Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Tentang Jaket Norfolk…

6 Fakta Tentang Jaket Norfolk Yang Memiliki Tampilan Sangat Khas

Jadi salah satu jenis jaket yang cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya casual, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket norfolk / norfolk jacket yang memiliki desain cukup unik dan berbeda dari jaket-jaket lain pada zamannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Norfolk

Jaket norfolk yang biasa disebut juga dengan norfolk jacket dapat dikategorikan ke dalam salah satu model jaket yang kerap menjadi pilihan  menarik bagi mereka yang menyukai gaya klasik dengan sentuhan kasual.

Fakta Menarik Jaket Norfolk

Mau tau lebih banyak tentang asal usul jaket norfolk / norfolk jacket sampai akhirnya diadaptasi sebagai item pelengkap fashion masa kini?. Buat kamu yang penasaran simak yuk beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket norfolk yang mungkin belum banyak orang ketahui.

1. Asal Usul Historis

Jaket norfolk / norfolk jacket pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-19 di Inggris. Bahkan istilah yang dipakai untuk menyebutkan jaket norfolk sendiri konon berasal dari nama county di Inggris Timur, tempat jaket tersebut pertama kali muncul.

2. Desainnya Sangat Unik

Jaket norfolk / norfolk jacket dirancang dengan detail yang mencolok dan berbeda dari jaket-jaket lain yang berkembang pada zamannya. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket norfolk dengan jenis jaket yang lain yaitu:

  • Jaket norfolk sebagian besar dibuat dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggul.
  • Jaket norfolk memiliki kerah berdiri yang seringkali memberikan tampilan lebih rapi dan klasik pada pengguna jaket.
  • Jaket norfolk mempunyai penutup berupa satu baris kancing di bagian depan.
  • Jaket norfolk biasa dilengkapi dengan saku tempel besar yang bagian atasnya dilengkapi lagi dengan penutup saku.
  • Jaket norfolk umumnya memiliki lipatan pada bagian belakang yang memberikan lebih banyak ruang gerak pada pemakai jaket. Jenis lipatan yang dimaksud yakni berupa lipatan box pleats yang saling membelakangi pada bagian depan dan belakang.
  • Jaket norfolk kebanyakan juga dilengkapi dengan ikat pinggang yang dibuat dari bahan yang sama dengan bahan utama jaket.

Jaket Norfolk

Sumber : https://www.cathcartheritage.com/

3. Digunakan Untuk Berburu

Jaket norfolk / norfolk jacket awalnya sering digunakan untuk kegiatan luar ruangan seperti berburu atau berkuda. Desainnya yang fungsional mencerminkan pengaruh dari pakaian tradisional yang digunakan dalam kegiatan tersebut.

Jaket Norfolk

Sumber : https://www.cathcartheritage.com/

4. Jadi Seragam Militer

Selain digunakan untuk berburu atau berkuda, jaket norfolk juga diketahui pernah digunakan di dunia militer di masa lalu. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan jaket norfolk serta topi bulu sebagai seragam Angkatan Bersenjata Australia pada tahun 1916.

Jaket Norfolk

Sumber : https://www.cathcartheritage.com/

5. Evolusi Dalam Mode

Dari yang awalnya digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan saat berburu, berkuda hingga seragam militer, jaket norfolk / norfolk jacket selanjutnya juga mulai dikembangkan sebagai pakaian casual yang nyaman dan elegan untuk kegiatan sehari-hari.

  • Pada tahun 1930-an dan 1940-an, jaket norfolk kerap / norfolk jacket dikenakan bersama dengan celana panjang longgar atau knickerboxers yang serasi untuk membentuk setelan lengkap namun kini sudah jarang ditemukan.
  • Dalam dunia mode jaket norfolk juga dipopulerkan di Katalog Sears sebagai pakaian anak laki-laki pada awal abad ke-20, bersamaan dengan setelan “Buster Brown”.

Jaket Norfolk

Sumber : https://www.cathcartheritage.com/

Sementara dari segi desain, jaket norfolk / norfolk jacket pun diketahui telah mengalami banyak evolusi terutama pada bentuk lipatan yang jauh kebih bervariasi dan bentuk kerahnya yang berlekuk.

Jaket Norfolk

Sumber : https://www.cathcartheritage.com/

6. Bahan Jaket Norfolk

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jaket norfolk / norfolk jacket biasanya banyak dibuat dari beberapa jenis bahan kain seperti halnya kain wol dan kain tweed.

  • Kain Wol

Kain wol termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memberikan tampilan lebih mewah dan kehangatan ekstra untuk cuaca dingin.

  • Kain Tweed

Kain tweed merupakan kain yang terbuat dari benang wol setengah jadi dan ditenun menggunakan anyaman twill (kepar) sehingga memiliki permukaan yang cenderung kasar dan tidak rata.

Simak juga 8 Fakta Menarik Tentang Bahan Tweed Yang Perlu Kamu Tahu.

Selain dibuat dari jain wol dan kain tweed jaket norfolk / norfolk jacket bisa juga dibuat dari kain drill yang memiliki serat diagnal, kain twill yang memiliki kemiripan dengan drill tapi teksturnya sedikit lebih besar, serta kain gabardin yang biasa dibuat dari wol atau campuran serat sintetis.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang jaket norfolk / norfolk jacket yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket norfolk / norfolk jacket dan berbagai jenis jaket lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.