Article

Homepage Article Kain Tekstil 5 Jenis Bahan Untuk Baju…

5 Jenis Bahan Untuk Baju Renang

Memilih bahan pakaian yang tepat sesuai dengan kebutuhan memang menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Khusus untuk olahraga renang misalnya, sahabat Fitinline bisa memilih baju renang yang terbuat dari bahan kain lycra, polyester, nylon, neoprene dan bahan campuran lainnya.

Bahan Baju Renang

Sumber : http://www.swimmingworldmagazine.com/

Kain Lycra

Dalam industri pakaian renang lycra dikenal sebagai salah satu jenis bahan yang lembut dan nyaman dipakai. Lycra sendiri sebenarnya merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebut suatu bahan yang terbuat dari campuran serat spandex dan serat lainnya. Kain ini umumnya memiliki tingkat keawetan yang cukup lama, tergantung dari kualitas lycra itu sendiri.

Bahan Baju Renang

Sumber : https://fabricspa.wordpress.com/

Kain Polyester

Meski karakteristik bahan polyester terbilang kurang elastis (stretch) dan tidak selembut lycra, namun baju renang yang dibuat dari bahan polyester umumnya memiliki daya tahan yang cukup baik dan terkenal lebih awet dari pada lycra jika dirawat dengan cara yang benar. Beberapa brand tertentu bahkan dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UV.

Bahan Baju Renang

Sumber : https://www.barcoo.com/

Kain Nylon

Bahan nylon termask kedalam jenis material yang kuat, ringan, dan elastik. Daya serap nylon terhadap air terbilang cukup kecil sehingga dapat dikering dengan cepat. Sebagian besar baju renang non-polyester banyak terbuat dari nylon, entah itu dicampur lycra atau 100% dari nylon.

Bahan Baju Renang

Sumber : https://www.alibaba.com/

Neoprene

Neoprene merupakan sejenis kain sintetis yang memiliki karakteristik sangat lentur seperti karet, plastik, atau meterial padat lainnya. Bahan ini menyediakan insulasi yang sangat baik terhadap dingin sehingga memungkinkan tubuh pemakainya tetap hangat saat beraktivitas di wilayah perairan.

Bahan Baju Renang

Sumber : http://braces-supports.ready-online.com/

Baju Renang Berbahan Campuran

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai baju renang diantaranya berupa Poly PBT dan XLA.

  • PBT atau Polybutylene Terephthalate termasuk jenis material baru dalam industry pakaian renang. Bahan kain yang memiliki tingkat elastisitas cukup tinggi, cepat kering dan berdaya serap rendah terhadap air ini sangat sesuai jika digunakan sebagai baju renang untuk olahraga kompetisi.
  • Serat XLA yang diproduksi oleh Dow Chemical sebenarnya termasuk kedalam salah satu jenis serat tekstil elastic yang lebih dikenal dengan nama dagang Dow XLA Elastic Fiber.

Bahan ini menawarkan ketahanan lebih terhadap kaporit hingga 1000 jam, memiliki daya elastisitas tinggi, tahan panas hingga 220 derajat Celsius dan cepat kering.

Bahan Baju Renang

Sumber : http://www.calunea.be/

Dengan mengetahui jenis-jenis bahan pakaian renang, secara otomatis sahabat Fitinline akan mendapat kemudahan untuk mencari informasi mengenai cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk merawat baju renang tersebut. Selain nyaman digunakan baju renang yang anda miliki juga semakin awet dan tahan lama.

Bahan Baju Renang

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.