Article

Homepage Article Kain Tekstil 5 Model Baju Koko Pria dan…

5 Model Baju Koko Pria dan Anak-Anak Lengkap Dengan Bahan Yang Bisa Anda Pilih Untuk Membuatnya

Biasa diidentikkan sebagai baju muslim pria di Indonesia, ternyata baju koko yang kita kenal selama ini sebenarnya berasal dari Tiongkok lho. Bila di masa lalu kebanyakan baju koko hanya dibuat dalam warna putih dan bentuknya cenderung monoton maka kini model baju koko pria yang berkembang di era sekarang justru tampak lebih modern.

Asal Mula Baju Koko

Baju koko merupakan baju dengan kerah tegak di leher yang dilengkapi dengan sejumlah kancing dibawahnya. Berdasarkan cerita yang berkembang, kemunculan baju koko di Indonesia konon sangat erat kaitannya dengan adat masyarakat Tionghoa yang berbaur dengan penduduk pribumi dari berbagai suku di tanah air.

Baju Koko

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Menurut pengamat budaya Tionghoa peranakan David Kwa, baju koko ini awalnya bernama baju “Tui Khim”. Kalau di  Betawi biasa disebut sebagai baju “Tikim”. Karena baju tersebut ini sering dipakai oleh engkoh-engkoh yang jika dieja ke dalam bahasa Indonesia menjadi koko maka digunakanlah istilah “baju koko”.

Baju Koko

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dalam budaya Betawi, baju koko putih yang dibuat dalam bentuk lengan panjang biasanya sering digunakan dengan celana batik khas Betawi yang berpotongan komprang (longgar) plus ikat pinggang dompetnya. Setelan ini bahkan menjadi trademark pria Betawi sekaligus umat muslim yang berpengaruh di Batavia.

Baju Koko

Sumber : http://gramha.com/

Setelah melewati masa yang cukup panjang, baju koko lambat laun berkembang semakin luas sebagai busana wajib bagi kaum muslim pria di Indonesia. Setelahnya muncul pula model baju koko modern yang dibuat dalam berbagai desain dan potongan sebagai pelengkap gaya sehari-hari atau untuk pergi ke kantor. 

Baju Koko

Sumber : https://www.sorabel.com/

Macam-Macam Baju Koko

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dahulu baju koko memang hanya dibuat dalam satu model saja, yakni berwarna putih dan berlengan panjang. Untuk mendapatkan tampilan yang tak biasa biasanya baju koko hanya dibuat dari jenis kain yang berbeda kemudian ditambahkan bordiran. 

Baju Koko

Sumber : https://www.qoo10.co.id/

Dari yang awalnya hanya dibuat dalam satu model, kini baju koko pria dan model baju koko anak mulai banyak mengalami perubahan desain menjadi lebih beragam. Modifikasi dari baju koko inipun kemudian melahirkan baju koko modern yang tampak lebih berwarna bahkan sekarang bentuknya juga tidak kalah unik.

Baju Koko

Sumber : https://ekashop.info/

Bagi anda yang kebetulan sedang mencari baju koko untuk keperluan ibadah, bekerja atau untuk sekedar bersantai mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa model baju koko pria dan model baju koko anak sebagai berikut.

1. Baju Koko Dengan Leher O dan V

Baju koko pria dengan leher berbentuk O atau V menjadi salah satu model baju koko yang sangat cocok dikenakan untuk mereka yang berleher besar. Begitupun bagi anak-anak yang kurang nyaman memakai baju koko berkerah shanghai, model baju koko anak dengan leher O dan V ini bisa menjadi alternatif yang tepat.

2. Baju Koko Lengan Panjang

Baju koko lengan panjang merupakan jenis baju koko yang dilengkapi dengan lengan berbentuk panjang. Model baju koko pria ini biasanya lebih sering digunakan sebagai pelangkap gaya penampilan saat beribadah ke masjid atau menghadiri acara keagamaan lainnya. 

3. Baju Koko Lengan Pendek

Memenuhi kebutuhan masyarakat akan model baju yang keren dan juga trendy, baju koko kini tidak lagi dipakai untuk acara keagamaan saja. Diluar sana banyak pria yang justru menggunakan model baju koko lengan pendek sebagai identitas dirinya dan menjadikannya sebagai baju sehari-hari.

4. Baju Koko Panjang

Baju koko panjang menjadi salah satu model baju koko yang memiliki panjang hingga ke mata kaki. Beberapa ada pula yang menyebut baju koko panjang dengan sebutan gamis. Di Indonesia sendiri baju koko panjang ini memang masih sebatas untuk acara keagamaan dan beribadah ke Masjid.

Baju koko panjang sebenarnya ada yang berkerah sanghai rapat dan berkerah bulat. Khusus untuk baju koko panjang yang berkerah rapat biasa disebut jubbas dan thobes (tawb). Sedangkan baju koko panjang yang berkerah bulat biasa dinamakan galabiyya.

