Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Memilih Jaket Trucker…

5 Tips Memilih Jaket Trucker Baik Dari Segi Bahan, Ukuran dan Kualitas Jahitan

Selain difungsikan untuk menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin dan berangin, jaket memang dikenal sebagai salah satu item fashion yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kualitas penampilan seseorang supaya lebih keren lagi. Buat anda yang ingin tampil beda, anda bisa milih jaket trucker yang berpotongan klasik namun tetap berkelas.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Jaket Trucker

Jaket trucker dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket berpotongan klasik yang mempunyai ciri khas berupa saku di bagian sisi kiri dan kanannya. Dilihat dari sejarahnya, trucker sendiri merupakan nama yang diusung oleh brand Levi’s untuk menyebutkan Levi’s Type Three berbahan denim yang juga menjadi ikon fashion di seluruh dunia.

Sebelumnya Levi’s pertama kali memproduksi jaket denim dari sisa bahan jeans pada awal tahun 1900-an dengan meluncurkan Type One. Desain jaket Levi’s yang pertama kali dibuat ini secara umum memiliki sebuah kantong simple pada bagian depan.

Jaket Trucker

Sumber : https://www.heddels.com/

Setelah sekian lama, Levi’s kemudian melakukan modifikasi pada model jaket denim mereka dan menambah sebuah kantong lagi pada bagian depan hingga menghasilkan jaket denim Type Two.

Jaket Denim

Sumber : https://www.heddels.com/

Untuk menyempurnakan temuan model jaket denim terdahulu Levi’s akhirnya meluncurkan Levi’s Type Three pada tahun 1962. Jaket trucker Levi’s Type Three memiliki dua buah kantong pada bagian depan yang berbentuk segitiga terbalik.

Jaket Denim

Sumber : https://www.heddels.com/

Jaket Levi’s Type Three sendiri sampai saat ini dikenal sebagai pattern dasar dari model jaket denim yang banyak dijual di pasaran. Dari yang awalnya dibuat dari kain denim, berikutnya munculah berbagai variasi model jaket trucker yang diproduksi dari bahan lain seperti kain corduroy, kain corduroy, kain kanvas bahkan bahan kulit.

Jaket Denim

Sumber : https://fitinline.com/

Tips Memilih Jaket Trucker

Tertarik untuk mengenakan jaket trucker sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat hangout, kuliah atau bekerja tapi masih bingung harus memilih jaket trucker yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam menemukan jaket trucker yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda bisa mencoba tips berikut.

1. Pilih Bahan Yang Tepat

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan ketika hendak membeli jaket trucker yaitu pilih bahan jaket yang bisa membuat anda nyaman dan memiliki proteksi yang maksimal untuk menghangatkan tubuh saat dingin.

  • Untuk pelengkap gaya casual misalnya menggunakan jaket trucker yang dibuat dari kain denim memang menjadi pilihan yang paling tepat.
  • Untuk keperluan yang lebih formal anda bisa memilih jaket trucker yang dibuat dari kain corduroy, kain kanvas dan juga kain kotak-kotak.
  • Tapi kalau anda ingin tampil lebih eksklusif dengan menggunakan jaket trucker maka tidak ada salahnya mencoba bahan kulit.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket trucker?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim, Kain Corduroy dan Kain Kanvas Marsoto yang kami miliki.

2. Sesuaikan Ukuran Badan

Salah memilih ukuran jaket tidak hanya membuat tubuh jadi sulit bergerak, tapi juga dapat merusak penampilan secara keseluruhan. Maka dari itu usahakan untuk memilih jaket yang ukurannya sesuai dengan bentuk dan postur tubuh agar tampilan anda lebih menarik.

  • Jangan mencari ukuran jaket yang terlalu kecil atau terlalu longgar apalagi jika anda memiliki postur tubuh yang cenderung kurus.
  • Panjang jaket trucker yang ideal jatuhnya masih di sekitar pinggang.
  • Untuk lengannya jangan sampai melebihi telapak tangan karena akan nampak kebesaran.

3. Pilih Warna Yang Tepat

Pertimbangkan kesesuaian warna jaket yang hendak anda pilih dengan warna kulit maupun warna kebanyakan outfit yang anda miliki untuk menghemat waktu manakala anda ingin mencari pasangan yang tepat untuk jaket tersebut.

  • Warna biru tua (indigo) menjadi pilihan jaket trucker pertama yang bisa anda coba. Dengan jaket ini dijamin tampilan anda akan terlihat klasik.
  • Untuk memudahkan anda dalam memadupadankan jaket trucker dengan busana lain pilihlah jaket trucker yang berwarna netral, seperti hitam, abu-abu, biru donker atau hijau gelap.
  • Tapi kalau anda mau tampil lebih beda tidak masalah juga jika anda memilih jaket trucker yang berwarna lebih terang.

4. Periksa Kualitas Jahitan Jaket

Untuk memastikan bahwa jaket trucker yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Jaket trucker yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Pastikan pula jahitan yang terdapat pada bagian saku atau resleting jaket benar-benar kuat.

  • Jahitan jaket trucker yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Obrasan pada tepi jaket harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap lainnya.
  • Pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting dan kerah jaket (bila ada) pemasangannya harus presisi.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jaket trucker yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan sampai anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa digunakan untuk keperluan lain hanya demi sebuah jaket yang harganya sangat mahal.

  • Biasakan untuk membeli jaket trucker yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli jaket karena harganya murah.
  • Kalau anda ingin mendapatkan jaket yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model jaket yang sejenis.
  • Tidak masalah bila anda anda membeli jaket trucker dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

Lebih tertarik untuk membuat jaket trucker sendiri tapi masih suka bingung dalam menentukan standar ukurannya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jaket kami Di Sini.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan dalam memilih jaket trucker yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi seputar tips-tips fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.