Article

Homepage Article Fashion Design 5 Kesalahan Yang Wajib Anda…

5 Kesalahan Yang Wajib Anda Hindari Ketika Memilih Coat Wanita

Butuh rekomendasi coat wanita yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya sehari-hari?. Meski terkesan sepele, ternyata dalam memilih coat sendiri ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan lho. Biar tidak salah pilih simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Coat

Coat termasuk ke dalam jenis mantel panjang yang awalnya didesain untuk melindungi tubuh agar tetap hangat saat cuaca dingin sekaligus menjadi bagian dari gaya busana. Kalau rata-rata panjang jaket hanya sampai sebatas pinggang, maka coat ini panjangnya bisa mencapai lutut bahkan sampai di bawah lutut.

Sekalipun tujuan awalnya memang untuk menghangatkan badan, namun kini ada juga lho coat yang khusus dirancang untuk keperluan fashion samata. Tentunya bahan atau material yang dipakai untuk membuat coat wanita inipun juga sedikit dimodifikasi jadi lebih tipis dan tidak setebal mantel musim dingin.

Kesalahan Memilih Coat

Tertarik untuk mengenakan coat sebagai outfit andalan anda tapi masih bingung harus memilih model, bahan dan warna coat yang seperti apa?. Untuk memaksimalkan penampilan, berikut kami bagikan beberapa daftar kesalahan yang wajib anda hindari ketika memilih atau memakai coat wanita.

1. Salah Memilih Ukuran Coat

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik pastikan anda memilih ukuran coat wanita yang tepat dan benar-benar sesuai dengan ukuran badan anda, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.

  • Ukuran coat yang terlalu kecil akan membuat badan jadi lebih cepat gerah dan kesulitan untuk bergerak.
  • Sebaliknya ukuran coat yang terlalu besar atau longgar justru memiliki kemampuan yang kurang maksimal untuk menghangatkan tubuh.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain ukurannya harus tepat, sesuaikan pula panjang coat dengan tinggi badan. Biar lebih mudah anda bisa menggunakan acuan berikut. 

  • Jika anda memiliki tubuh yang cenderung mungil kenakan coat yang panjangnya tepat pada pinggul.
  • Jika anda memiliki tinggi badan di bawah 167 cm kenakan coat sepanjang paha.
  • Tapi jika anda memiliki tinggi tubuh lebih dari 167 cm maka mengenakan coat yang panjangnya di atas lutut bahkan pertengahan betis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Salah Memilih Bahan Coat

Coat memang identik dengan musim dingin terutama dibeberapa negara yang mengalami empat kali pergantian musim. Meski demikian bukan berarti anda harus terus menerus memakai coat yang tebal saat melakukan aktifitas sehari-hari.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Buat anda yang ingin tampil sempurna dan tetap fashionable saat memakai coat wanita, lebih baik sesuaikan bahan coat dengan cuaca dan acara yang hendak anda hadiri.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan saat musim panas anda bisa memakai coat dengan bahan tipis dan tidak terlalu banyak  pernak pernik.
  • Untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin anda bisa memakai coat yang berbahan tebal seperti wool atau coat berbulu.
  • Untuk aktivitas sehari-hari di Indonesia anda bisa memilih coat yang ketebalannya sedang agar tidak terlalu panas atau dingin.

3. Asal Pilih Model Coat

Dalam memilih coat wanita selalu sesuaikan modelnya dengan kebutuhan anda, jangan sampai asal. Selain lebih nyaman di badan, pemilihan coat yang tepat juga akan membuat tubuh anda terlihat lebih indah.

Untuk anda yang memiliki tubuh curvy misalnya, anda bisa memilih coat yang bagian bahunya cukup lebar dan memiliki siluet ramping di bagian pinggang. Beberapa jenis coat yang cocok dengan gaya ini diantaranya:

  • Belted coat yang dilengkapi dengan aksen ikat pingang.
  • Puffer coat yang tebal untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin.
  • Oversized coat yang berukuran longgar dan klasik tapi  tetap menarik.

Untuk anda yang memiliki tubuh mungil pilihlah coat yang tidak terlalu panjang, maksimal sebatas pinggul. Beberapa jenis coat yang cocok dengan gaya ini diantaranya:

  • Swing coat yang memiliki siluet melebar mulai dari bagian pinggang kebawah dan dilengkapi dengan kerah, sepasang saku depan, serta kancing di bagian depan.
  • Cape coat yang berpotongan longgar, baik di sisi lengan bagian kiri maupun kanan. Coat ini sangat cocok digunakan untuk acara semi formal maupun casual.

Untuk anda yang punya tubuh berbentuk buah pir, model coat yang lebar di bagian pinggul dan paha bisa menjadi alternatif pilihan yang paling tepat. Opsi lain kenakan coat dengan variasi kantung atau coat yang diberi tambahan hiasan pada bagian kerahnya.

Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh jam pasir, model coat yang paling cocok yakni berupa wrap coat dan belted coat yang dilengkapi dengan ikat pinggang dan didesain dalam ukuran panjang melebihi bagian pinggul.

Sementara kalau anda memiliki lekuk tubuh seperti buah apel sebaiknya pilihlah coat model A-line yang panjangnya melebihi pinggul.

4. Asal Pilih Warna Coat

Kesalahan berikutnya yang perlu anda hindari ketika memilih coat wanita adalah jangan sampai asal pilih warna. Selain kesan yang ditampilkan berbeda, pemilihan warna coat yang salah juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kenyamanan coat saat dikenakan.

Hindari coat dengan warna hitam jika anda ingin menggunakannya di Indonesia saat siang hari. Sebagai gantinya pilihlah warna-warna lain seperti cokelat terang atau cokelat gelap.

  • Coat warna hitam lebih banyak menyerap panas dan tidak memantulkannya kembali.
  • Karena itulah ketika anda memakainya di bawah terik matahari akan terasa lebih panas.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebaliknya kalau anda ingin memakai coat wanita saat menikmati liburan musim dingin di luar negeri tidak masalah jika anda mau memakai coat hitam sekalipun. Karakteristik warna hitam yang menyerap cahaya dan panas akan membuat tubuh anda tetap hangat saat cuaca dingin.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Memilih Dalaman Yang Polos

Saat memakai coat sebaiknya jangan gunakan baju dalam yang cenderung polos / tanpa motif dan terkesan monoton. Sebagai gantinya pilihlah baju yang sedikit bercorak agar tampilan anda terlihat makin trendy.

Coat Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa contoh fashion item yang bisa anda kenakan sebagai dalaman coat diantaranya:

  • Untuk pelengkap gaya penampilan saat musim dingin anda bisa memakai long jhon, turtleneck, kaus thermal dan berbagai fashion item lainnya yang menghangatkan dibalik coat.
  • Untuk anda yang mau tampil keren saat musim panas anda bisa memadupadankan coat wanita dengan kaos dan celana jeans, kaos dan rok, midi dress serta outfit casual lainnya.
  • Jika ingin tampil santai tapi tetap modis dalam kegiatan sehari-hari, padupadankan coat dengan inner berbahan ringan dan nyaman seperti kaus atau tanktop.
  • Untuk pelengkap gaya berhijab long coat yang dikombinasikan dengan rok maupun calana juga cocok untuk menutupi lekuk tubuh agar tidak terekspos.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah daftar kesalahan yang sebaiknya anda hindari kalau mau tampil keren ketika memakai coat. Dengan mengetahui hal penting yang sudah disebutkan di atas, semoga anda bisa lebih mudah menemukan coat yang sesuai dengan kebutuhan agar terhindar dari kesan salah kostum.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket, coat dan berbagai fashion item lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.