Article

Homepage Article Kain 6 Variasi Kain Poplin Yang…

6 Variasi Kain Poplin Yang Nyaman Untuk Pakaian Pakaian Sehari-Hari

Dikenal sebagai salah satu jenis kain yang sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai model pakaian sehari-hari, kain poplin yang diciptakan dengan menggunakan teknik plain weave ternyata variasinya ada banyak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Poplin

Kain poplin termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dibuat dengan teknik plain weave. Adapun nama poplin sendiri sebenarnya merupakan bahasa dagang yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis bahan kain dengan kontruksi 133 x 72 (artinya pada 1 inchi kain tersebut terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan).

  • Plain weave atau kadang disebut juga tabby weave merupakan sebuah teknik tenunan dimana benang lungsin dan pakan selaras sehingga mereka membentuk pola saling-silang sederhana.
  • Dalam hal ini benang-benang weft (horizontal) diikat di bawah dan di atas benang-benang warp (vertikal) secara berurutan sehingga menciptakan kain yang rata dan kuat dengan permukaan yang halus.

Kain Poplin

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Jenis-Jenis Kain Poplin

Untuk jenisnya sendiri kain poplin yang dapat digunakan sebagai bahan pakaian dapat juga dikelompokkan menjadi beberapa variasi bahan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud meliputi:

1. Kain Poplin Katun

Kain poplin katun merupakan varian poplin yang terbuat dari benang katun yang halus dan lembut. Karena terbuat dari 100% material katun maka kain ini akan terasa sangat nyaman digunakan di kulit dan menyerap keringat dengan baik.

  • Kain katun poplin cocok digunakan saat musim panas karena memiliki kemapuan menyerap keringat yang sangat baik.
  • Menggunakan pakaian berbahan poplin katun saat cuaca panas juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

Kain Poplin

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga Kelebihan dan Kekurangan Kain Katun Poplin.

2. Kain Poplin Stretch

Kain poplin stretch merupakan varian poplin yang terbuat dari benang katun atau polyester yang dilengkapi dengan elastane untuk menambah fleksibilitas dan kenyamanan kain pada saat digunakan. 

  • Kain poplin stretch memiliki kemampuan untuk meregang dengan sangat baik.
  • Kain poplin stretch lebih nyaman digunakan karena lebih fleksibel dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan bentuk tubuh.
  • Dibanding varian poplin lainnya kain poplin stretch inipun terkenal lebih padat.

Kain Poplin

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kain Poplin PE

Kain poplin polyester (PE) merupakan varian poplin yang terbuat dari benang polyester. Sebagaimana bahan kain yang dibuat dari polyester, kain poplin polyester (PE) inipun juga memiliki sifat yang kuat, tahan lama, tidak mudah kusut dan tidak mudah kendor.

Tapi karena terbuat dari benang poliester, sayangnya daya serap kain poplin PE tidaklah sebaik kain poplin katun.

Kain Poplin

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Kain Poplin TC

Kain poplin TC merupakan varian poplin yang dibuat dari gabungan benang katun dan polyester  dengan komposisi yang beragam. Dengan adanya campuran benang katun, kain TC poplin akan sangat nyaman saat digunakan sebagai bahan pakaian.

TC dalam kain poplin TC sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari “cotton polyester” yang berarti kain ini terbuat dari campuran benang katun dan polyester.

  • Kain poplin TC memiliki sifat katun yang halus dan lembut serta sifat polyester yang kuat dan tahan lama.
  • Kain poplin TC juga memiliki kualitas yang baik dalam hal pemeliharaan, tahan lama dan mudah di cuci.

Kain Poplin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Kain Poplin Plat

Kain poplin plat merupakan varian poplin dari keluarga katun yang pada umumnya dibuat dengan anyaman model plat atau polos. Seperti halnya kain katun poplin, kain poplin plat ini juga memiliki kemapuan menyerap keringat yang sangat baik dan cenderung ringan saat dikenakan.

  • Kain poplin plat dikenal kuat karena anyaman plat sendiri merupakan bentuk anyaman kain yang terkuat.
  • Saat digunakan sebagai bahan pakaian, kain poplin plat inipun jadi lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun telah melewati proses pencucian berkali-kali.

Kain Poplin

Sumber : https://fitinline.com/

Simak juga Ciri Khas Kain Poplin Plat dan Pemanfaatannya Dalam Berbagai Jenis Pakaian.

6. Kain Poplin Print

Kain poplin print merupakan varian poplin yang terbuat dari benang katun atau polyester yang dicetak dengan berbagai motif dan warna. Seperti kain poplin yang lainnya, kain poplin print ini juga dikenal unggul dari segi kualitas bahannya karena terkenal kuat dan mudah dalam perawatannya.

Kain Poplin

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meskipun banyak jenisnya, anda tidak perlu bingung karena setiap jenis kain poplin punya kelebihan yang sama. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain poplin yaitu:

  • Kain poplin memiliki permukaan yang halus dan rata karena dibuat menggunakan teknik plain weave.
  • Kain poplin memiliki serat yang sangat kuat sehingga tidak mudah robek atau rusak.
  • Kain poplin memiliki ketebalan yang sama di seluruh permukaan kainnya.
  • Kain poplin tetap tergolong ringan meskipun memiliki anyaman yang padat dan rapat.
  • Kain poplin memiliki warna yang solid dan tidak mudah luntur.
  • Kain poplin memiliki tampilan yang terkesan klasik dan elegan.
  • Kain poplin mudah dibentuk dan dijahait menjadi bermacam-macam pakaian.

Pemanfaatan Kain Poplin

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, berbagai varian kain poplin yang sudah disebutkan di atas secara keseluruhan dapat digunakan untuk banyak keperluan.

  • Dengan tampilannya yang terkesan klasik dan elegan kain poplin tak hanya cocok digunakan sebagai bahan pakaian formal tapi bisa juga dipakai untuk membuat pakaian casual.
  • Beberapa contoh produk pakaian yang dapat dibuat dari kain poplin antara lain berupa kemeja, baju koko, dress, gamis, tunik, baju blus wanita, celana, rok dan lain sebagainya.

Kain Poplin Kain Poplin

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk anda yang ingin membuat kemeja, baju koko, gamis, baju blus wanita dan rok sendiri dengan menggunakan pola yang sudah jadi anda bisa mendownload Pola Baju siap pakai yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain poplin yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan poplin yang dapat digunakan untuk membuat pakaian, semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Butuh bahan kain poplin berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.