Article

Homepage Article Desain Fesyen Cara Mudah Mendesain dan…

Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Kebaya Wanita Sesuai Bahan Kainnya

Tampilkan kesan sederhana dan elegan dalam waktu yang bersamaan, kebaya yang kita kenal sampai saat ini ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan lho. Selain tersedia dalam berbagai model yang cantik, kebaya sendiri tenyata juga memiliki keunikan dari segi teknik menjahitnya yang menarik untuk dipelajari.

Definisi Kebaya

Ditinjau dari asal bahasanya istilah kebaya konon diambil dari kata "Abaya" yang dalam bahasa Arab berarti pakaian. Ada pula yang menganggap bahwa kebaya berasal dari China kemudian menyebar hingga ke Indonesia, namun tidak sedikit juga yang mengatakan kebaya memang asli dari Indonesia. 

Kebaya Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bentuk paling sederhana dari sebuah kebaya diperkirakan berasal dari era Majapahit. Dimana jenis pakaian ini dulunya hanya terdiri dari sebuah kain penutup tubuh bagian atas yang dipadukan dengan kemben motif. Kebaya sendiri tercatat sebagai pakaian ketika bangsa Portugis mendarat di tanah Jawa.

Dari yang awalnya hanya berbentuk sederhana, sampai saat ini telah banyak perubahan desain yang dialami kebaya. Termasuk dari segi pola kebaya, siluet, cutting, serta garis luar pada kebaya yang semakin bervariasi. Bahan yang digunakan pun juga semakin beraneka macam mulai dari brokat, chiffon, tulle hingga kain jumputan. 

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.instagram.com/

Dengan semakin banyaknya pilihan bahan kebaya ditambah adanya pola baru dalam model kebaya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman yang sedang berlangsung maupun selera pemakai maka bisa dilihat bahwa Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang cukup besar di bidang fashion.  

Kebaya Wanita

Sumber : https://www.instagram.com/

Jika di masa lalu sebagian besar kebaya wanita lebih sering dipadukan dengan sarung, kain batik ataupun kain songket, maka kini berbagai model kebaya modern yang terus bermunculan juga bisa dikenakan dengan busana penutup tubuh bagian bawah berupa rok, celana kain bahkan celana jeans. 

Kebaya Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Mudah Mendesain Kebaya Wanita

Butuh kebaya yang bagus untuk keperluan wisuda, kondangan atau acara penting lainnya tapi belum menemukan model dan ukuran yang tepat?. Solusinya anda bisa membuat kebaya sendiri sesuai desain dan ukuran yang anda inginkan.

Khusus untuk anda yang berminat membuat kebaya wanita sendiri berikut kami bagikan sedikit tips yang bisa anda terapkan dalam membuat kebaya.

1. Siapkan referensi dua model kebaya yang anda inginkan. Supaya lebih mudah dalam menemukan modelnya anda bisa browsing di internet atau mencari inspirasi dari majalah fashion.

  • Untuk masalah model atau desain kebaya sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan, apakah kebaya tersebut akan dikenakan di dalam atau luar ruangan.
  • Bila anda ingin membuat kebaya untuk dikenakan di luar ruangan, sebaiknya hindari kebaya panjang karena akan cepat kotor.
  • Usahakan untuk membuat desain model kebaya yang cocok dengan usia anda.
  • Pastikan desain dan model kebaya yang anda pilih tidak terlihat terlalu tua atau bahkan kekanak-kanakan.
  • Misal anda ingin membuat kebaya wisuda sebaiknya pilih model kebaya yang cenderung simple, hindari pemakaian payet yang berlebihan.
  • Kalau untuk keperluan pesta atau pernikahan anda bisa memilih model kebaya modern yang terkesan lebih glamour dan mewah.

2. Untuk membuat satu setel kebaya minimal anda harus mempersiapkan kain untuk kebaya dan juga penutup tubuh bagian bawahnya.

