Article

Homepage Article Kain 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan…

7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memilih Kain Background Foto

Keberadaan kain background foto tidak dapat dipungkiri memang mempunyai peran cukup penting untuk meningkatkan kualitas sebuah foto produk baju maupun karya fotografi lainnya. Buat anda yang kebetulan sedang mencari kain untuk keperluan background foto produk simak dulu pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Background Foto

Background foto dapat dikategorikan ke dalam salah satu properti yang memiliki peran yang cukup penting dalam komposisi sebuah karya fotografi maupun foto produk baju. Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan fokus dan juga tambahan variasi pada  foto yang sedang diambil.

  • Background dapat digunakan untuk menutupi latar belakang foto yang terlalu ramai atau kurang sesuai sehingga hasilnya lebih fokus pada objek yang akan dipotret.
  • Background foto dapat memberikan hasil foto yang lebih seimbang dan tetap menarik untuk dinikmati.
  • Beberapa background untuk berfoto ini juga memiliki fungsi cukup praktis untuk menyulap ruangan sempit menjadi studio pribadi yang keren.

Meskipun proses editing sudah cukup canggih namun memilih berfoto langsung di depan background kain sampai saat ini masih menjadi trend yang cukup diminati banyak orang lho. Tapi ingat pemilihannya tidak boleh asal, agar foto yang dihasilkan juga tetap cantik dan menarik.

Memilih Kain Untuk Background Foto

Berencana untuk membuat foto produk sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa untuk dijadikan sebagai foto produk?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang hrus anda perhatikan dalam memilih kain background foto.

1. Hindari Motif Yang Teralu Ramai

Hindari penggunaan background foto yang motifnya terlalu ramai terlebih lagi bacground foto ini nantinya akan menjadi area terluas dalam sebuah foto.

  • Background yang terlalu ramai akan mendistraksi atau mengalihkan fokus orang yang melihat pada latar belakang foto bukan produknya.
  • Produk baju tidak akan lagi terlihat menonjol jika anda memakai kain untuk backgroud foto yang terlalu ramai.

Kain Background Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Pilih Warna Kain Yang Sesuai

Untuk menciptakan foto produk baju yang lebih bagus, pilihlah warna kain yang sebisa mungkin membuat produk anda terlihat lebih mencolok. Kalau mau aman anda bisa memilih background foto yang cenderung berwarna kalem dan netral seperti misalnya warna pastel, warna putih, warna abu-abu netral atau warna hitam.

  • Warna Pastel

Warna pastel yang kalem sangat cocok digunakan sebagai background foto produk baju apabila anda ingin menggunakan latar yang berwarna.

  • Warna Putih

Warna putih yang netral juga menjadi salah satu warna yang paling identik dengan foto produk karena hasilnya tidak pernah ketinggalan zaman dan tidak mengecewakan.

  • Warna Abu-Abu

Selain warna putih anda bisa memilih warna netral lain seperti abu-abu yang diperoleh dari percampuran dari warna putih dan warna hitam.

  • Bahan kain yang banyak digunakan sebagai background foto produk umumnya merupakan kain warna abu-abu muda yang lebih banyak unsur putihnya.
  • Warna kain yang satu ini biasanya paling banyak digunakan untuk pemotretan produk fashion, terutama foto yang melibatkan model sebagai peraganya.
  • Warna Hitam

Alternatif lain pilih kain yang berwarna hitam sebagai latar belakang foto produk baju. Kesan utama yang diberikan foto produk baju dengan latar hitam adalah elegan.

Kain Background Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Hindari Kain Yang Memantulkan Cahaya

Berikutnya hindari bahan kain yang mengkilat dan memantulkan cahaya, karena background yang terlalu mengkilat akan memberikan pantulan lampu yang kurang bagus.

Kain Background Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Pilih Kain Yang Tidak Mudah Kusut

Untuk keperluan background foto produk baju pilih bahan kain yang tidak musah kusut ataupun lecek agar foto yang dihasilkan tetap terlihat rapi. Kalaupun mudah kusut pastikan efek yang dihasilkan justru memberi kesan aesthetik pada foto yang dihasilkan.

Kain Background Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Hindari Kain Yang Menerawang

Supaya foto produk yang anda dapatkan tidak bocor hindari bahan kain yang menerawang atau transparan. Sebagai gantinya pilih kain untuk background foto dengan ketebalan yang bagus agar pantulan cahaya yang dihasilkan bisa maksimal.

Kain Background Foto

Sumber : https://www.aliexpress.com/

6. Pilih Kain Yang Perawatannya Mudah

Sebisa mungkin pilih kain yang mudah dirawat atau lebih tepatnya mudah untuk dibersihkan jika terkena noda atau kotoran. Dalam hal ini anda bisa memakai kain blacu dan kain kanvas yang memang sudah sering digunakan untuk background foto.

  • Kain Blacu

Kain blacu (kain greige) merupakan sejenis bahan kain yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain blacu merupakan warna murni atau asli (belum mengalami pewarnaan atau pemutihan) biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

  • Background foto dari kain blacu terkenal sangat lembut, tebal dan tidak memantulkan cahaya.
  • Background foto dari kain blacu cenderung ramah lingkungan, bersifat go green dan dapat di gunakan berulang kali.
  • Background foto dari kain blacu inipun sangat cocok digunakan untuk pemotretan  produk foto baju di lingkungan outdoor.
  • Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan kain yang memiliki permukaan yang sedikit kasar, serat benangnya terlihat dengan jelas dan cenderung tidak mudah robek. Khusus untuk pembuatan  background foto kain kanvas yang dipilih biasanya berupa kain baby kanvas yang mengandung banyak serat katun.

  • Kain baby kanvas cocok dijadikan sebagai background foto karena tidak memantulkan cahaya.
  • Backgroud foto dari kain baby kanvas mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku dibanding kain kanvas lainnya.
  • Backgroud foto dari kain baby kanvas memiliki kualitas bahan yang bagus, cenderung ringan dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Background foto dari kain baby kanvas tergolong tidak mudah kusut, tahan dalam segala kondisi.

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Pemanfaatan Kain Kanvas dan Kain Blacu Untuk Background Photo.

7. Perhatikan Kontras dan Komposisi Background

Perhatikan apakah kontras warna dan komposisi background foto sesuai dengan tema pemotretan yang anda inginkan.

  • Pada beberapa situasi pemotretan terkadang background juga dibiarkan menyatu dengan objek foto.
  • Pemilihan kain untuk background foto yang tepat akan turut membantu foto bercerita lebih baik.

Kain Background Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips penting yang wajib anda perhatikan dalam memilih kain background foto produk baju. Dengan menggunakan background yang tepat semoga anda bisa lebih mudah untuk membuat foto produk baju yang bagus dan mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk keperluan background / latar belakang foto produk baju. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi bahan kain yang kami miliki. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.