Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Kaos…

5 Rekomendasi Bahan Kaos Yang Adem dan Cocok Untuk Cuaca Panas

Butuh rekomendasi bahan kaos yang adem dan cocok dipakai untuk cuaca panas?. Biar ga salah pilih yuk kenali jenis-jenis bahan kaos terbaik yang bisa kamu andalkan untuk membuat kaos sehari-hari. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Kaos

Bahan kaos merupakan bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos, sejenis pakaian yang bisa digunakan oleh siapapun dan juga dari kalangan apapun. Tapi orang-orang biasanya lebih suka menggunakan kaos untuk pakaian sehari-hari karena bahannya yang adem dan nyaman saat dipakai.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan Kaos Yang Adem

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, kaos yang biasa dijadikan sebagai outfit sehari-hari pada prinsinya dapat dibuat dari berbagai bahan kain yang beragam. Kalau kamu mencari bahan kaos yang adem dan nyaman di pakai untuk cuaca panas, kamu bisa memilih beberapa bahan kaos berikut.

1. Bahan Kaos Cotton Combed

Pertama ada bahan kaos cotton combed yang memiliki ketahanan tinggi, karakteristik kainnya halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed). Cotton combed banyak dipakai untuk bahan kaos distro dengan kualitas premium.

Berdasarkan ukuran beratnya kain cotton combed ini tersedia dalam berbagai macam ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Bahan kaos cotton combed 20s terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Bahan kaos cotton combed 24s terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Bahan kaos cotton combed 30s terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Dengan menggunakan bahan kaos cotton combed sebagai bahan utamanya kaos yang dihasilkan pastinya akan menjadi lebih awet dan tetap terasa adem jika dipakai di siang hari karena bahan kaos cotton combed sendiri dikenal memiliki sifat mudah menyerap keringat.

Bahan Kaos

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bahan Kaos Cotton Bamboo

Kedua ada bahan kaos cotton bamboo yang karakteristiknya hampir sama dengan cotton combed namun benang yang digunakan pada cotton bamboo cenderung lebih halus dan jatuh (soft).

  • Bahan kaos cotton bamboo memiliki daya serap yang tinggi dan lebih tipis dibandingkan bahan cotton combed.
  • Bahan kaos cotton bamboo memiliki daya tahan terhadap susut yang baik dan permukaan yang terlihat lebih rata.
  • Selain nyaman dipakai, bahan cotton bamboo inipun juga memiliki karakteristik untuk lainnya yang jarang diketahui banyak orang.
  • Bahan cotton bamboo bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar UV (sinar ultraviolet).
  • Bahan cotton bamboo memiliki daya kapilaritas yang tinggi sehingga tidak mudah lembab dan tidak mudah berbau.
  • Bahan cotton bamboo memiliki sifat anti bakteri karena mengandung zat anti bakteri alami bernama penny quinone.
  • Bahan cotton bamboo termasuk kedalam jenis kain ramah lingkungan yang sangat mudah terurai (degredable).
  • Karena bahannya yang tipis dan adem, bahan kaos cotton bamboo sangat nyaman digunakan untuk bersantai.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Bahan Kaos Cotton Modal

Ketiga ada bahan kaos cotton modal yang dibuat dari bahan campuran serat cotton dan serat kayu (beech wood) dengan persentase campuran yang berbeda-beda sehingga membuat orang yang memakainya merasa sangat nyaman.

  • Bahan kaos cotton modal sendiri pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1951.
  • Berikutnya pada tahun 1964 sebuah perusahaan di Austria memulai memasarkan bahan cotton modal.

Dari segi kualitas, bahan kaos yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan cotton bamboo karena kainnya juga sangat lembut, halus, adem, mudah menyerap keringat dan mengeluarkannya dengan cepat, sehingga akan memberi efek sejuk bagi pemakainya.

Tapi penting untuk diketahui juga bahwa ada satu kelebihan bahan kaos cotton modal yang tidak dimiliki bahan cotton bamboo. Salah satu kelebihan yang dimaksud yaitu permukaan kain ini akan terlihat berkilau dan terkesan lebih elegan terutama jika terkena sinar matahari.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Bahan Kaos Cotton Carded

Keempat ada bahan kaos cotton carded yang kualitasnya berada sekelas dibawah katun combed. Meskipun demikian, bahan kaos cotton carded ini juga termasuk ke dalam jenis bahan kaos yang nyaman dan sering digunakan pada banyak konveksi karena bahannya terkenal adem dan juga mudah untuk disablon.

  • Bahan kaos cotton carded memiliki kemiripan dengan cotton combed, hanya saja memiliki perbedaan pada prosesnya.
  • Untuk membuat benang carded, serat kapas yang menjadi bahan utamanya harus diolah dengan digaruk menggunakan mesin carding.

Sebagai salah satu bahan kaos yang berkualitas, adem dan nyaman digunakan saat cuca panas, bahan kaos cotton carded ini pun juga tersedia dalam berbagai ukuran yaitu 20s, 24s dan 30s.

  • Bahan kaos cotton carded 20s memiliki gramasi antara 180 sampai 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Bahan kaos cotton carded 24s memiliki gramasi antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Bahan kaos cotton carded 30s memiliki gramasi antara 140 sampai 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Bahan Kaos

Sumber : https://fitinline.com/

Pembahasan lengkap mengenai Gramasi Kain dapat anda lihat kembali pada artikel Fitinline terdahulu.

5. Bahan Kaos Cotton Supima

Kelima ada bahan kaos cotton supima yang juga sering digunakan untuk sablon kaos yang bagus. Nama supima yang dipakai untuk menyebutkan bahan inipun sebenarnya merupakan singkatan kata superior pima yang artinya benang cotton superior yang berasal dari kapas pima (kapas terbaik di dunia).

Dibandingkan dengan bahan kaos yang lain, bahan kaos cotton supima sendiri sebenarnya terkenal cukup mahal tetapi kualitas yang diberikan juga sebanding. Selain menarik dari segi tampilan, kaos yang dibuat dari bahan inipun pastinya akan terasa adem dan nyaman saat dipakai.

Bahan Kaos

Sumber : https://duraking.co.id/

Kesimpulan

Nah itu dia rekomendasi beberapa jenis bahan kaos yang adem dan cocok digunakan untuk cuaca panas. Dari berbagai jenis bahan kaos yang sudah disebutkan di atas, masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga penggunannya kembali lagi pada apa yang menjadi kebutuhanmu.

Butuh bahan kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kaos Cotton Combed dan Bahan Kaos Cotton Carded yang kami miliki yuk.

Download juga pola kaos siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kaos sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.