  • Sebagai bahan kebaya anda bisa memilih kain brokat, organdi, katun, sutra, chiffon, tulle dan jumputan.
  • Bila anda memiliki tubuh yang cenderung kurus, sebaiknya pilih bahan kain yang memiliki motif “agak berat”.
  • Bila anda memiliki tubuh besar kain yang bertekstur lembut dan ringan merupakan pilihan yang tepat.
  • Sebagai penutup tubuh bagian bawah anda bisa memakai kain batik, kain songket atau bahan lainnya yang dijahit menjadi sebuah rok atau dibiarkan dalam bentuk lembaran.
  • Sebagai dalaman (furing) untuk dalaman kebaya yang transparan pilih bahan kain yang biasa saja asal nyaman saat dikenakan dan dapat menyerap keringat. Samakan ukurannya dengan ukuran kebaya.

Saat membeli kain untuk kebaya perhatikan pula beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Pilih warna dasar bahan kebaya yang sesuai dengan tone kulit anda.  
  • Saat mengombinasikan bahan kebaya, pastikan anda membeli kain yang bermotif dan juga kain polos.
  • Perpaduan dari kedua kombinasi bahan tersebut pastinya harus diserasikan corak dan warnanya.

3. Buat kebaya sesuai ukuran badan anda agar kebaya tersebut terasa lebih nyaman saat dikenakan.

  • Usahakan untuk tidak mendesain kebaya wisuda atau kebaya untuk keperluan lain dengan ukuran yang sangat ketat agar tubuh anda tetap mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.
  • Usahakan untuk membuat kebaya dengan ukuran yang agak longgar dan tidak terlalu menonjolkan lekukan tubuh apalagi jika anda ingin mengenakannya dengan hijab.

4. Untuk mendapatkan kebaya yang bagus dan hasilnya juga memuaskan penting bagi anda untuk memilih penjahit yang tepat. Tidak masalah jika anda menjahit kebaya di modiste biasa asal hasilnya bagus pasti kebaya yang anda dapatkan juga akan terkesan lebih berkelas.

Bagi sahabat Fitinline yang punya hobi jahit menjahit dan tidak ada salahnya jika anda membuat kebaya sendiri sesuai model dan ukuran yang anda kehendaki.

1. Siapkan model kebaya yang ingin anda buat. Untuk keperluan kebaya wisuda misalnya anda bisa memilih kebaya yang berdesain simple tapi juga memiliki unsur modern di dalamnya.

  • Dengan memilih model kebaya wisuda yang simple namun tetap terkesan modern pasti penampilan anda akan terlihat berbeda dan mempesona.
  • Model kebaya modern yang simple juga akan lebih memudahkan anda saat menjahitnya karena memang tidak membutuhkan banyak detail.

2. Persiapkan bahan dasar kebaya begitu pula kain penutup tubuh bagian bawahnya.

  • Untuk membuat kebaya anda bisa memilih kain brokat, organdi, katun, sutra, chiffon, tulle dan jumputan.
  • Siapkan pula kain batik, kain songket atau bahan kain yang lainnya sebagai penutup tubuh bagian bawah.
  • Pada kebaya yang bahan dasarnya transparan tambahkan kain furing yang nyaman saat dikenakan dan dapat menyerap keringat. 

3. Untuk membuat sebuah kebaya yang berkualitas dan terasa nyaman saat dikenakan perlu dilakukan pengukuran yang tepat.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengambil ukuran badan diantaranya:

  • Tali ukur atau meteran.
  • Tali untuk mengikat bagian pinggang.
  • Ballpoint dan alat tulis lain.

