Article

Homepage Article Fashion Design 5 Macam Model Kebaya Indonesia…

5 Macam Model Kebaya Indonesia Yang Cantik dan Elegan

Kebaya dapat didefinisikan sebagai blus berlengan panjang yang biasa dikenakan bersama dengan kain sarung, kain batik, maupun kain songket. Keberadaan kebaya di Indonesia sendiri secara garis besar memiliki maka dan fungsi yang cukup istimewa, bukan hanya sebatas pakaian penutup tubuh tetapi bisa dikatakan sebagai wujud kesederhaan dari masyarakat Indonesia. 

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berdasarkan desain dan potongannya, jenis kebaya tradisional yang berkembang sampai saat ini sebenarnya dapat dibagi dalam berbagai macam varian, diantaranya berupa kebaya Jawa, kebaya Bali, kebaya encim, kebaya kutubaru dan kebaya kartini.

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://www.weddingku.com/

Kebaya Jawa

Kebaya Jawa merupakan salah satu jenis model kebaya yang cukup populer di Indonesia. Kebaya Jawa sebagian besar dibuat dari bahan kain transparan yang bermotif sederhana seperti kain broklat dan memiliki ciri khas dengan kerah yang berbentuk V. 

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://busanamuslimodis.com/

Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki ciri khas berupa tambahan obi yang dililitkan pada bagian pinggang, tidak jarang pula ditambahkan bros berukuran besar untuk mempercantik obi tersebut. Jenis kain yang sering di gunakan oleh kebaya bali ini diantaranya berupa bahan brokat dan juga bahan katun.

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://gallerykebayabali.com/

Kebaya Encim

Desain kebaya encim yang begitu cantik sebenarnya diperoleh dari perpaduan antara baju shanghai China dengan kebaya khas Melayu. Kebaya encim ini memiliki model kerah berbentuk V yang dibordir sampai bagian bawah. Bahan kain yang digunakan untuk kebaya encim didominasi oleh bahan kain katun atau juga bahan organdi. 

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://www.toko-danish.com/

Kebaya Kutu Baru

Model kebaya kutu baru pada dasarnya memiliki bentuk yang sama dengan kebaya pada umumnya. Hanya saja jenis kebaya ini memiliki tambahan kain di bagian tengah yang menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan pada bagian dada dan perut yang membuatnya terlihat semakin klasik dan elegan.

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://busanamuslimodis.com/

Kebaya Kartini

Sesuai dengan namanya jenis kebaya yang satu ini dulunya sering dikenakan oleh para wanita di masa R.A Kartini. Potongan kebaya Kartini sepintas memang terlihat sangat mirip dengan kebaya encim, hanya saja lipatan pada bagian dadanya sedikit berbeda.

Jenis-Jenis Kebaya

Sumber : http://www.clozette.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.