Article

Homepage Article Desain Fesyen 9 Tips Memilih Sepatu Kanvas…

9 Tips Memilih Sepatu Kanvas Yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Mencari sepatu kanvas yang nyaman dan dapat menunjang aktifitas anda yang super sibuk?. Untuk meminimalisir cidera yang tidak diinginkan, penting bagi anda untuk memilih sepatu kanvas yang tepat baik dari segi model maupun ukuran. Sebab pemilihan sepatu yang tidak pas bisa membuat anda tergelincir saat berjalan.

Definisi Sepatu Kanvas

Sepatu kanvas merupakan sepatu yang terbuat dari kain kanvas kemudian dikombinasikan dengan karet untuk bahan sol sepatu. Meski dari segi desain dan tampilannya terkesan sangat simple namun sepatu kanvas ini faktanya cukup diminati oleh banyak orang lantaran kegunaannya yang terbilang sangat fleksibel. 

Sepatu Kanvas

Sumber : https://ensostore.com/

Khusus di Indonesia sendiri, sepatu kanvas sempat menjadi trend tersendiri di kalangan remaja dan mahasiswa karena memiliki gaya kasual yang cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan di zaman yang serba modern ini sepatu kanvas juga sangat cocok jika dipadupadankan dengan gaya busana formal.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tips Memilih Sepatu Kanvas

Berencana untuk membeli sepatu kanvas untuk pelengkap gaya penampilan anda sehari-hari?. Supaya tidak salah pilih, berikut kami bagikan beberapa tips memilih sepatu kanvas yang bisa anda coba untuk mendapatkan sepatu yang benar-benar berkualitas baik dan terasa super nyaman saat digunakan.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.sanrense.com/

1. Kenali Bentuk Kaki Anda

Perbedaan bentuk kaki yang dimiliki oleh setiap orang akan berpengaruh terhadap model sepatu yang cocok dipakai. Karena alasan inilah penting bagi anda untuk mengenali bentuk kaki anda sendiri kalau tidak ingin salah memilih sepatu.

2. Ketahui Ukuran Kaki Anda

Setiap membeli sepatu cari tahu dulu berapa ukuran kaki anda karena seiring dengan berjalannya waktu biasanya akan terjadi perubahan pada ukuran kaki. Saat mencobanya pastikan ukuran kaki dan sepatu tidak boleh terlalu longgar atau terlalu kekecilan.

3. Belilah Sepatu Disore Hari

Untuk menjamin bahwa sepatu yang anda pilih benar-benar tepat ada baiknya bila anda membeli sepatu saat sore hari karena pada waktu tersebut ukuran kaki akan mencapai ukuran terbesarnya setelah beraktivitas seharian.

4. Cobalah Sepatu Dengan Berdiri

Berikutnya cobalah berdiri dengan sepatu yang hendak anda beli. Pastikan masih ada cukup ruang yang tersisa antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu karena ketika anda berdiri, kaki akan bergeser ke arah depan..

5. Pakailah Kaos Kaki 

Kalau anda ingin membeli sepatu kanvas biasakan untuk mencobanya dengan memakai kaos kaki. Hal ini penting untuk dilakukan agar sepatu tersebut bisa muat di kaki anda ketika anda ingin menggunakannya dengan kaos kaki.

6. Gunakan Sepatu Untuk Berjalan

Ketika mencoba sepatu kanvas pakailah keduanya untuk berjalan di atas lantai yang keras untuk merasakan apakah sepatu tersebut nyaman dipakai. Kalau dirasa kurang nyaman maka lebih baik ganti dengan sepatu yang lainnya saja.

7. Pegang Bagian Tumit dan Ujung Sepatu

Cobalah untuk memegang sepatu kanvas di bagian tumit dan ujungnya. Untuk menjamin bahwa sepatu yang anda pilih benar-benar berkualitas, kedua bagian ini harus fleksibel dan memiliki tekstur yang lembut agar tidak membuat kaki mudah lecet.

8. Uji Bantalan (Bagian Dalam)

Lakukan pengujian pada bantalan sepatu dengan cara menekan jari ke dalam sepatu. Sebisa mungkin pilih bantalan sepatu yang terasa empuk agar sepatu yang anda pakai bisa memberi kenyamanan pada lengkungan telapak kaki.

