Article

Homepage Article Kain Tekstil 3 Jenis Kain Yang Biasa…

3 Jenis Kain Yang Biasa Dipakai Untuk Membuat Fragmen atau Prototype Baju

Mencari bahan kain yang sesuai untuk membuat fragmen atau prototype baju?. Pastikan jenis kain yang anda pilih memiliki karakteristik yang tidak terlalu kaku, cukup halus, mudah dibentuk, dan tidak terlalu tebal seperti kain blacu, kain muslin, dan kain mori. 

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : https://www.clothierdesignsource.com/

Kain Blacu

Kain blacu termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang warnanya masih murni atau asli karena belum mengalami proses pewarnaan atau pemutihan.

  • Kain blacu merupakan kain yang masih mentah.
  • Warna alami kain blacu kebanyakan berupa putih tulang atau kecoklatan.
  • Kain blacu memiliki sifat fleksibel sehingga sangat mudah dibentuk menjadi berbagai macam model.

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : http://clothingasconversation.com/

Karakteristik kain blacu yang fleksibel sangat pas jika digunakan untuk membuat fragmen atau prototype baju. Bahan blacu biasanya juga banyak dipilih oleh para penjahit lantaran harganya relatif murah dan mudah didapatkan. 

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : https://www.averbforkeepingwarm.com/

Kain Muslin

Jenis kain berikutnya yang bisa anda gunakan untuk membuat fragmen atau prototype baju yaitu berupa kain muslin atau mousseline. Kain muslin ini merupakan sejenis kain katun dengan tenunan polos. Muslin umumnya dibuat dalam berbagai varian dari yang ringan dan halus sampai yang berat dan kasar.

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : https://www.indiamart.com/

Kain muslin dapat digunakan untuk menguji kecocokan garmen sebelum memotong kain yang lebih mahal. Tujuannya yaitu untuk menghindari kesalahan dalam membuat pakaian dan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan misal terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Kain muslin biasanya cenderung lebih tipis dibandingkan dengan kain blacu.

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : http://sewaholic.net/

Kain Mori

Kain mori termasuk kedalam jenis kain tenun benang kapas hasil olahan pabrik yang dibuat dengan teknik anyaman polos dan diputihkan. Kain mori umumnya memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang sempurna sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membatik maupun membuat prototype baju batik. 

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Nah itu dia pembahasan mengenai 3 jenis kain yang bisa anda pilih untuk membuat fragmen atau prototype baju. Selain kain blacu, kain muslin dan kain mori sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk prototype. Yang terpenting adalah kainnya hampir mirip dengan bahan yang akan dipakai untuk buat baju. 

Fragmen atau Prototype Baju

Sumber :  https://www.straight.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.