Article

Homepage Article Kain Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Kain Chenille Untuk Pelapis Sofa

Kain chenille termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang paling banyak ditemukan pada furnitur bergaya klasik. Sama halnya dengan bahan pelapis sofa / kain sofa yang lainnya, kain chenille ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan tersendiri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Chenille

Kain chenille merupakan sejenis kain berkualitas yang memiliki tekstur seperti kain rajutan, seratnya rapat dan kuat sehingga cocok untuk dijadikan upholstery (kain pelapis sofa dan kursi). Kain ini diberi nama demikian karena terlihat seperti rajutan dan memiliki tekstur pilinan benang yang cukup tebal.

Kain Chenille

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kelebihan Kain Chenille

Seperti halnya bahan suede dan sejumlah bahan lain yang biasa dipakai untuk pelapis sofa, kain chenille ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain chenille sebagai pelapis sofa diantaranya:

1. Tampilannya Sangat Khas

Kain chenille memiliki tampilan yang sangat khas seperti bahan rajutan serta memiliki tekstur pilinan benang yang cukup tebal sehingga sangat cocok jika diaplikasikan pada sofa dan dipadupadankan dengan furnitur yang bergaya klasik. 

Kain Chenille

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Bahannya Cukup Tebal

Kain chenille dapat dikatakan sebagai saudara dari beludru tetapi lebih tebal. Meski tebal kain sofa ini justru akan terasa sangat nyaman untuk diduduki.

3. Tidak Mudah Kusut

Kain chenille termasuk ke dalam jenis kain yang tidak mudah kusut karena terbuat dari serat poliester. Meskipun ditimpa benda atau digunakan untuk duduk dalam waktu lama kain chenille juga tidak akan meninggalkan bekas tindih pada permukaannya.

4. Banyak Pilihan Warnanya

Kain chenille tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik dan bisa dengan bebas anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Kain Chenille

Sumber : https://www.bukalapak.com/

5. Motifnya Sangat Bervariasi

Kain chenille juga banyak diciptakan dalam banyak ragam pilihan motif dan harga. Mulai dari motif geoetris, motif bunga dan berbagai motif lainnya yang tidak kalah menarik.

Kain Chenille

Sumber : https://www.bukalapak.com/

6. Halus dan Lembut

Kain chenille memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut untuk disentuh atau diduduki, jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan pelapis sofa. Karakteristik kainnya yang halus dan lembut juga dapat menambah kenyamanan sofa itu sendiri.

7. Kuat dan Tahan Lama

Selain halus dan lembut, kain chenille juga terkenal kuat dan tahan lama karena memiliki jalinan serat kain yang rapat. Dengan tingkat keawetan yang cukup tinggi kain chenille dapat digunakan bertahun-tahun lamanya asal dirawat dengan cara yang tepat.

Kain Chenille

Sumber : https://www.dunelm.com/

Namun jika anda memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing yang suka menggaruk sebaiknya hindari menggunakan bahan sofa yang satu ini karena kalau kuku mereka tersangkut bisa merusak rajutan kain.

Kekurangan Kain Chenille

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya, kain chenille sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan karena cukup sulit dibersihkan bila terkena noda. Selain sulit dibersihkan, kain chenille juga tidak tahan terhadap air. Karenanya kain ini kurang cocok jika diaplikasikan pada area makan.

Cara Merawat Kain Chenille

Untuk merawat sofa berbahan chenille cara paling mudah yang bisa anda coba diantaranya:

  • Bersihkan debu yang menempel pada sofa kesayangan anda secara rutin dengan menggunakan kemoceng atau vacuum cleaner agar hasilnya lebih maksimal.
  • Bersihkan noda membandel dengan memakai cairan pembersih sofa yang terbuat dari campuran detergen cair dan cuka.
    • Caranya cukup tuangkan beberapa tetes cuka pada bagian sofa yang terkena noda membendel.
    • Gosok noda dengan menggunakan kain lap sampai noda yang membandel terangkat.
    • Setelahnya bersihkan atau bilas sisa cuka dengan menggunakan air sabun lalu bilas kembali dengan menggunakan air bersih.
  • Gunakan juga pasta yang bisa anda beli ditoko peralatan kebersihan rumah  untuk membersihkan noda membendel pada sofa kain chenille.  
    • Caranya masukan pasta kedalam botol penyemprot lalu semprotkan pasta tersebut pada bagian permukaan sofa yang bernoda.
    • Diamkan pasta selama 5 menit kemudian gosok dengan menggunakan kain lap agar nodanya terangkat dan hilang.

Untuk mencegah timbulnya bagu yang tidak sedap pada sofa berbahan chenille lakukan treatment terakhir dengan menaburkan baking soda pada seluruh permukaan sofa. Diamkan selama beberapa jam agar baking soda menyerap setelah itu bersihkan sisa noda baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner.

Selain menerapkan sejumlah cara di atas anda bisa juga menggunakan tenaga dry clean profesional untuk membersihkan kain chenille agar tidak mudah rusak.

  • Dry cleaning sendiri merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan untuk membersihkan produk tekstil tanpa perlu menggunakan air sama sekali.
  • Meski tidak menggunakan air, namun bukan berarti proses pencucian ini sepenuhnya kering karena beberapa ma sih melibatkan larutan kimia.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan kain chenille yang biasa dipakai untuk pelapis sofa / kain sofa. Khusus untuk anda yang menyukai interior ruangan bergaya klasik maka menggunakan sofa dengan kain chenille sebagai pelapisnya bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Butuh rekomendasi bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk pelapis sofa?. Khusus untuk anda yang ingin membelinya secara online, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang karakteristik yang dimiliki bahan lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.