Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Penting Dalam Memilih…

5 Tips Penting Dalam Memilih Benang Rajut

Benang merupakan sehelai serat panjang yang biasa digunakan untuk membuat berbagai macam produk jahit, kain tekstil, kain tenun, crochet, hingga rajutan. Untuk membuat produk rajutan sendiri dikenal berbagai macam jenis benang rajut yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Supaya tidak salah pilih, ada baiknya jika anda menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai tips memilih benang rajut yang baik dan benar. 

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://fineartamerica.com/

Ukuran dan Bentuk Benang

Sesuaikan ukuran dan bentuk benang dengan kebutuhan anda. Sebab benang rajut sendiri umumnya tersedia dalam dua variasi pilihan ada, yang berbentuk bola benang & ada pula yang berbentuk gulungan benang. Tergantung pada bahan benang yang akan digunakan.

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://pioneerthinking.com/

Bahan Benang

Benang yang digunakan untuk merajut umumnya dapat dijumpai dalam berbagai macam jenis serat bahan. Mulai dari serat hewani seperti lambswool yang bersifat hangat dan dapat menyimpan panas dengan baik, serat tanaman seperti linen atau katun yang kuat dan sangat lembut, hingga serat buatan seperti polyester atau nylon yang biasa digunakan untuk membuat pakaian bayi.

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://www.knitculture.com/

Warna Benang

Sebelum memulai kegiatan merajut anda harus memutuskan terlebih dahulu warna benang seperti apa yang akan anda gunakan. Sebab tidak semua benang rajut diciptakan dengan warna tunggal, tetapi ada pula yang tersusun atas berbagai macam variasi warna, diantaranya:

  • Heathered atau wol  : Benang dengan bintik-bintik serat berwarna berbeda.
  • Ombre : Benang beraneka ragam dengan warna terang dan gelap nuansa rona tunggal.
  • Multi colour :  Benang beraneka ragam dengan dua atau lebih warna yang berbeda
  • Self-striping : Benang yang memiliki lebih dari satu warna dan akan membentuk motif saat dirajut.
  • Marled : Benang yang terbuat dari helaian benang yang berbeda warna yang berhubungan.

Namun jika sahabat Fitinline ingin mendapatkan tampilan benang yang lebih eksklusif anda bisa mewarnainya sendiri dengan bahan pewarna alami maupun pewarna buatan.

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://yarnobsession.com/

Tebal Benang

Sesuaikan pula tingkat ketebalan benang dengan kebutuhan anda. Sebab masing-masing benang yang digunakan untuk membuat syal, kaos kaki rajut, pakaian anak, topi, maupun produk design fashion lainnya umumnya memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda satu sama lain.    

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://milnelibrary.org/

Merawat Hasil Rajutan

Supaya kualitas benang dan hasil rajutan yang anda buat tampak bagus dan terhindar dari kerusakan untuk kurun waktu yang cukup lama, sebaiknya ikuti petunjuk atau instruksi pencucian bahan yang terdapat pada label benang yang telah anda dibeli. Pada setiap gulungan benang rajut biasanya dicantumkan panduan ukuran jarum atau hakpen, panjang benang, tipe benang, cara mencuci yang disarankan. 

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://lucindawhitney.com/

Jika sahabat Fitinline ingin belajar merajut sebaiknya gunakan benang rajut yang tidak terlalu mahal kemudian periksa hasil dari rajutan yang telah anda buat. Setelah dirasa cukup bagus anda bisa beralih menggunakan jenis benang yang memiliki kualitas dan ukuran ketebalan yang lebih baik.

Memilih Benang Rajut

Sumber : http://www.woollylambyarnshop.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.