Article

Homepage Article Fashion Design 5 Macam Perlengkapan Yang…

5 Macam Perlengkapan Yang Dibutuhkan Untuk Merajut

Merajut merupakan salah satu teknik pembuatan kerajinan berbahan dasar benang yang dilakukan dengan cara menyimpul dan menganyam. Cukup memilainya dengan beberapa macam tusuk dasar yang sederhana sudah bisa membuat berbagai macam benda kerajinan yang cantik dan menawan. Produk fashion design yang bisa dihasilkan dari rajutan antara lain tas wanita, sandal, sepatu, bros, topi, dan aksesoris lain. 

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://www.irishtimes.com/

Sebelum mempelajari sejumlah teknik dasar yang diterapkan dalam merajut, sahabat Fitinline setidaknya perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran proses merajut. Perlengkapan merajut yang dimaksud diantaranya berupa hakpen atau jarum rajut, benang rajut, gunting, jarum jahit, dan lem perekat. 

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://tristan-penguin.blogspot.co.id/

Hakpen

Hakpen, hakken, atau hook merupakan salah satu perlengkapan paling penting yang dibutuhkan dalam pekerjaan merajut (crochet). Hakpen yang digunakan untuk merajut sendiri umumnya mempunyai nomor tertentu yang disesuaikan dengan ukurannya. Sebagai contoh jarum nomor 7 sama dengan jarum ukuran 1.50 mm, jarum nomor 8 sama dengan ukuran 1.40 mm, dan jarum nomor 14 sama dengan jarum ukuran 0.90 mm.

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://kucrochet.blogspot.co.id/

Benang Rajut

Benang yang digunakan untuk merajut secara garis besar tersedia dalam berbagai variasi bahan, warna dan ukuran yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Mulai dari benang  yang dibuat dari bahan serat sintetis, semi sintetis, serat alam dan blending.

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://hendarti.tumblr.com/

Gunting

Usahakan untuk menggunakan gunting yang masih tajam. Fungsi utama dari gunting ini adalah untuk memotong benang pada proses penggantian warna benang maupun akhir kegiatan merajut. 

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://www.havelssewing.com/

Jarum Jahit

Jarum jahit dibutuhkan untuk menyimpan atau menyelipkan sisa benang rajut agar terlihat lebih rapi. Selain itu jarum jahit ini juga dapat digunakan untuk menempelkan aplikasi rajutan sebagai aksesoris maupun memasang zipper pada rajutan dompet atau tas. Disarankan untuk menggunakan jarum jahit yang berlubang besar.

Perlengkapan Merajut

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Lem Perekat

Lem perekat diperlukan untuk menempelkan aplikasi maupun bahan-bahan lain yang di butuhkan untuk mempercantik dan memperindah tampilan hasil rajutan.

Perlengkapan Merajut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.