Article

Homepage Article Batik 5 Langkah Mudah Membuat…

5 Langkah Mudah Membuat Gambar Stilasi Motif Batik Floral

Tampil cantik saat ke sekolah dengan dress pink bermotif batik floral, gaya busana Gempita Nora Marten putri dari Gading Marteen dan Gisela Anastasya sukses mencuri perhatian banyak orang. Penampilannya pun semakin menggemaskan karena tatanan rambutnya diikat ke bagian atas.

Stilasi Batik

Sumber : https://www.instagram.com/gadiiing/

Lebih jauh membahas tentang motif batik floral, jadi motif batik yang satu ini dalam sejarahnya mulai populer sejak agama Islam berkembang di pesisir pulau Jawa. Karena dalam agama Islam gambar hewan tidak dibolehkan, maka ornamen seperti burung dan hewan lain kemudian digantikan dengan ornamen floral.

Stilasi Batik

Sumber : https://www.keepsakequilting.com/

Dalam sudut pandang desain penggambaran bentuk tumbuhan menjadi ornamen batik yang dilakukan dengan cara pengurangan atau penyederhanaan objek ini biasa dikenal dengan nama stilasi. Tujuan utama dari stilasi ini yaitu untuk menciptakan suatu karya yang lebih menarik dari pada objek aslinya.

Stilasi Batik

Sumber : https://poshmark.com/

Ketika membuat stilasi motif batik floral sendiri setidaknya ada dua hal paling penting yang harus diperhatikan yakni bentuk bangun luar dan isen.

  1. Bangun luar merupakan bentuk terluar dari gambar stilasi
  2. Isen merupakan kelengkapan dari bentuk keseluruhan gambar stilasi yang bersifat sangat khas untuk menambah nilai variasi dan daya tarik motif batik floral.

Stilasi Batik

Sumber : https://www.123rf.com/

Penasaran seperti apa langkah-langkah pembuatan gambar stilasi untuk sebuah motif batik?. Berikut kami bagikan cara membuat gambar stilasi motif batik floral.

  1. Tentukan terlebih dahulu pilihan motif yang akan diwujudkan menjadi stilasi. Untuk batik floral anda bisa mengadaptasi bentuk dari bunga, daun, hingga tangkai tanaman.
  2. Langkah selanjutnya buat gambar bangun luar motif dalam bentuk bebas atau bisa juga mangacu pada bentuk bidang hias aslinya.
  3. Sempurnakan bagian-bagian bangun luar dengan cara membagi-bagi bangun luar tersebut sesuai dengan bentuk-bentuk bagian motif batiknya.
  4. Supaya gambar stilasi motif batik menjadi lebih menarik, anda perlu melengkapi gambar stilasi dengan isen-isen yang terdiri dari variasi titik, garis, blok, dan warna yang menjadi ciri khas obyek inspirasi anda.
  5. Selesaikan gambar stilasi motif batik anda dengan cara membersihkan bagian yang tidak diperlukan. Dalam hal ini anda juga bisa menyempurnakan bagian-bagian bentuk, garis, blok dan warna motif batik agar tampilannya menjadi lebih rapi dan menarik.

Stilasi Batik

Sumber : https://sekolahsenibudaya.wordpress.com/

Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.