Article

Homepage Article Fesyen Muslim 5 Tips Memilih Hijab Pashmina…

5 Tips Memilih Hijab Pashmina Baik Dari Segi Bahan, Ukuran Hingga Tutorial Memakainya

Mencari model hijab cantik yang simple namun tetap terkesan mewah untuk dikenakan saat lebaran, kondangan atau keperluan sehari-hari?. Khusus untuk anda yang ingin tampil beda dari biasanya, tidak ada salahnya bila anda memakai hijab cantik model pashmina yang memiliki ukuran cukup panjang dari hijab segi empat atau hijab segitiga.

Pengertian Pashmina

Pashmina merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang bentuknya menyerupai selendang. Ditinjau dari asal bahasanya istilah pashmina konon didapat dari bahasa Persia “pashmineh” yang artinya "terbuat dari wol", karena memang jauh sebelum digunakan untuk hijab pashmina ini mulanya banyak dibuat dari serat wool.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.karawan.fr/

Pashmina wool sendiri bisa dikatakan sebagai pashmina terbaik yang bertekstur paling halus dan mewah karena memiliki ketebalan 15-19 mikron. Meski di masa lalu pashmina wool tersebut kerap digunakan sebagai lambang kemewahan, namun dengan sedikit modifikasi dari segi materialnya kini pashmina juga bisa dijadikan sebagai aksesoris wanita.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.blibli.com/

Dari yang semula menggunakan bahan wool, pashmina selanjutnya mulai dicampur dengan sutra atau bahan yang lainnya supaya terkesan lebih kuat dan bisa memberi bentuk ketika dipakai. Dengan bentuknya yang panjang dan lebar pashmina jenis ini umumnya akan terlihat sangat bagus jika dikenakan sebagai hijab, penutup bahu serta dada.

Hijab Pashmina

Sumber : https://loulouboutiques.com/

Khusus di Indonesia sendiri pashmina yang difungsikan sebagai penutup kepala alias hijab biasanya lebih banyak dibuat dari berbagai macam jenis bahan, mulai dari kain rayon, kain katun, kain chifon, kain jersey, kain linen, kain katun, sampai kain satin sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.notonthehighstreet.com/

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh hijab pashmina yaitu dapat memaksimalkan penampilan agar terkesan lebih modis dan stylish baik itu dalam acara formal maupun casual tanpa perlu banyak tambahan aksesoris apapun. Pilihan pashmina yang beragam juga melahirkan banyak kreasi model hijab cantik yang menarik.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tips Memilih Pashmina

Tertarik untuk menggunakan pashmina sebagai pelengkap gaya penampilan saat lebaran, kondangan atau sekedar hangout bersama teman tapi masih bingung harus memakai pashmina yang seperti apa?. Untuk memudahkan dalam memilih pashmina berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.

1. Bahan Pashmina

Bila anda ingin membeli pashmina perhatikan apakah bahannya terdiri dari 100% wool atau sudah bercampur dengan bahan lain. Meski sekilas tidak terlalu berpengaruh pada keindahan pashmina, namun hal ini sangat penting diperhatikan bila anda termasuk orang yang sangat mengutamakan kualitas.

Selain wool sebenarnya masih banyak lagi alternatif pilihan bahan lain yang juga bagus dan nyaman dipakai untuk membuat pashmina. Beberapa bahan yang dimaksud yakni berupa kain rayon, kain katun, kain chifon, kain jersey, kain linen, kain katun, kain satin dan bahan lain yang sejenis.

a. Kain Rayon

Kain rayon sebenarnya termasuk ke dalam jenis kain istimewa yang tidak dapat dikelompokkan kedalam jenis kain serat sintetis maupun kain serat alami. Kain ini biasanya banyak dipakai untuk menggantikan bahan sutra serta memenuhi kebutuhan serat kapas yang diproduksi secara terbatas.

b. Kain Sutra

Sering disebut sebagai ratunya kain, sutra memang menjadi salah satu jenis bahan terbaik yang diminati oleh banyak orang termasuk untuk membuat pashmina. Beberapa keunggulan yang ditawarkan kain sutra diantaranya:

  • Kain sutra memiliki kemampuan menyerap yang baik sehingga akan terasa tetap dingin meski digunakan di daerah yang bersuhu panas.
  • Kandungan asam amino yang terdapat pada benang sutra menjadikan tekstur bahannya terasa sangat lembut saat menyentuh kulit.
  • Bahan sutra memiliki ciri khas yang berkilau seperti mutiara.
  • Kain sutra dapat difungsikan sebagai tabir surya yang melindungi bagian kulit manusia dari paparan sinar ultraviolet matahari.

c. Kain Cashmere

Cashmere merupakan kain yang terbuat dari serat binatang yaitu domba cashmere yang banyak dijumpai di dataran tinggi Kashmir India. Dalam bentuk pashmina kain cashmere dapat digunakan untuk menunjang penampilan serta penghangat tubuh dari udara dingin.

d. Kain Chiffon

Kain chiffon termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan, serta tidak mudah kusut. Tapi karena teksturnya tipis kain ini sangat mudah sobek, sehingga membutuhkan perawatan yang sedikit rumit.

e. Kain Ceruti

Kain ceruti merupakan sejenis kain berbahan tipis yang memiliki karekterisik seperti chiffon namun teksturnya cenderung lebih lembut dan mudah dibentuk. Jika diamati lebih detail bahan ini memiliki pori-pori kecil menyerupai kulit jeruk pada bagian permukannya.

f. Kain Satin

Kain satin merupakan bahan pashmina yang memiliki ciri khas permukaan mengkilap, halus, dan licin. Tekstur lembut yang diperoleh dari hasil tenunan menggunakan teknik serat filamen berkualitas tinggi inilah yang memberikan kesan mewah.

g. Kain Tricot

Kain tricot merupakan bahan pashmina yang terbuat dari serat sintetis, seperti polyester, nylon dan termasuk kedalam jenis kain rajut yang memiliki karakteristik lentur, kuat, sejuk, serta lembut dikulit.

h. Polycotton

Bahan polycotton termasuk ke dalam salah satu bahan hijab cantik yang dibuat dari gabungan bahan sintetis polyester dengan serat katun (cotton). Karakteristik bahannya yang tidak panas dan tidak mudah kusut sangat cocok dipakai sebagai bahan pashmina.

i. Bahan Glitter

Bahan glitter memiliki ciri khas yang sangat mencolok dibandingkan dengan hijab pashmina atau jilbab pashmina yang lain. Keberadaan glitter pada jilbab pashmina mampu menimbulkan kesan berkilau seperti berlian.

j. Bahan Rawis

Bahan rawis merupakan bahan pashmina yang cukup populer karena memiliki ujung yang dirawis atau tanpa jahitan. Meski terlihat agak aneh bukan berarti bahan hijab itu rusak karena telah dibuat menggunakan mesin jahit khusus rawis.

k. Kain Hycon

Kain hycon merupakan jenis kain yang memiliki bentuk fisik seperti chiffon tetapi sedikit lebih tebal. Hand-feel hycon juga terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan material chifon yang licin.

l. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua yang memiliki kemampuan untuk menghangatkan di musim dingin namun juga bersifat menyejukkan di musim panas.

m. Kain Jersey

Kain jersey merupakan bahan kaos yang sangat lentur, fleksibel, memiliki serat yang rapat dan tidak terlalu tebal. Dengan sifatnya yang sedemikian unik kain jersey akan terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk hijab pashmina atau jilbab pashmina.

2. Ukuran Pashmina

Salah dalam memilih ukuran pashmina bisa membuat tubuh anda kelihatan pendek. Karena itulah selain mempertimbangkan kesesuaian bahan pashmina dengan kebutuhan anda juga harus memastikan bahwa ukuran pashmina yang hendak anda pakai sudah sesuai dengan tinggi badan anda.

  • Bila anda memiliki tinggi sekitar 150 cm, gunakan pashmina dengan ukuran 200x75 cm.
  • Bila anda memiliki tinggi di atas 150 cm, gunakan pashmina ukuran 90x200 cm.
  • Bila anda benar-benar memiliki tubuh yang sangat tinggi, mungkin anda bisa memakai pashmina yang berukuran 125x250 cm.