Sementara beberapa bagian tubuh yang perlu diukur sebagai acuan dalam membuat kebaya wanita diantaranya:

  • Panjang tangan diukur dari ujung bahu atau pangkal lengan atas sampai ke pergelangan tangan, atau sepanjang yang anda inginkan. Untuk pengukuran ini posisikan lengan di samping badan dengan sedikit ditekuk atau dilengkungkan.
  • Panjang baju diukur dari ujung bahu teratas sampai bawah. Sesuaikan panajng kebaya dengan kebutuhan.
  • Lebar bahu diukur dari leher bawah samping sampai ke titik bahu terendah (pertemuan bahu dan lengan).
  • Lingkar pinggang diukur tepat pada bagian pinggang dalam keadaan pas, jadi jangan dilebih-lebihkan ukurannya.
  • Lingkar panggul diukur pada bagian terbesar dari panggul. Caranya dengan melingkarkan meteran kemudian ambil ukuran dalam keadaan pas.
  • Lingkar ketiak diukur melingkari ketiak.
  • Lingkar dada diukur dari bagian terpenuh dari dada kemudian melingkar ke punggung sampai kembali lagi ke titik permulaan.
  • Lingkar pergelangan tangan diukur dengan cara melingkarkan meteran pada pergelangan tangan.
  • Jika anda menemukan sedikit kesulitan saat mengukur badan mintalah bantuan orang lain.

4. Selesai melakukan pengukuran selanjutnya anda tinggal membuat pola kebaya sesuai model yang anda inginkan. Proses pembuatan pola kebaya ini kurang lebih hampir sama seperti saat anda membuat pola blouse wanita yakni buat dulu pola dasarnya kemudian kembangkan sesuai model kebaya.

Untuk anda yang ingin membuat kebaya yang simple seperti misalnya model kebaya kutu baru tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya anda bisa mendownload pola kebaya kutu baru dari kami Di Sini.

5. Setelah menentukan ukuran dan membuat pola kebaya sekarang saatnya bagi anda untuk mulai menjahit kebaya.

Tips Menjahit Kebaya Sesuai Bahan

Supaya proses menjahit yang anda lakukan berjalan dengan baik penting bagi anda untuk selalu menjahit kebaya dengan sangat hati-hati. Sebab beda bahan yang digunakan untuk membuat kebayanya beda juga cara menjahitnya.

1. Menjahit Kebaya Dari Bahan Brokat

Kain brokat merupakan bahan kebaya yang kaya akan dekorasi, terkesan mewah dan elegan. Karena kain ini memiliki tekstur yang cukup unik maka untuk menjahitnya diperlukan suatu teknik khusus.

  • Saat membuat garis rader pada bahan kebaya brokat sebaiknya hindari pengunaan rader gerigi, sebagai gantinya gunakan rader gundul.
  • Untuk menjahit bagian-bagian tertentu kebaya, supaya  jahitan yang dihasilkan tampak lebih rapi jika dilihat dari luar gunakan kampuh balik (kampuh kostum).
  • Saat menjahit kebaya brokat gunakan alas berupa kertas koran dibagian bawah kain kebaya, supaya jahitan yang dihasilkan tidak mengkerut.
  • Selesai menjahit kebaya brokat anda bisa langsung menggenakannya tanpa perlu melakukan proses menyetrika. Salah satu alasannya adalah kain brokat tidak tahan dengan panas.

2. Menjahit Kebaya Berbahan Organdi

Kain organdi merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut, berkilau, tapi bisa menimbulkan efek bervolume atau puffy. Kain ini banyak dijadikan sebagai kebaya karena menimbulkan kesan yang tidak kalah mewah dibandingkan brokat.

Untuk menjahit kain organdi gunakan kertas untuk melapisi kain, setelah bahan dikeluarkan dari mesin jahit kertas dapat dibuang atau disobek. Selain cara tersebut perlu juga diperhatikan ilihlah jarum yang kecil dan cukup runcing.

3. Menjahit Kebaya Dari Bahan Katun

Kain katun tidak hanya bagus digunakan untuk membuat kemeja saja, tapi juga dapat dipakai sebagai bahan kebaya. Untuk menjahit kebaya dari bahan katun ini tekniknya tidak begitu terlalu sulit, sahabat Fitinline tinggal menyesuaikan settingan mesin jahit dan nomor jarum jahit yang cocok dengan bahan katun.