9. Pilih Warna Yang Tepat

Untuk menghindari kesan terlalu berlebihan anda bisa memilih sepatu kanvas dengan warna netral seperti hitam putih. Tapi kalau anda mau tampil lebih ramai anda bisa memakai sepatu kanvas yang dilukis atau sepatu yang sesuai dengan warna baju anda.

Keistimewaan Sepatu Kanvas   

Sekalipun termasuk ke dalam jenis sepatu yang berkesan kasual, sepatu kanvas nyatanya juga sangat nyaman dikenakan pada saat dikantor, jalan-jalan, liburan atau menghadiri beberapa acara yang bersifat formal. Tidak berhenti sampai disitu, sepatu kanvas sendiri sebenarnya juga menawarkan banyak keistimewaan lho. 

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.jumia.com.ng/

1. Daya Tahannya Cukup Tinggi

Sepatu berbahan kanvas sudah terbukti mempunyai daya tahan yang tinggi. Tidak seperti bahan kulit atau bahan lainnya, bahan kanvas ini tidak akan mudah rusak ataupun retak meski sudah berumur lama.

2. Ringan dan Bersifat Breathable

Kain kanvas yang menjadi bahan utama sepatu umumnya bersifat ringan dan breathable sehingga tidak akan membuat bagian kaki cepat berkeringat meski melakukan aktifitas yang padat sekalipun.

  • Sepatu kanvas yang ringan dan breathable sangat cocok dibawa untuk jalan-jalan maupun traveling.
  • Karena memiliki sirkulasi udara yang baik sepatu kanvas jadi tidak mudah berbau saat dikenakan.
  • Sepatu kanvas yang bersifat ringan dan santai bisa membuat kaki anda lebih rileks saat mengenakannya.

3. Cocok Dipakai Untuk Berbagai Kesempatan

Sepatu berbahan kain kanvas bisa digunakan untuk acara casual seperti jalan-jalan dan liburan maupun acara lain yang bersifat semi formal. Untuk sepatu kanvas warna hitam misalnya, sepatu ini masih bisa digunakan untuk menghadiri acara pernikahan yang mengusung tema semi formal.

4. Dapat Dijadikan Media Lukis

Sebagai salah satu jenis sepatu yang dibuat dari bahan kain, sepatu kanvas umumnya dapat dijadikan sebagai media lukis. Yang lebih kerennya lagi sepatu kanvas lukis ini juga bisa dijadikan identitas dalam gaya berpakaian anda.

  • Sepatu kanvas yang dilukis bisa membuat penampilan anda berbeda dan tidak sama dengan orang lain.
  • Motifnya yang ditampilkan pada sepatu kanvas memungkinkan anda untuk tampil dengan produk fashion yang eksklusif.
  • Sepatu kanvas yang di desain secara handmade kebanyakan memiliki kualitas yang sangat bagus, baik dari segi desain maupun kombinasi warnanya.

5.    Bahan Bakunya Mudah Didapatkan

Sepatu kanvas dapat dibuat dari bahan kain yang memiliki serat besar maupun serat kecil seperti misalnya kain kanvas WP, kain kanvas SR-10, kain kanvas terpal dan kain kanvas PE yang memiliki keistimewaan tersendiri.

a. Kain Kanvas Waterproof

Kain kanvas waterproof merupakan kain kanvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air. Bahan kain ini banyak digunakan untuk sepatu, tas, sofa dan berbagai produk pelengkap rumah tangga lainnya.

b. Kain Kanvas SR-10

Kain kanvas SR-10 termasuk ke dalam jenis kain yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek). Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain kanvas SR-10 sangat cocok untuk membuat sepatu.

c. Kain Kanvas Terpal

Kain kanvas terpal merupakan bahan sepatu yang cukup tebal dan memiliki tekstur cukup menonjol. Walapun bernama terpal, bahan kain ini bukan digunakan untuk membuat tenda terpal karena tidak bersifat anti air.

d. Kanvas PE Signifo

Kanvas signifo merupakan kain kanvas yang terbuat dari serat polyester sehingga teksturnya tebal dan kuat. Kain kanvas ini umumnya juga memiliki serat berbentuk salur dan tersedia dalam beragam pilihan warna.