3. Warna Pashmina

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna pastikan anda selalu memilih warna pashmina yang tepat. Sebab sedikit saja kesalahan dalam memilih warna pashmina akan membuat penampilan jadi berantakan.

  • Kalau mau aman sebaiknya pilih warna pashmina yang serasi dengan warna busana yang anda kenakan.
  • Ingat juga untuk memilih warna pashmina yang sesuai dengan warna kulit agar wajah anda tidak jadi terlihat pucat ataupun kusam.

4. Model dan Motif Pashmina

Pashmina yang dijual dipasaran Indonesia pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai model, motif, corak dan hiasan yang unik jadi pemilihannya juga harus disesuaikan dengan busana atau pakaian yang anda kenakan.

Kalau anda kurang suka memakai pashmina yang diciptakan dalam bentuk lembaran tinggal pakai saja pashmina instan alias pastan yang belakangan ini tengah booming di kalangan hijabers tanpa harus bersusah payah untuk membentuknya lagi. Beberapa keistimewaan dari pashmina instan diantaranya:

  • Pashmina instan tersedia dalam berbagai macam pilihan bahan.
  • Cara pemakaian pashmina instan cenderung lebih mudah dan cepat tidak serumit pasahmina biasa.
  • Ketika sudah dipakai tampilan dari pastan pun tidak ada bedanya dengan pashmina biasa sebab hanya cara pemakaiannya saja yang beda.
  • Memakai pashmina instan tidak membutuhkan banyak jarum.

5. Harga Pashmina

Sebanding dengan kualitas bahannya, harga pashmina yang beredar hingga saat ini pada prinsipnya juga sangatlah beragam. Oleh sebab itu anda juga harus pintar-pintar memilih pashmina yang tepat agar tidak dirugikan. Tidak selamanya harga pashmina yang murah kualitasnya buruk begitu pula sebaliknya.

Tips Memakai Pashmina 

Setelah menemukan hijab pashmina atau jilab pashmina yang sesuai dengan kebutuhan sekarang saatnya bagi anda untuk memakai pashmina tersebut pada berbagai kegiatan yang akan dilakukan.

  • Untuk anda yang tinggal di daerah dingin pashmina dua lapis sangat cocok digunakan.
  • Sementara untuk anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia pashmina satu lapis sudah cukup mampu menghangatkan badan.

Buat anda yang suka bereksperimen anda juga bisa mencoba beberapa kreasi hijab pashmina atau jilbab pashmina yang unik dan tidak kalah menarik dari hijab cantik lainnya. Untuk inspirasi cara pemakaiannya anda bisa mengikuti tutorial berikut.

1. Pashmina Tanpa Jarum

Cara paling aman yang bisa anda coba untuk menciptakan tampilan yang menarik dengan hijab pashmina yakni kenakan pashmina tanpa jarum pentul. Cukup siapkan ciput ninja sebagai dalaman hijab lalu kenakan jilbab pashmina di bagian luaranya.

  • Kenakan ciput ninja untuk membungkus rambut dan juga kepala anda.
  • Lipat pashmina menjadi dua bagian sama panjang selanjutnya letakkan pashmina tersebut di atas kepala anda dengan kedua sisi sama panjang.
  • Ambil sisi kiri pashmina lalu lingkarkan kebelakang leher sampai kembali ke depan.
  • Dengan cara yang sama ambil sisi kanan pashmina lalu lingkarkan ke belakang leher sampai kembali ke depan.

Sisa kain pashmina yang tidak terlalu banyak menutup area depan membuat penampilan tampak clean dan fresh.

Hijab Pashmina

Sumber : https://id.carousell.com/

Alternatif lain anda juga bisa memakai pashmina tanpa jarum dengan cara memposisikan pashmina di atas kepala lalu biarkan sisi bagian kanannya lebih panjang dari sisi kiri. Bawa bagian pashmina yang panjang melalui depan dada ke arah bahu kiri sampai kembali kedepan.

Hijab Pashmina

Sumber : http://aovelhasoueu.blogspot.com/

2. Hijab Pashmina Simple

Sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari anda bisa mencoba untuk memakai pashmina dengan model simple namun tetap terkesan fashionable. 

