Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Terbaik…

5 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Kemeja Tactical

Kemeja tactical dikenal sebagai salah satu jenis kemeja yang dapat digunakan untuk banyak keperluan. Bagi anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang karakteristik kemeja tactical dan juga bahan kain yang biasa digunakan untuk membuatnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kemeja Tactical

Kemeja tactical merupakan sejenis baju seragam yang termasuk kategori kemeja PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Kemeja ini dinamakan demikian karena secara desain memang mempunyai tampilan yang praktis atau taktis dengan beberapa saku / kantong penyimpanan seperti halnya kemeja PDL.

Untuk pilihan modelnya kemeja tactical sendiri secara umum dapat dibedakan dalam dalam dua macam varian, yakni kemeja tactical model w-tac dan emeja tactical model 511.

  • Kemeja Tactical Model W-Tac

Kemeja tactical model W-Tac merupakan sejenis kemeja yang tidak begitu banyak mempunyai perekat, hanya bagian dadanya saja. Kemeja tactical model W-Tac ini biasanya sering dipakai para pekerja lapangan.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kemeja Tactical Model 511

Kemeja tactical model 511 merupakan sejenis kemeja dengan banyak perekat di setiap sakunya. Mulai dari bagian dada, lengan dan sebagainya.

Kemeja Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

Tidak hanya digunakan untuk seragam tentara dan pakaian dinas lapangan, kemeja tactical inipun sekarang juga mulai dikembangkan untuk berbagai kegiatan lain seperti adventure, riding atau sekadar pelengkap fashion. Dari berbagai kegiatan tersebut jenis bahan yang digunakan juga akan berbeda.

Bahan Untuk Kemeja Tactical

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh bahan kain yang sering digunakan untuk membuat kemeja tactical antara lain berupa:

1. Kain Kanvas

Pertama ada kain kanvas yang ketahanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Walaupun memiliki permukaan yang sedikit kasar dan tebal, kain kanvas ini sampai sekarang masih menjadi pilihan favorit dalam membuat kemeja outdoor termasuk kemeja tactical.

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi, bahan kanvas inipun memiliki berbagai variasi pilihan bahan tergantung pada proses pembuatan dan spesifikasi bahannya. Khusus untuk kemeja tactical anda bisa memilih bahan kanvas jenis baby canvas.

Kemeja Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kain American Drill

Kain American drill merupakan salah satu varian drill yang seratnya lebih kecil dan teksturnya cenderung halus dibanding Japan drill. Meski berserat kecil, kain ini tetap memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik sehingga akan terasa sejuk saat digunakan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain American drill yaitu:

  • Memiliki ukuran serat diagonal yang lebih besar (medium).
  • Memiliki pintalan yang kuat dan tekstur garis-garis diagonal yang terbilang sangat lembut.
  • Tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik itu cuaca panas maupun cuaca dingin.
  • Cenderung kuat sehingga memiliki masa pemakaian yang terbilang cukup lama.
  • Memiliki kualitas warna yang sangat bagus jadi tidak mudah menjadi luntur ataupun kusam.
  • Bahannya lebih kaku dan agak mengkilap dibanding varian drill yang lain.

Dengan bahannya yang cederung kuat dan padat, kemeja tactical yang dibuat dari kain American drill sangat cocok dipakai untuk melindungi tubuh ketika melakukan adventure atau sekedar pelengkap fashion ketika keluar rumah.

Kemeja Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kain Japan Drill

Kain Japan drill termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki serat benang cukup tebal, namun ketika digunakan tetap terasa sejuk karena mampu menyerap air dengan baik. Kelebihan lain Japan drill yaitu warnanya tidak mudah luntur dan memiliki konsentrasi katun yang tinggi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain Japan drill yaitu:

  • Memiliki pintalan yang kuat dan tekstur garis-garis diagonal yang terbilang sangat lembut.
  • Material penyusun kain Japan drill memiliki komposisi katun yang lebih tinggi.
  • Dengan komposisi katunnya yang tinggi daya serat keringat yang dimiliki menjadi lebih baik.
  • Kelebihan lain dari kain Japan drill yaitu warnanya tidak mudah luntur dan memiliki konsentrasi katun yang tinggi.

Kemeja Tactical

Sumber : https://karambeeakonveksi.com/

Bahan Japan drill yang tergolong kuat untuk bahan pakaian tactical memungkinkan anda untuk lebih leluasa dalam melakukan kegiatan outdoor.

4. Kain Twill

Kain twill juga termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tekstur sangat khas yakni berbentuk diagonal searah/sejajar pada permukaan kainnya seperti halnya kain drill namun cenderung lebih tebal dari pada kain drill dan warna bahannya kurang mencolok.

Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, kain twill ini umumnya sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian outdoor tidak terkecuali kemeja tactical.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.streichers.com/

5. Kain Ripstop

Kain ripstop termasuk ke dalam jenis kain yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) pada permukaannya. Untuk pembuatan kemeja tactical sendiri kain ripstop yang dapat dipakai jenisnya ada banyak, misalnya saja Kain TR Ripstop (PERNUSA) dan Kain TR Ripstop Motif Loreng.

Beberapa karakteristik paling khas yang menjadi kelebihan kain ripstop tersebut yaitu:

  • Memiliki tampilan yang eksklusif yakni bertekstur kotak-kotak.
  • Memiliki motif yang menarik warnanya tidak mudah pudar.
  • Bahannya ringan dan tidak menimbulkan efek gerah.
  • Tergolong kuat, tahan lama dan nyaman saat digunakan.
  • Cocok dipakai untuk membuat pakaian outdoor karena bahannya juga cepat kering.

Dengan karakteristik bahannya yang tergolong ringan, tidak menimbulkan efek gerah dan cepat kering, kemeja tactical yang dibuat dari bahan ini sangat cocok dipakai untuk kegiatan yang cendrung berisiko tinggi, seperti naik gunung, menjelajah dan sebagainya.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Padupadan Kemeja Tactical

Tertarik untuk mengenakan kemeja tactical dalam berbagai kegiatan outdoor atau sekedar pelengkap gaya sehari-hari tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Untuk menghindari kesan salah kostum mungkin anda bisa mencontek tips berikut.

  • Untuk melakukan aktifitas di luar ruangan yang memiliki tingkat resiko tinggi seperti hiking atau mendaki guning pilih kemeja tactical lengan panjang lalu padupadankan dengan celana cargo atau celana PDL dan sepatu PDL.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih santai seperti jalan-jalan atau liburan, anda cukup memadukan kemeja tactical dengan celana jeans dan sepatu sneakers kemudian tambahkan aksesoris berupa topi atau gelang untuk pelengkapnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kemeja tactical dan jenis-jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan Kain Baby Kanvas, Kain American Drill, Kain Japan Drill, Kain Twill, Kain TR Ripstop (PERNUSA)maupun Kain TR Ripstop Motif Loreng berkualitas untuk membuat kemeja tactical?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.