Article

Homepage Article Fashion Design 11 Cara Mencuci dan Merawat…

11 Cara Mencuci dan Merawat Baju Renang Yang Tepat

Gemar melakukan aktifitas olahraga air seperti berenang sebagai salah satu cara menjaga kebugaran tubuh?. Untuk memastikan agar baju renang yang anda miliki tetap awet cari tahu dulu yuk bagaimana cara perawatan paling tepat yang dapat dilakukan pada pakaian tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Renang

Baju renang merupakan sejenis baju yang dirancang untuk dikenakan oleh orang yang melakukan olahraga air, seperti berenang, menyelam dan selancar atau berjemur. Untuk menunjang aktifitas tersebut, baju renang ini umumnya banyak terbuat dari bahan kain spandek, polyester, nylon, neoprene dan bahan campuran lainnya.

Baju Renang

Sumber : https://shopee.com.my/

Selain pilihan bahannya cukup beragam, baju renang yang didesain khusus untuk wanita  secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang berbeda. Selain dibuat dalam model bikini ada lagi, beberapa model baju renang wanita yang tidak kalah menarik dan dapat anda kenakan untuk menunjang aktivitas water sport.

Baju Renang

Sumber : https://www.ae.com/

Beberapa jenis baju renang wanita yang dimaksud antara lain berupa:

  • Baju renang wanita model tankini yang diperoleh dari perpaduan antara tanktop dan celana pendek.
  • Baju renang wanita model monokini yang memiliki potongan seksi karena memperlihatkan semua lekuk tubuh pemakainya.
  • Baju renang onepiece bermodel terusan yang menutupi seluruh dada hingga ke perut.
  • Surf suit yang bisa anda pakai kalau tidak ingin tampil terbuka didepan umum.
  • Burkuni yang desainnya sangat tertutup namun tetap nyaman saat digunakan untuk berenang.
  • Terakhir ada fatkini yang diperoleh dari pengembangan bikini model two piece dan didesain khusus untuk wanita berbadan besar.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Model Pakaian Renang Wanita Yang Bisa Anda Pilih Untuk Berenang kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang perbedaan diantara model baju renang tersebut.

Tips Merawat Baju Renang

Untuk merawat baju renang biar tidak mudah melar dan tidak mudah berubah warna terapkan beberapa tips berikut. 

1. Bilas Baju Setelah Dipakai

Sesaat setelah selesai dipakai, bilas baju renang dengan air untuk menghilangkan klorin. Setelah itu peras baju dengan cara diremas. Ingat saat memerasnya jangan memelintir baju renang terlalu kuat karena bisa menyebabkan baju renang menjadi melar.

2. Cuci Setiap Habis Dipakai

Biasakan untuk selalu mencuci baju renang setiap kali anda habis memakainya. Jika dibiarkan terlalu lama, yang ada campuran keringat dan tabir surya yang anda pakai akan menempel di baju renang dan menyebabkan baju renang jadi cepat usang.

Tapi ingat sebelum anda mencucinya pisahkan dahulu baju renang dengan pakaian lain yang lebih kotor atau memiliki warna berlainan untuk menghindari kemungkinan luntur (terutama warna gelap).

3. Rendam Selama 15 Menit

Untuk mencuci baju srenang siapkan air bersuhu normal yang dicampur dengan deterjen lalu rendam baju renang selama 15 menit. Proses perendaman ini akan membuat baju renang lebih bersih dan terlindung dari kuman maupun bau.

Untuk mencuci baju renang sebaiknya gunakan detergen lembut yang berbentuk cair. Alternatif lain anda juga bisa menggunakan shampo bayi untuk mencuci baju renang biar makin awet.

4. Kucek Dengan Gerakan Lembut

Selesai direndam kucek baju renang secara perlahan dengan gerakan yang sangat lembut.

5. Mebersihkan Noda Membandel

Jika ada noda membandel yang menempel pada baju renang, fokuskan untuk mengucek baju tersebut di area yang bernoda. Setelahnya remas-remas baju renang untuk mengeluarkan sisa air dan deterjennya.

6. Hindari Penggunaan Sikat

Biar baju renang kesayangan awet, sebisa mungkin hindari penggunaan sikat untuk membersihkan baju renang. Hal ini dimaksudkan agar serat baju renang tetap terlihat bagus dan tidak mudah rusak.

7. Bilas Dengan Air Mengalir

Bilas baju renang di bawah air yang mengalir sambil diremas-remas hingga bersih dan tidak ada lagi sisa busa deterjen yang tertinggal. Meski terkesan sepele, cara ini nyatanya cukup efektif untuk menghilangkan sisa sabun yang menempel di baju renang.

8. Peras Dengan Gerakan Lembut

Peras baju renang dengan gerakan yang lembut dan pelan untuk meniriskan air sisa bilasan yang masih terkandung pada baju renang.

  • Jangan mengibas atau memeras baju renang  dengan cara memutar dua sisinya secara berlawanan terlalu kencang.
  • Cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggulungnya memakai handuk kecil lalu ditekan-tekan untuk mengeluarkan sisa airnya.

9. Jemur di Tempat Teduh

Selesai dicuci jemur baju renang di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung agar serat kainnya tetap awet dan warna alaminya tetap cemerlang.

10. Hindari Penggunaan Hanger

Untuk menjemur baju renang yang sebagian besar memiliki sifat elastis hindari penggunaan gantungan baju. Dengan cara ini maka bentuk baju renang yang anda miliki tidak akan berubah menjadi melar.

11. Menyimpan Baju Renang

Setelah dicuci dan dikeringkan langsung lipat baju renang kesayangan anda lalu simpan dengan rapi di almari pakaian tanpa perlu disetrika lebih dulu.

  • Untuk menjaga kualitas baju renang jangan pernah menyimpannya dengan cara digantung menggunakan hanger.
  • Lebih bagus siapkan kotak penyimpanan khusus lalu letakkan di dalam almari pakaian untuk menghindari jamur dan perubahan warna.
  • Hindari penggunaan setrika untuk merapikan baju renang, karena suhu setrika yang panas bisa membuat baju renang berubah bentuk dan warnanya memudar.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa anda coba untuk merawat baju renang agar tidak mudah melar dan warnanya tetap cemerlang. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk merawat baju renang yang anda miliki.

Jika baju renang yang anda miliki jahitannya ada yang lepas sebisa mungkin perbaiki baju tersebut secepatnya, jangan menunggu terlalu lama sampai akhirnya kerusakan yang ada membuatnya tidak bisa digunakan lagi ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju renang dan jersey olahraga lainnya?. Sebagi bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.