5. Baju Koko 3/4

Model baju koko berikutnya yang tidak kalah unik yaitu baju koko 3/4 yang memiliki panjang hingga ke lutut. Model Baju Koko semacam ini konon berasal dari negara Asia Tengah, seperti Afganistan, Bangladesh, India, Pakistan, Nepal serta Srilanka dan biasa disebut dengan nama Kurta.

Untuk pelengkap gaya penampilan tiap-tiap model baju koko tersebut tentunya membutuhkan pasangan ketika dikenakan. Buat anda yang bingung menentukan padupadannya berikut ada  tiga macam busana penutup tubuh bagian bawah yang bisa anda pakai yakni berupa celana panjang, sarung dan juga sirwal.

1. Celana Panjang

Pasangan baju koko yang paling simple dan paling banyak dipakai oleh para pria Indonesia yaitu berupa celana panjang dengan ukuran dari pinggang sampai tumit.

  • Untuk acara yang bersifat agak resmi baju koko bisa dipadukan dengan celana panjang bahan.
  • Untuk acara yang sifatnya semi resmi atau santai baju koko bisa dipadukan dengan celana jeans.

2. Sarung

Pasangan baju koko dengan sarung biasanya hanya digunakan untuk keperluan ibadah, baik itu berjamaah ke masjid ataupun sholat di rumah. Sampai saat ini terdapat dua variasi sarung yang bisa dipakai untuk pelengkap baju koko pria maupun baju koko anak model apapun.

  • Sarung model biasa  yang pada umumnya hanya punya satu lubang dari atas kebawah.
  • Sarung model celana yang depannya terlihat seperti sarung tapi dari belakang nampak seperti celana.

3. Sirwal

Sirwal merupakan jenis celana yang memiliki ukuran cukup lebar dengan panjang antara betis sampai diatas mata kaki. Celana ini termasuk celana yang disunnahkan Rasulullah untuk digunakan para pria muslim. Kalau di Indonesia celana sirwal biasanya juga dapat dipakai untuk celana kantor.

Bahan Yang Bagus Untuk Baju Koko

Selain dibuat dalam berbagai model yang berbeda, bahan yang dipakai untuk membuat baju koko pria maupun baju koko anak pun pada perkembangannya juga mulai mengalami banyak kemajuan baik dari segi kualitas maupun warnanya, tidak hanya didominasi putih saja seperti model baju koko yang lama.

Beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk baju koko diantaranya ada kain polyester, kain rayon, kain katun biasa, kain katun toyobo, kain poplin, kain linen, kain chambray, kain supernova, kain balotelli hingga kain batik.

1. Kain Poliester

Kain polyester merupakan jenis kain yang dibuat dari serat buatan semacam plastik. Dalam beberapa tahun terakhir, kain polyester menjadi inovasi terbaru untuk bahan pembuatan baju koko. Salah satu pengembangan kain polyester yang cukup populer yaitu polyester dry fit yang lazim digunakan pada jersey olahraga.

2. Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang diperoleh dari serat hasil regenerasi selulosa. Karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya, jadi kain rayon ini biasa disebut sebagai serat semisintesis. Kain rayon umumnya sangat dingin saat digunakan namun cenderung mudah kusut.

3. Kain Katun Biasa

Kain katun biasa merupakan jenis bahan kain yang bagus digunakan untuk membuat baju koko pria maupun baju koko anak. Dibandingkan dengan jenis katun yang lain, bahan ini kebanyakan memiliki daya serap keringat yang lumayan baik dan dari segi harga juga relatif lebih murah.

Karekteristik lain yang menjadikan kain katun biasa sangat cocok jika diaplikasikan pada model baju koko pria maupun model baju koko anak diantaranya:

  • Kain katun terkenal mudah dalam menyerap keringat dan air.
  • Kain katun juga terkenal adem, sangat lembut dan halus saat digunakan.
  • Bahan yang dimiliki oleh kain katun otton ini sangat ringan dan enteng.
  • Bahannya yang tidak terlalu tebal sangat cocok digunakan di lingkungan yang panas sekalipun.
  • Kain katun memiliki sifat yang sangat kuat dan tidak mudah sobek
  • Kain katun cenderung tidak mudah luntur ataupun berubah warna. Meski sudah dipakai selama bertahun-tahun akan tetap awet.

4. Kain Katun Toyobo

Kain katun toyobo adalah salah satu jenis katun jepang yang mempunyai permukaan halus, lembut dan agak mengkilap, sangat cocok digunakan untuk kemeja, baju kok pria maupun baju koko anak. Keunggulan lain yang ditawarkan bahan katun toyobo diantaranya:

  • Serat kain katun toyobo cenderung kuat dan rapat, serta serabut benangnya tidak mudah terurai.
  • Kain katun toyobo memiliki karakteristik adem, halus, lembut, ringan, dan agak mengkilap.
  • Ketahanan kain katun toyobo tidak perlu diragukan lagi begitu pula dengan keawetan warnanya.
  • Ketebalan kain katun toyobo sangat pas untuk membuat berbagai model baju koko pria dan model baju koko anak karena bahannya tidaklah menerawang.

