Article

Homepage Article Kain 8 Fakta Menarik Tentang…

8 Fakta Menarik Tentang Kain Wollycrepe

Biasa memakai baju blus wanita, tunik, gamis wanita, gamis pria, hijab, baju koko maupun produk pakaian lainnya yang dibuat dari kain wollycrepe?. Mungkin banyak diantara anda yang tidak menyangka bahwa jenis kain yang satu ini ternyata sudah ada sejak tahun 1911 lalu lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe termasuk ke dalam jenis lightweight fabric atau serat kain ringan yang memiliki tekstur sangat khas yakni berpasir atau seperti kulit jeruk. Meski tampak berpasir tapi saat diraba dengan telapak tangan kain wollycrepe ini justru terasa lembut dan halus.

  • Tekstur kulit jeruk atau berpasir yang unik menjadikan kain wollycrepe jauh lebih menarik.
  • Kain wollycrepe cenderung tidak menerawang, kecuali untuk warna tertentu yang terkena cahaya dengan intensitas tinggi.
  • Kain wollycrepe didominasi warna-warna pastel yang lembut dan berkelas.
  • Kain wollycrepe tidak mudah kusut sehingga cara perawatannya cukup mudah dilakukan.
  • Kain wollycrepe tidak panas saat dikenakan untuk beraktifitas sehari-hari.

Kain Wollycrepe

Sumber : https://fitinline.com/

Fakta Menarik Kain Wollycrepe

Sebagai salah satu jenis kain berkualitas yang memiliki tampilan sangat khas, kain wollycrepe sendiri ternyata juga menyimpan banyak fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang lho.

1. Awal Kemunculan Wollycrepe

Dilihat dari sejarahnya kain wollycrepe sebenarnya merupakan salah satu varian bahan kain crepe yang muncul untuk pertama kalinya sekitar tahun 1911. Proses pembuatannya yang cukup sulit menjadikan kain wollycrepe hanya diproduksi dalam jumlah sangat terbatas pada masa itu.

  • Tingkat kesulitan tersebut bisa dilihat dari bentuk tenunan yang sangat ketat (rapat).
  • Selain itu pola pemutaran benang pada saat menenun tidak boleh beraturan.

Kain Wollycrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bahan Dasar Wollycrepe

Bahan dasar kain wollycrepe ini sendiri terbuat dari serat sintetis polyester. Meski demikian kain ini tetap memiliki karakteristik yang cukup nyaman untuk membuat berbagai jenis pakaian.

3. Paling Halus Dari Crepe Lain

Kain wollycrepe termasuk kain yang paling halus dan lembut dibandingkan keluarga crepe lainnya bahkan tidak terlalu tampak sehingga seringkali dianggap bukan golongan crepe.

  • Permukaan kain wollycrepe yang terlihat kasar namun sangat lembut saat dipegang menunjukkan kain wollycrepe diproduksi secara profesional dengan proses tenun yang begitu ketat.
  • Perputaran benang tidak beraturan mengikat serat kain secara melingkar sangat erat sehingga menghasilkan kerapatan serat kain tingkat tinggi.

Kain Wollycrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Warna Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe terkenal unggul dari pilihan warna yang ditawarkan, dengan kata lain pilihan warna yang dimiliki kain wollycrepe ini cukup variatif.

Selain didominasi oleh warna-warna pastel yang lembut dan juga berkelas, kain wollycrepe juga tersedia dalam warna lain seperti hitam, biru dongker, warna solid (basic) dan masih banyak lagi warna-warna cerah lainnya.

Kain Wollycrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Jenis-Jenis Kain Wollycrepe

Terdapat beberapa jenis bahan wollycrepe yang cukup populer di Indonesia, mulai dari wollycrepe biasa hingga wollycrepe amunzen yang dibuat lebih halus dan lebih bagus dari pada wollycrep biasa. Kisaran harganya sendiri bergantung pada jenis dan kualitas bahan yang ditawarkan.

Bila anda tidak terbiasa berbelanja bahan kain besar kemungkinan anda akan kesulitan membedakan keduanya. Biar tidak tekecoh anda bisa menanyakan ke penjual atau melihat dari tulisan atau hologram yang menempel pada lain secara langsung.

6. Tergolong Lightweight Fabric

Kain wollycrepe termasuk ke dalam kategori jenis kain lightweight fabric, yakni sejenis kain yang memiliki serat kain cukup ringan, memiliki kerapatan dan ketebalan yang cukup baik sehingga tidak menerawang.

Meski demikian tetap saja ada beberapa kain wollycrepe yang sedikit transparan jika terkena cahaya dengan intensitas yang tinggi, terutama untuk kain wollycrepe yang berwarna putih.

Kain Wollycrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Bahannya Tidak Mudah Melar

Jika biasanya bahan crepe bersifat elastis dan mudah melar, maka kain wollycrepe justru tidak demikian. Kalau anda mencari kain crepe yang stretch untuk membuat pakaian jelas bukan kain wollycrepe yang cocok dijadikan sebagai bahan dasarnya.

8. Pemanfaatan Kain Wollycrepe

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia, kain wollycrepe sendiri memang lebih banyak dipakai untuk membuat keperluan sandang dibanding non sandang. Adapun beberapa contoh produk pakaian yang banyak dibuat dari kain ini antara lain berupa:

  • Untuk pelengkap gaya penampilan wanita kain wollycrepe lebih banyak digunakan sebagai bahan gamis, blus, rok, hijab dan cadar.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan pria kain wollycrepe lebih banyak digunakan sebagai bahan gamis pria dan baju koko.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai awal kemunculan kain wollycrepe dan fakta menarik lainnya tentang kain wollycrepe yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan anda terkait dengan kain wollycrepe.

Butuh bahan kain wollycrepe berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju blus wanita, tunik, gamis, rok, baju koko dan berbagai produk pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Wolly Crepe (NGR) yang kami miliki.

Kalau anda ingin membuat gamis pria, gamis wanita dan baju koko pria tapi masih bingung memikirkan cara menggambar polanya maka cara paling praktis anda bisa mendownload pola baju siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.