e. Kanvas PE Marsoto 12 Oz

Kain kanvas PE marsoto 12 oz merupakan kain yang terbuat dari 100% serat polyester sehingga memiliki tekstur yang tebal, kuat dan kaku.

f. Kanvas PE Doubling 12 Oz

Kanvas doubling atau disebut juga Kanvas 12 Oz merupakan kain yang memiliki tekstur cukup tebal sehingga kerap dimanfaatkan untuk membuat sepatu. Kanvas doubling tersedia dalam berbagai pilihan warna.

g. Kanvas PE Plat 10 Oz

Kanvas plat atau disebut juga Kanvas 10 Oz merupakan kain yang memiliki tenunan rapat dan permukaan kainnya juga halus. 

6. Pilihan Warnanya Sangat Banyak

Seperti halnya jenis sepatu dari bahan lain, sepatu kanvas pada prinsipnya juga tersedia dalam banyak varian warna. Mulai dari warna hitam, putih, merah, hijau, navy, esspreso dan masih banyak lagi.   

7. Mudah Dipadupadankan

Sepatu kanvas mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam item fashion lainnya. Mulai dari dress casual, rok wanita, celana pendek, celana jeans, celana chinos, celana kulot, hingga celana bahan untuk pelengkap gaya yang lebih formal.

8. Perawatannya Sangat Mudah

Sepatu berbahan kanvas perawatannya bisa dibilang sangat mudah. Bila kotor sepatu tersebut cukup bersihkan dengan pembersih sepatu dan disikat secara perlahan sambil dibilas dengan air.

Cara Membuat Sepatu Lukis

Lebih tertarik untuk membuat sepatu lukis sendiri?. Kalau anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal setidaknya anda harus menguasai kemampuan menggambar yang bagus. Kalau baru pertama kali sebaiknya pilih desain yang simple karena hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kesulitan proses lukisnya.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.wudbox.in/

1. Untuk mulai membuat sepatu lukis siapkan terlebih dahulu sepatu kanvas, kuas, pensil, cat lukis (biasanya cat akrilik) dan juga pallet sebagai tempat mencampurkan warna.

  • Sepatu kanvas diperlukan sebagai media untuk melukis.
  • Kuas diperlukan untuk mengoleskan cat warna ke atas permukaan sepatu.
  • Pensil diperlukan untuk membuat gambar sketsa pola pada sepatu kanvas.
  • Cat lukis diperlukan untuk mewarnai pola yang sudah digambar dengan pensil.
  • Pallet diperlukan untuk mencampurkan cat warna agar didapatkan warna yang lebih bervariasi.

2. Selesai menyiapkan semua alat dan bahan selanjutnya buat sketsa atau pola dari gambar yang anda inginkan untuk mendapatkan hasil lukisan yang sangat baik.

3. Campurkan cat lukis pada palet kemudian aplikasikan pada pola yang sudah anda gambar sesuai referensi yang anda miliki dengan menggunakan kuas.

4. Dalam mewarnai sepatu lukis anda harus lebih hati-hati, mulai dari mencampurkan warna dengan air hingga pada mengaplikasikannya pada sepatu kanvas.

Untuk pewarnaan sendiri anda dapat menggunakan warna polos ataupun gradasi dari beragam warna.
Untuk mempermudah dalam proses melulisnya anda dapat mencampur cat lukis dengan sedikit air.

5. Setelah proses pewarnaan selesai dilakukan sekarang anda tinggal mengeringkannya dengan sinar matahari atau hair dyer kalau ingin hasil yang lebih cepat.

6. Sampai di sini proses pembuatan sepatu lukis sebenarnya sudah selesai dilakukan dan dapat langsung menggunakannya untuk beraktifitas. Tapi jika ingin lebih sempurna lagi anda dapat menyemprotkan waterproof spray pada sepatu anda.

Selain menghias sepatu kanvas dengan teknik lukis sebenarnya ada lagi lho teknik lain yang dapat diterapkan untuk memperindah tampilan sepatu anda. Teknik yang dimaksud yakni berupa teknik marbling yang prinsip dasar pembentukan motifnya dilakukan dengan memainkan bahan pewarna di atas permukaan air.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.lefashion.com/

Mau tahu lebih detail lagi tentang bagaimana cara pembuatannya?. Untuk mengobati rasa penasaran anda simak kembali pembahasan mengenai DIY : 8 Langkah Mudah Menghias Sepatu Kanvas Dengan Teknik Marbling.

