Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Unik dan Menarik…

5 Fakta Unik dan Menarik Motif Loreng (Motif Camouflage)

Dikenal sebagai salah satu motif yang populer dalam dunia militer, motif camouflage alias motif loreng ternyata juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat kamu yang penasaran yuk cari tahu apa saja fakta menarik tentang motif camouflage.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Loreng

Motif camouflage merupakan motif yang banyak digunakan untuk memberikan efek penyamaran atau kamuflase. Seperti layaknya motif lain yang banyak digunakan dalam dunia tekstil dan mode, motif camouflage ini pada prinsipnya ajuga menyimpan sejumlah fakta unik dan menarik yang penting untuk kamu ketahui lho.

Motif Loreng

Sumber : https://id.pinterest.com/

Fakta Menarik Motif Loreng

Mau tahu seperti apa asal usul motif loreng (motif camouflage) dan penggunaannya sampai saat ini?. Berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang motif loreng yang punya tampilan sangat khas.

1. Asal Usul Motif Loreng

Motif loreng (motif camouflage) mulai digunakan pada seragam militer sejak abad ke-18  agar prajurit yang mengenakannya tidak mudah terdeteksi oleh musuh saat berada di medan perang.

  • Pasukan yang pertama kali mengadopsi seragam motif loreng (motif camouflage) adalah Resimen Senapan ke-95 dan Resimen Senapan ke-60.
  • Sementara tentara AS mulai mengadaptasi seragam motif loreng pada awal abad ke-20 agar prajurit tidak mudah terdeteksi oleh musuh dan terhindar dari resiko terkena sasaran tembak.

Motif Loreng

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Identik Dengan Seragam Militer

Motif loreng (motif camouflage) yang dikenal pula dengan nama lain motif loreng termasuk ke dalam jenis motif yang sangat identik dengan seragam tentara militer.

  • Motif camouflage menjadi salah satu motif yang banyak digunakan pada PDL dan PDH tentara.
  • PDL (pakaian dinas lapangan) merupakan seragam yang didesain untuk melaksanakan tugas dilapangan.
  • PDH (pakaian dinas harian) merupakan seragam yang didesain untuk melaksanakan tugas sehari-hari dilingkungan kerja, pada area tertutup.
  • Dalam dunia kemiliteran penggunaan seragam yang bermotif camouflage menjadi salah satu ciri dan identitas seorang tentara.
  • Selain menunjukan identitas pemakainya, motif camouflage juga berperan penting untuk penyamaran terutama saat berada di medan perang.

Motif Loreng

Sumber : https://extra.ie/

3. Punya Banyak Variasi Warna

Untuk memaksimalkan fungsinya, motif comouflage pada seragam militer juga mulai dikembangkan sesuai medan masing-masing negara. Salah satu yang paling terkenal yaitu “motif loreng hutan” (woodland camouflage) yang digunakan oleh banyak tentara di seluruh dunia.

  • Motif loreng (motif camouflage) dirancang untuk berbagai jenis lingkungan, seperti hutan, gurun, pegunungan atau bahkan lingkungan perkotaan.
  • Setiap motif loreng (motif camouflage) dirancang untuk menyamarkan objek atau individu sesuai dengan latar belakang lingkungannya.
  • Indonesia sendiri memilih pola M81 Woodland yang terdiri dari tiga warna utama yaitu warna hijau, warna hitam dan warna cokelat sebagai seragam tentara.
  • Tentara di Timur Tengah memiliki motif loreng (motif camouflage) kombinasi warna coklat muda.
  • Negara-negara yang memiliki banyak gurun seperti Mesir dan Arab Saudi memiliki baju coklat dan abu-abu sebagi seragam tentara.
  • Sementara negara-negara hutan sub-Sahara yang subur memiliki seragam tentara yang khas yakni berwarna hijau tua.

Motif Loreng

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tak Lekang Oleh Waktu

Motif loreng (motif camouflage) termasuk ke dalam salah satu motif yang tak lekang oleh waktu dan sangat cocok aplikasikan pada banyak produk fashion.

5. Motif Loreng Dalam Fashion

Dari yang semula hanya dirancang untuk tujuan praktis / dipakai untuk keperluan militer, saat ini motif loreng (motif camouflage) juga banyak digunakan pada berbagai produk fashion karena tampilannya yang keren.

Motif Loreng

Sumber : https://www.koreanfashiontrends.com/

Beberapa contoh produk fashion masa kini banyak mengadaptasi motif loreng (motif camouflage) diantaranya:

  • Celana cargo yang memiliki banyak kantung penyimpanan dan banyak dibuat dalam berbagai variasi panjang yang berbeda.
  • Jaket bomber yang memiliki ciri khas berupa kantung kecil dengan resleting pada lengan sebelah kiri.
  • Jaket parka yang biasa dibuat dalam ukuran cukup panjang dan dilengkapi dengan hoodie serta tali pinggang.
  • Jaket windbreaker yang dirancang untuk mengantisipasi udara dingin dan hujan ringan.
  • Kaos oblong yang biasa didesain simple tanpa tambahan kancing, kerah ataupun saku.
  • Pakaian olahraga seperti halnya jersey sepeda, jersey futsal, jersey sepak bola, jersey basket dan jersey volly yang dibuat dari kain kaos drifit motif loreng.

Motif Loreng

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika kamu ingin menggunakan busana bermotif loreng atau motif camouflage yaitu sebaiknya jangan pernah memakai motif loreng dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Simak juga Asal Usul Motif Loreng dan Pengaplikasiannya Pada Produk Pakaian.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta menarik tentang motif loreng (motif camouflage) yang dapat kami bagikan buat kamu. Selain digunakan untuk penyamaran, motif loreng (motif camouflage) juga menjadi contoh menarik bagaimana desain tekstil mengalami banyak perkembangan.

Untuk kamu yang ingin membuat jaket dan kaos sendiri dengan menggunakan kain bermotif loreng (motif camouflage) kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi kain motif loreng yang kami miliki.

Download juga pola jaket dan pola kaos siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.