4. Menjahit Kebaya Dari Bahan Sutra

  • Letakkan kain muslin atau tisu di bawah lapisan kain sutra untuk menjaga bentuk kainnya agar tidak tergelincir ketika digunting.
  • Siapkan jarum pentul sutra untuk menyematkan pola pada kain tanpa terlihat merusak permukaan kain.
  • Potong-potong tiap pola satu per satu, memotong dua lapisan kain bisa menyebabkan kesalahan dalam pemotongan pola.
  • Untuk potongan-potongan pola dalam lipatan, gambar kembali potongan pola tersebut dalam keadaan dibuka lipatannya.
  • Jahitlah dengan tangan potongan-potongan bahan kebaya menggunakan teknik jelujur.
  • Saat menjahitnya gunakan bantuan kertas untuk melapisi kain agar kualitas jahitan kebaya yang dihasilkan tetap bagus.
  • Pegang kain sutra dengan lurus kemudian jahit dengan kuat namun pelan.
  • Selesai menjahit kain sutra buang kertas yang digunakan sebagai alat bantu saat menjahit kebaya.

5. Menjahit Kebaya Dari Bahan Chiffon

Karakter chiffon yang licin dan transparan membuat kain ini cukup sulit ketika dijahit, sehingga diperlukan ketelitian yang tinggi saat menjahitnya menjadi sebuah kebaya wanita.

  • Untuk menjahit kebaya berbahan chiffon gunakan jarum jahit bernomor 9.
  • Saat menjahitnya anda bisa menggunakan kertas untuk melapisi kain agar kualitas jahitan tetap bagus.

6. Menjahit Kebaya Dari Bahan Tulle

Sebagai bahan kebaya, kain tulle termasuk ke dalam jenis kain yang sangat mudah dikenali, karena memiliki ciri khas seperti jaring dengan permukaan berlubang-lubang kecil seperti layaknya bentuk heksagonal.

Untuk sahabat Fitinline yang ingin mengaplikasikan kain tulle sebagai bahan kebaya berikut beberapa tips menjahit tulle yang bisa anda coba.

  • Pada saat proses pemotongan kain tulle yang kaku anda bisa langsung memotongnya.
  • Tapi kalau anda ingin menggunakan kain tulle yang lembut sebagai bahan model kebaya moden, maka sebaiknya anda melapisinya dengan kertas saat memotongnya.
  • Saat menjahitnya gunakan bantuan kertas untuk melapisi kain agar kualitas jahitan kebaya yang dihasilkan tetap bagus.

7. Menjahit Kebaya Dari Bahan Jumputan

Bahan jumputan menjadi salah satu jenis kain tradisional yang banyak dipakai untuk membuat model kebaya modern jenis kutu baru. Untuk menjahit kebaya dari bahan jumputan caranya bisa dikatakan cukup mudah karena tidak membutuhkan bantuan kertas seperti layaknya cara menjahit kebaya berbahan tulle, chiffon atau organdy.

Keuntungan Membuat Kebaya Sendiri

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa proses pembuatan sebuah kebaya. Dengan menjahit kebaya sendiri andapun akan mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari diantaranya:

  • Anda bisa lebih leluasa dalam membuat kreasi model kebaya. Kalau mau yang simple anda bisa memilih model kebaya tradisional kalau mau yang mewah anda bisa memilih model kebaya modern.
  • Ukuran kebaya yang anda buat bisa disesuaikan dengan bentuk badan anda. Jadi tidak perlu khawatir lagi akan kebesaran atau kekecilan.
  • Dengan membuat kebaya kreasi sendiri anda bisa lebih menyesuaikan pengeluaran dengan anggaran yang anda miliki dibandingkan membeli kebaya wanita yang biasanya relatif mahal.
  • Sahabat Fitinline bebas memilih bahan kain seperti apa yang ingin anda gunakan sebagai bahan kebaya.
  • Membuat model kebaya sendiri akan membuat anda lebih banyak berkreasi dalam membuat baju-baju baru.
  • Model kebaya yang anda buat akan menjadi baju yang limited edition karena anda sendiri yang mendesain dan membuatnya langsung.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips mudah membuat kebaya sendiri sesuai kebutuhan anda. Simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.