Article

Homepage Article Kain 3 Jenis Bahan Kaos Yang…

3 Jenis Bahan Kaos Yang Banyak Dipakai Pada Rugby Shirt

Sempat booming pada tahun 90-an lalu, kini rugby shirt kembali menjadi salah satu fashion item yang digandrungi oleh banyak anak muda. Buat anda yang mau tahu seperti apa ciri khas dari rugby shirt dan juga bahan kain yang biasa digunakan sebagai material utamanya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rugby Shirt

Rugby shirt termasuk kedalam jenis kaos jersey yang biasa digunakan oleh pemain rugby saat bertanding di lapangan. Rugby sendiri merupakan cabang olahraga yang memperbolehkan pemain untuk menyepak, melontar dan mempertahankan bola menggunakan tangan untuk bisa meraih skor sebanyak-banyaknya.

Rugby Shirt

Sumber : https://shopee.co.id/

Seperti kebanyakan kaos olahraga lainnya, rugby shirt yang didesain khusus untuk bertanding di lapangan biasanya dilengkapi pula dengan nomor punggung di bagian belakang. Namun rugby shirt yang tidak dimaksudkan untuk permainan kompetitif biasanya tidak mencantumkan nomor punggung.

Rugby Shirt

Sumber : https://id.carousell.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan rugby shirt dengan model kaos olahraga lainnya yaitu: 

  • Rugby shirt biasa dibuat dalam warna solid dan memiliki desain garis horizontal (mendatar) di bagian badan.
  • Secara tradisional garis-garis yang ada pada rugby shirt tersusun dalam warna-warna solid yang saling bergantian.
  • Rugby shirt memiliki kemiripan dengan kaos polo tetapi kerahnya lebih kaku.
  • Rugby shirt biasa dilengkapi dengan manset pada bagian ujung lengannya.  
  • Terdapat pula belahan pada bagian depan yang dilengkapi dengan kancing untuk memberi kemudahan pada pemain rugby.
  • Rugby shirt model New Zealand memiliki satu buah kancing pada bagian placketnya.
  • Sedangkan rugby shirt model Inggris memiliki dua atau tiga buah kancing pada bagian serupa.
  • Kancing pada rugby shirt dapat berupa logam atau plastik tetapi tidak boleh mempunyai tepi-tepi yang tajam agar tidak melukai pihak lawan.
  • Rugby shirt sering memiliki aksen “V” besar di leher sebagai bagian dari desain mereka.

Bahan Pembuatan Rugby Shirt

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, rugby shirt sendiri sedari dulu umumnya selalu dibuat dari bahan katun. Namun seiring dengan berjalannya waktu sekarang banyak juga produsesn rugby shirt yang memakai poliester maupun campuran katun dengan serat sintetis.

1. Bahan Kaos Katun

Bahan kaos katun yang dibuat dari serat kapas termasuk ke dalam salah satu jenis bahan yang banyak dipakai untuk rugby shirt. Kain  ini secara umum memiliki dua jenis rajutan yakni single knit dan double knit, tapi sebagian besar yang dijual di pasaran adalah single knit.

  • Single knit berarti rajutan benangnya adalah single dan penggunaannya hanya satu  permukaan saja. Kain kaos katun single knitt biasanya terlihat lebih rapat dan padat.
  • Double knit berarti rajutan benangnya adalah double dan penggunaannya bisa dibolak-balik. Kain kaos katun double knit biasanya terlihat kurang rapat dan lentur, sebutan lainnya adalah interlock.

Kelebihan rubgy shirt yang dibuat dari serat katun diantaranya:

  • Rugby shirt dari bahan kaos katun cocok untuk dipakai di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.
  • Rugby shirt dari bahan kaos katun memiliki karakteristik kuat, lentur dan nyaman saat dikenakan.
  • Rugby shirt dari bahan kaos katun memiliki daya serap keringat yang bagus dan tidak berbulu.
  • Rugby shirt dari bahan kaos katun tidak mengkerut apabila dicuci.
  • Rugby shirt dari bahan kaos katun tidak luntur untuk bahan berwarna.

Sementara kelemahan rugby shirt dari bahan katun yaitu cenderung mudah kusut, mudah rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam detergen, serta rentan terhadap jamur.

2. Bahan Kaos PE

Selain katun ada juga bahan kaos PE alias bahan kaos polyester yang dibuat dari material ester. Dimana ester itu sendiri merupakan hasil sampingan minyak bumi yang dibuat menjadi serat fiberpoly. Kain PE apabila dibakar akan menimbulkan bau seperti layaknya plastik dan jalan apinya cepat.

Bergantung pada desain dan kegunaannya bahan PE sendiri dapat dibagi menjadi dua macam, yakni berupa PE single dan PE double.

  • PE single berarti rajutan benangnya adalah single dan penggunaannya hanya satu  permukaan saja tidak bisa dibolak-balik.
  • PE double berarti rajutan benangnya adalah double dan penggunaannya bisa dua permukaan artinya bisa dibolak-balik.

Dibandingkan dengan rugby shirt dari bahan kaos katun, rubgy yang dibuat dari bahan PE ini kebanyakan memang cenderung lebih tipis, agak kasar dan memiliki daya serap keringat yang kurang baik. Meski demikian rugby shirt dari kain kaos PE ini justru banyak diminati karena kainnya cenderung tidak mudah kusut.

3. Bahan Campuran

Berikutnya ada bahan kaos yang dibuat dari campuran katun dengan serat sintetis yang lain seperti misalnya poliester. Karena dibuat dari dua jenis serat yang berbeda, rugby shirt yang dihasilkan umumnya juga mewarisi sifat yang ada pada kedua jenis serat tersebut.

Tips Padupadan Rugby Shirt

Meski pada awalnya hanya dibuat untuk keperluan olahraga saat ini rugby shirt tengah berkembang menjadi salah satu fashion yang sedang trend. Bahkan sekarang banyak sekali brand atau merek yang memproduksi rugby shirt untuk pemakaian sehari-hari.

Rugby Shirt

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dari segi desain rugby shirt yang dibuat untuk pelengkap gaya sehari-hari sebenarnya tidak jauh beda dengan rugby shirt yang biasa dipakai untuk olahraga. Hanya saja ukuran garis-garis yang terdapat pada rubgy shirt kebanyakan sudah dimodifikasi.

Rugby Shirt

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk mengenakan rugby shirt sebagai outfit andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mencontek tips berikut.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang keren saat hangout anda bisa memadupadankan rugby shirt dengan celana chino ataupun celana jeans.
  • Masukkan ujung kaos rugby ke dalam celana untuk mendapatkan clean look.
  • Tambahkan pula jaket denim, jaket kulit, jaket bomber atau jaket parka jika anda suka style layering.

Rugby Shirt

Sumber : https://www.dapperconfidential.com/

  • Untuk sekedar bersantai di rumah anda bisa memadupadankan rugby shirt dengan celana yang lebih casual seperti misalnya celana pendek.

Rugby Shirt

Sumber : https://www.endclothing.com/

  • Untuk tampil formal dengan rugby shirt padupadankan kaos tersebut dengan celana bahan dan jas. Motif dan warna kaos yang cerah akan menyeimbangkan kesan kaku yang dimiliki oleh jas.

Rugby Shirt

Sumber : https://lookastic.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik rugby shirt, bahan untuk rugby shirt serta tips padupadan rugby shirt yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan rugby shirt semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan rugby shirt yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Khusus untuk anda yang ingin membuat kaos sendiri tapi masih bingung dimana bisa mendapatkan bahan kain yang berkualitas, maka anda bisa memesan Bahan Kaos pada kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.