Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fungsi dan Fitur Umum…

5 Fungsi dan Fitur Umum Yang Dimiliki Jaket Safety

Jaket safety / safety jacket termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang dirancang untuk melindungi pengguna dari berbagai bahaya di tempat kerja. Untuk mengetahui lebih jauh tentang fungsi jaket safety dan fitur umum dari jaket safety simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Safety

Jaket safety / safety jacket merupakan sejenis jaket yang dirancang khusus untuk melindungi tubuh pengguna dari resiko cedera ringan hingga berat, terutama bagi mereka yang bekerja di lingkungan pertambangan, konstruksi, manufaktur dan berbagai sektor industri lainnya yang membutuhkan prioritas tingkat perlindungan tinggi.

  • Jaket safety dianjurkan untuk digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar ruangan atau lingkungan kerja yang memiliki tingkat pencahayaan rendah.
  • Profesi yang sering membutuhkan jaket safety diantaranya pekerja konstruksi, petugas lalu lintas dan petugas keamanan.

Jaket Safety

Sumber : https://jksafety.com/

Fungsi Utama Jaket Safety

Sebagai salah satu alat pelindung diri yang sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan kerja, jaket safety / safety jacket inipun sebenarnya juga memiliki beberapa fungsi lain. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari jaket safety yang penting untuk kamu ketahui.

1. Memberikan Perlindungan Secara Fisik

Jaket safety berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bahaya tertentu seperti abrasi atau bahaya lain di lingkungan kerja, yang dapat menyebabkan luka atau goresan pada tubuh.

Jaket Safety

Sumber : https://jksafety.com/

2. Perlindungan Dari Cuaca Ekstrim

Jaket safety dirancang untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada pengguna dari cuaca ekstrim di lingkungan kerja yang berisiko, misal sangat panas atau sangat dingin. Sehingga dapat mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan suhu ekstrem.

Jaket Safety

Sumber : https://www.hivissupply.com/

3. Meningkatkan Visibilitas

Jaket safety dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas pengguna ketika berada di area kerja yang minim cahaya. Hal ini dapat menghindari pengguna dari tertabrak kendaraan proyek atau hal lain yang mungkin terjadi di area minim cahaya.

Jaket Safety

Sumber : https://www.safetysmartgear.com/

4. Identifikasi dan Peran di Tempat Kerja

Jaket safety bisa dijadikan sebagai seragam kerja sekaligus identitas pekerja berdasarkan warna jaket yang mereka gunakan. Fungsi identitas sendiri bertujuan untuk menyeragamkan pekerja dan menunjukkan jabatan mereka.

  • Jaket safety proyek / jaket safety tambang dapat membantu dalam mengidentifikasi peran dan tanggung jawab pengguna di tempat kerja.
  • Pekerja dengan jaket berwarna tertentu mungkin menunjukkan bahwa mereka memiliki tanggung jawab khusus atau izin akses ke area tertentu.
  • Dengan diberi warna yang berbeda sesuai dengan identitas mereka, divisi pekerjaan seseorang akan dapat dibedakan dengan mudah.

Jaket Safety

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Simbol Kepatuhan Terhadap Peraturan

Menggunakan jaket safety yang sesuai dengan standar keselamatan juga dapat membantu perusahaan dalam mematuhi peraturan keselamatan kerja, menghindari denda dan mengurangi risiko cedera yang mungkin dihadapi para pekerja di lapangan.

Fitur Umum Jaket Safety

Untuk memaksimalkan fungsinya dalam memberikan perlindungan pada tubuh, jaket safety umumnya juga dilengkapi dengan berbagai fitur khusus. Beberapa fitur umum dari jaket safety diantaranya:

1. Bahan Yang Tahan Lama

Jaket safety biasa dibuat dari bahan khusus yang menjadikan fungsi jaket lebih sempurna sebagai pakaian pelindung. Bahan yang dimaksud yakni berupa taslan, despo, microfiber, ZN, parasut dan berbagai jenis bahan lainnya yang kuat, tahan lama, tahan terhadap sobekan, abrasi dan kondisi cuaca ekstrem.

2. Warna-Warna Yang Cerah

Jaket safety sering kali memiliki warna-warna cerah seperti oranye, kuning neon maupun warna lain yang sangat mencolok dan mudah terlihat, terutama dalam kondisi pencahayaan yang rendah atau di lingkungan yang ramai untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya visibilitas.

Jaket Safety

Sumber : https://www.lazada.com.my/

3. Pita Scotlight

Jaket safety biasa dilengkapi dengan fitur tambahan seperti scotlight yang dapat memantulkan cahaya saat di kegelapan atau hujan lebat. Fitur ini juga efektif digunakan untuk meningkatkan visibilitas pekerja, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Jaket Safety

Sumber : https://www.lazada.com.my/

4. Desain Yang Ergonomis

Jaket kerja safety didesain untuk memberikan kenyamanan bagi para perja dalam berbagai kondisi. Desain jaket yang ergonomis dapat membantu pekerja merasa nyaman dan tetap produktif sepanjang hari kerja.

5. Ventilasi Jaket

Jaket safety modern / jaket safety k3 sering kali dilengkapi dengan ventilasi tambahan pada bagian lengan ataupun badan untuk meningkatkan sirkulasi udara dan kenyamanan dalam kondisi panas.

6. Kantong Multifungsi

Jaket safety kebanyakan memiliki fitur tambahan seperti kantong multifungsi yang dirancang untuk menyimpan alat, telepon atau barang pribadi lainnya. Penempatan kantong yang strategis untuk akses mudah tanpa mengurangi kenyamanan atau mobilitas.

Jaket Safety

Sumber : https://www.lazada.com.my/

7. Penutup Kepala

Untuk alasan kenyamanan, beberapa jaket safety ada juga yang dilengkapi dengan penutup kepala yang dapat dilepas pasang, serta penutup kepala berisolasi untuk perlindungan ekstra dalam kondisi cuaca ekstrem.

Jaket Safety

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi dan fitur umum yang dimiliki jaket safety / safety jacket. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang kamu jadi makin tahukan bahwa jaket safety memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan pekerja di lingkungan kerja yang berisiko.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket safety / safety jacket?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan berbagai Bahan Jaket terbaik lainya yang kami miliki.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.