaian tradisional Indonesia yang kaya akan nilai filosofis. Sebab selain memiliki fungsi estetis, kebaya juga memiliki fungsi sosial sebagai pembelajaran untuk wanita agar berpakaian rapi pantas dan senantiasa menjaga kehormatannya.

Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya kebaya di Indonesia sendiri dapat dibagi menjadi 4 kategori utama yaitu:

  • Kebaya gaya adati yang biasa dipakai oleh perempuan di lingkungan kerajaan.
  • Kebaya gaya daerah / etnik Nusantara yang terdiri dari beberapa model kebaya daerah di Indonesia. Kebaya yang dimaksud yakni berupa kebaya Kutubaru dari Jawa, kebaya Bali, kebaya Betawi, kebaya Landung dari Sumatera, kebaya encim dan lain sebagainya.
  • Kebaya gaya Nasional untuk acara resmi dengan gaya klasik dan formal yang biasanya dipakai oleh tokoh pejabat pemerintah.
  • Kebaya gaya temporer yang mengalami perkembangan dan modernisasi.

Tak hanya cocok dikenakan untuk acara-acara tertentu seperti acara wisuda, acara lamaran, acara pernikahan, acara kebudayaan atau peringatan hari Kartini saja, kebaya pada perkembangannya juga bisa juga dijadikan sebagai outfit andalan yang keren saat hangout lho.

Tips Padupadan Kebaya

Tertarik untuk mengenakan kebaya sebagai pelengkap gaya casual saat hangout tapi masih bingung menentukan padupadannya seperti apa?. Jika selama ini anda sudah biasa mengenakan kebaya dengan kain tenun atau songket, tidak ada salahnya jika anda bisa mencoba tips berikut.

1. Kebaya dan Celana Kulot

Pertama anda bisa memadupadankan kebaya kartini, kebaya kutu baru ataupun kebaya encim, dengan celana kulot yang memiliki potongan basic A-line mulai dari bagian paha hingga bagian bawah.

Untuk tampilan yang casual namun tetap menonjolkan nuansa etnik anda bisa memilih celana kulit yang dibuat dari kain tenun atau kain batik.

Kebaya Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Download Pola Celana Kulot Wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana kulot sendiri dengan pola yang sudah jadi.

2. Kebaya dan Celana Jeans

Kombinasikan kebaya encim berbahan see through untuk outer dengan tank top putih sebagai inner. Untuk mempertegas kecan casual anda bisa memadupadankan keduanya bersama celana jeans dan shoulder bag yang senada.

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.idntimes.com/

Beberapa contoh model celana jeans yang cocok dikenakan untuk gaya ini diantaranya:

  • Boyfriend jeans yang desainnya cenderung longgar, hampir tidak ada lekukan dan lebih menyerupai celana jeans pria.
  • Mom jeans yang memiliki kemiripan dengan boyfriend jeans hanya saja saku belakangnya dibuat lebih tinggi dan panjangnya hanya didesain sampai di atas mata kaki.
  • Straight leg jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit).
  • Straight leg jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit).
  • Culotte jeans yang berpotongan longgar dan kerap dijadikan pilihan favorit wanita berpaha besar.
  • Celana skinny jeans yang didesain sangat ketat dari bagian pinggang sampai ujung celana sehingga saat digunakan dapat menyesuaikan bentuk kaki.

Download Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana skinny sendiri dengan pola yang sudah jadi.

3. Kebaya dan Celana Chino

Selain dipadupadankan dengan celana jeans, kebaya encim juga bisa dipadupadankan dengan celana chino dan sepatu sneakers. Untuk pemilihan warnanya tinggal sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan anda.

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.instagram.com/aruanmarsha/

4. Kebaya dan Celana Palazzo

Untuk pelengkap gaya penampilan saat ke acara outdoor, anda bisa menggunakan kebaya brokat yang dikombinasikan dengan bros dan celana palazzo.

  • Celana palazzo sendiri merupakan sejenis celana yang didesain lurus pada bagian atas dan melebar dibagian bawah.
  • Modelnya yang lebar membuat celana palazzo tetap terkesan sopan ketika dikenakan oleh wanita berhijab sekalipun.

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.idntimes.com/

5. Kebaya dan Harem Pants

Selain celana palazzo, harem pants juga menjadi salah satu jenis celana yang cocok dipadupadankan dengan berbagai model kebaya. Dalam hal ini anda bebas mau memilih harem pants yang bermotif maupun harem pants yang cenderung polos.

  • Bagi wanita yang bertubuh kurus harem pants dapat dijadikan outfit andalan karena bisa memberi efek berisi pada penampilan.
  • Bagi wanita yang bertubuh curvy atau berpinggul besar, harem pants yang dimodifikasi juga bisa memberi ilusi ramping pada penampilan.

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Kebaya dan Celana Bahan

Untuk gaya yang chic nan trendi padupadankan kebaya kuru baru dengan celana bahan yang dibuat dari kain twill atau drill lalu tambahkan heels untuk menyempurnakan penampilan.

Kebaya Wanita

Sumber : https://meradelima.store/

Download pola celana wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana bahan sendiri dengan pola yang sudah jadi.

7. Kebaya dan Rok Plisket

Untuk anda yang lebih suka tampil anti ribet tapi tetap ingin terlihat feminin dengan kebaya, padupadankan saja kebaya kartini, kebaya kutu baru ataupun kebaya encim yang anda miliki dengan rok plisket.

  • Rok plisket sendiri merupakan sejenis rok yang dibuat dari sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat.
  • Penggunaan rok plisket dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.

8. Kebaya dan Rok Tutu

Bagi anda yang memiliki postur tubuh kecil, kenakan kebaya yang simle dengan rok tutu yang didesain dalam ukuran panjang sebatas lutut atau betis. Untuk menyempurnakan penampilan tambahkan pula heels agar kesan yang dihasilkan tampak lebih jenjang.

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.instagram.com/becktum/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah trik styling kebaya yang bisa anda coba untuk pelengkap gaya casual. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan cara baru dalam padupadan busana ya.

Ingin membuat kebaya sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola kebaya siap pakai yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.