5. Kain Poplin

Kain poplin merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun. Sebagai bahan pakaian yang berkualitas kain poplin ini bisa dijumpai dalam dua varian yang berbeda yakni dalam bentuk kain poplin plat dan kain poplin stretch.

Kain poplin plat merupakan  jenis kain poplin yang tidak stretch (melar). Kain poplin plat sangat cocok untuk membuat kemeja, baju kasual, bahkan baju koko pria maupun baju koko anak karena mempunyai kelembutan katun yang cocok untuk cuaca daerah tropis.

Kalau anda menghendaki baju koko yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi dan bersifat stretch maka kain poplin stretch bisa anda jadikan pilihan yang tepat. Kain poplin stretch sangat cocok untuk membuat kemeja, pakaian kasual, pakaian kerja, maupun pakaian anak-anak.

6. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua yang terbuat dari serat alami tumbuhan linen. Secara umum kain linen ini memiliki karakteristik yang cukup istimewa yakni bertekstur sangat halus jika disentuh sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat baju koko pria maupun pakaian vintage lainnya.

Variasi lain dari linen yang juga bagus untuk membuat baju koko yaitu berupa Kain Linen Rami yang terbuat dari serat alami tumbuhan rami. Karena mempunyai kemiripan tekstur dengan serat linen kain ini juga tidak bersifat panas saat dikenakan. Sangat bagus bila dipakai sebagai bahan baju koko pria maupun baju koko anak.

Kombinasi antara linen dengan rami yang memiliki sifat dasar cukup unik dengan tekstur dan tampilan yang sangat khas mampu menghasilkan beberapa sifat unik yang mungkin tidak bisa anda temukan pada jenis kain yang lain diantaranya:

  • Kain linen rami tahan terhadap bakteri maupun jamur.
  • Permukaan kain linen rami agak kasar dan cenderung terlihat serat kainnya.
  • Kain linen rami mampu menyerap molekul air yang baik sehingga cepat kering jika basah.
  • Sifat rami yang terkenal kuat membuat bahan tenunan rami sangat berkilau, tahan cuci, dan warnanya tidak mudah berubah oleh sinar matahari.
  • Kain linen rami juga nyaman dipakai, tidak panas dan tidak transparan.

7. Kain Chambray

Kain chambray merupakan kain yang memiliki tampilan fisik seperti denim namun cenderung lebih tipis sehingga tetap nyaman dan dingin saat dikenakan. Kain ini sebenarnya juga diciptakan dalam berbagai tekstur dan motif, ada yang bermotif fantasi denim ada pula yang bermotif oxford.

Kain katun fantasi denim termasuk kedalam salah satu jenis kain chambray yang mempunyai tektur atau motif menyerupai kain denim.

Kain katun oxford chambray merupakan jenis kain chambray yang mempunyai tektur rata (oxford).

8. Kain Supernova

Kain supernova merupakan salah satu jenis kain katun yang bahannya halus, lembut, adem dan tidak tembus pandang kecuali untuk supernova warna putih. Dalam satu lembar kain supernova bisa dijumpai adanya 2 warna secara bersamaan. Bila warnanya biru dongker ada campuran abu (muda/tua) dalam warna dongkernya.

Kain supernova umumnya juga memiliki tekstur misty (seperti motif gerimis). Tekstur misty yang terdapat pada kain supernova ini bisa dilihat secara jelas dari foto close up yang diambil dari kain supernova warna black atau mocca. Untuk variasinya dikenal dua jenis karakter kain supernova.

  • Kain supernova sedang yang tampilannya agak jatuh.
  • Kain supernova tebal yang teksturnya sedikit kaku di bandingkan yang sedang.

9. Kain Balotelli

Kain balotelli merupakan kain yang terbuat dari bahan campuran katun dengan bahan lain. Kain ini secara keseluruhan memiliki tampilan yang halus, ringan, jatuh dan bertekstur khas seperti kotak-kotak kecil sehingga layak menjadi salah satu bahan dari baju koko terbaik.
Keistimewaan lain yang bisa anda temukan pada bahan kain balotelli diantaranya:

  • Kain balotelli memiliki karakteristik padat, bertekstur ringan, terkesan jatuh, dan tidak menerawang.
  • Sepintas tekstur kain baloteli terlihat sangat mirip dengan kain satin, tetapi jika diamati secara detail sebenarnya sedikit lebih kasar.
  • Kain balotelli tersedia dalam berbagai macam warna yang menarik.

10. Kain Batik

Kain batik menjadi bahan kain berikutnya yang juga bisa dipakai untuk baju koko. Sebagai bahan baju koko kain batik ini biasanya sering dijadikan sebagai variasi saja pada model baju koko pria maupun model baju koko anak.

Demikian pembahasan singkat mengenai asal mula baju koko, model baju koko serta bahan yang biasa dipakai untuk membuatnya. Kalau anda lebih tertarik untuk menjahit baju koko sendiri tapi bingung bagaimana cara membuat polanya anda bisa mendownload pola baju koko dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.