  • Kenakan ciput ninja untuk membungkus rambut dan juga kepala anda.
  • Lipat pashmina menjadi dua bagian sama panjang selanjutnya letakkan pashmina tersebut di atas kepala anda dengan kedua sisi sama panjang.
  • Satukan kedua sisi hijab dengan jarum pentul dibawah dagu.
  • Ambil ujung pashmina sebelah kanan lalu bawa bagian tersebut melalui depan dada ke arah bahu kiri.
  • Lakukan cara yang sama untuk sisi sebelah kiri pashmina.

Hijab Pashmina

Sumber : https://hijaberscantik.com/

3. Hijab Pashmina Syar'i

Bila anda ingin berkreasi dengan pashmina tanpa melupakan syariah yang tetap harus diikuti maka anda bisa mencoba memakai pashmina dengan model syar’i agar tampilan yang didapatkan bisa tetap modis dan sopan.

  • Kenakan ciput ninja untuk membungkus kepala anda selanjutnya letakkan pashmina di atas kepala. Pastikan agar sisi pashmina sebelah kanan lebih panjang dari sisi yang lain.
  • Satukan kedua sisi pashmina dengan jarum pentul dibawah dagu lalu ambil ujung pashmina dari sisi yang paling panjang.
  • Arahkan ujung pashmina ke atas kepala anda mendekati dagu sebelah kanan lalu selipkan jarum pentul untuk mengencangkan pashmina.
  • Rapikan bagian depan pashmina dengan cara menarik sisi panjang pashmina yang bebas ke arah samping kanan kepala lalu sematkan jarum pentul untuk mengencangkan pashmina.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.tutorialhijab.org/

4. Hijab Pashmina Pesta

Sebagai pelengkap gaya penampilan saat pesta anda bisa mengkombinasikan dua pashmina yang memiliki warna berbeda kemudian tambahkan bross sebagai pemanisnya agar tampilan anda jadi lebih anggun.

  • Buatlah konde lalu gunakan ciput ninja sebelum anda mengkreasikan pashmina.
  • Ikatkan pashmina pada bagian kepala anda dan kumpulkan pada satu sisa.
  • Terakhir tarik ujung pashmina kesebelah kiri dan kencangkan dengan bross cantik.

5. Hijab Pashmina Satin

Pashmina dengan bahan satin memang cenderung lebih sulit dikreasikan karena teksturnya licin dan mengkilap. Tapi kalau anda ingin mendapatkan tampilan yang mewah dan elegan saat menghadiri acara formal hijab pashmina satin ini sangat cocok anda kenakan.

  • Posisikan pashmina diatas kepala dengan salah satu sisinya lebih panjang kemudian satukan kedua sisi pashmina kebagian belakang kepala dengan jarum pentul.
  • Ambil sisi pashmina yang panjang lalu tarik melewati dada sampai telinga. Untuk menahan posisinya agar tidak berubah sematkan jarum pentul.
  • Lilitkan sisa kain yang masih panjang supaya melingkari belakang kepala hingga ke ujung baju sebelah kiri.
  • Ambil sisi kain yang lebih pendek dan buat membentuk topi menutupi kepala.

Hijab Pashmina

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

6. Hijab Pashmina Instan

Pashmina instan sebenarnya merupakan modifikasi dari model pashmina biasa yang kemudian dikreasikan menjadi hijab instan. Karena sudah dibuat dalam bentuk instan maka pashmina ini bisa langsung dikenakan tanpa perlu tambahan jarum pentul ataupun peniti.

Hijab Pashmina

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Pashmina Tanpa Ciput

Untuk menggunakan pashmina tanpa ciput anda cukup mempersiapkan hijab pashmina dan jarum pentul saja.

  • Mula-mula letakkan pashmina di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang.
  • Ambil sisi kanan hijab pashmina dan lilitkan di atas kepala hingga kainnya kembali ke sisi bagian kanan. Sematkan jarum pentul di bagian samping kanan.
  • Ambil sisi hijab yang satunya lagi dan sematkan dengan cara yang sama. Hanya saja kali ini anda bisa menyematkan hijab pashmina di bagian pundak sebelah kiri.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara memilih pashmina baik dari segi harga, ukuran, warna, model maupun harga lengkap dengan tutorial memakainya yang bisa anda coba. Cukup praktis dan mudah untuk diikuti bukan?. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.