Tips Merawat Sepatu Kanvas

Punya banyak koleksi sepatu kanvas di rumah anda?. Sekalipun sepatu kanvas sendiri dikenal mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik untuk mencegah bau kaki, sepatu kanvas juga tetap harus dijaga kebersihannya karena jenis sepatu yang satu ini senderung sangat mudah menyerap air.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat sepatu kanvas agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

1. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Membersihkan sepatu kanvas dengan mesin cuci kelihatannya memang lebih mudah dan efisien namun sebaiknya cara ini perlu dihindari. Sebab sepatu berbahan kain kanvas yang dicuci dengan mesin ini biasanya akan sangat rentan rusak dan berumur pendek.

  • Bila sepatu yang anda kenakan terkena noda atau kotoran sebaiknya cuci sepatu tersebut secara manual.
  • Jangan mencuci sepatu kanvas menggunakan mesin cuci karena akan merusak lem perekat yang ada di dalam sol.

2. Tunggu Nodanya Hingga Kering

Jika sepatu kanvas yang anda miliki terkena noda lumpur yang cukup banyak sebisa mungkin jangan langsung dicuci dengan air. Lebih baik biarkan noda lumpur itu mengering terlebih dahulu baru dibersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

3. Gunakan Detergen Yang Bebas Bahan Pemutih

Untuk membersihkan sepatu kanvas berwarna yang anda miliki, sebisa mungkin hindari penggunaan detergen yang mengandung pemutih karena dapat membuat warnanya jadi mudah pudar.

  • Untuk membersihkan sepatu kanvas baik yang polos ataupun yang bermotif, hindari penggunaan sabun atau deterejen yang mengandung pemutih.
  • Penggunaan detergen yang mengandung pemutih biasanya akan menyebabkan zaw warna  pada sepatu kanvas bisa memudar dengan lebih cepat.

4. Jangan Langsung Menuangkan Detergen

Untuk mencuci sepatu kanvas larutkan deterjen ke dalam air hangat kemudian gunakan campuran detergen dan air tersebut untuk membersihkan sepatu kanvas.

  • Lebih baik rendam sepatu kanvas di dalam ember berisi yang sudah berisi campuran sabun deterjen dan juga air.
  • Rendam sejenak sepatu kanvas dalam ember kemudian sikat perlahan dengan gerakan memutar  hingga sepatu benar-benar bersih.

5. Bilas Dengan Air Hangat

Jangan terlalu lama mencuci sepatu kanvas agar teksturnya tidak rusak. Jika sepatu sudah dirasa cukup bersih selanjutnya anda bisa membilas sepatu tersebut dengan air hangat untuk menghapus sisa-sisa sabun pada.

  • Untuk menjaga warna sepatu agar tampak lebih cerah bilaslah sepatu kanvas dengan air hangat.
  • Membilas dengan air hangat menjadi pilihan tepat karena bisa membuka pori-pori sepatu sekaligus membunuh kuman yang masih tersisa di dalamnya.

6. Jemur Sepatu di Bawah Sinar Matahari

Jemur sepatu kanvas kesayangan anda di bawah panas matahari langsung hingga benar-benar kering dengan sempurna. 

  • Cara terbaik untuk mengeringkan sepatu kanvas adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup.
  • Jangan membiarkan sepatu kanvas semalaman di luar ruangan karena embun pagi justru akan membuat sepatu kanvas anda kembali lembap dan rentan bau jika dipakai.
  • Untuk pengeringan yang maksimal anda bisa memasukkan bahan kain yang tebal ke dalam sepatu sebelum menjemurnya.

7. Menyimpan Sepatu Kanvas

Setalah dirasa cukup kering, tempatkan sepatu kanvas di rak khusus atau kardus yang memiliki sirkulasi udara cukup baik supaya sepatu anda tidak lembab dan terhindar dari jamur.

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan selain mengikuti trend dan model terbaru, mengenakan sepatu yang nyaman di kaki juga penting untuk menghindari kaki lecet dan sakit. Selain itu sepatu yang anda miliki juga dapat bertahan lebih lama.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih sepatu kanvas yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.